Mau Buat Nugget Ikan untuk si Kecil? Ikuti Cara Praktis Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 03 Mar 2016 16:45 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Anak tak doyan ikan. Coba saja racik ikan menjadi nugget dengan cocolan saus mayonnaise yang gurih. Dijamin anak makan dengan lahap!

Sebelum meracik ikan jadi nugget, pertama-tama Anda harus memperhatikan kesegaran ikan. Pilih ikan yang masih segar dengan tekstur daging yang tidak lembek. Pasalnya, jika menggunakan ikan yang tidak segar aromanya akan anyir.


Foto: Thinkstock

Berikut ini ada beberapa langkah praktis bagi Anda yang ingin kenalkan ikan dalam bentuk yang lebih menarik pada anak. Yuk bikin!

1. Siapkan bahan
Siapkan 250 gram ikan dori atau tengiri fillet yang sudah dihaluskan, 30 gram wortel cincang halus, 2 siung bawang putih haluskan, 30 gram tepung sagu, 50 gram tepung terigu protein sedang dan 2 putih telur kocok, 1 1/2 sdt garam, merica dan gula secukupnya.

Foto: Thinkstock

2. Bahan pencelup
30 gram tepung terigu protein sedang, 50 ml air, 50 gram tepung panir kasar dan 1/4 sdt garam.

Foto: Thinkstock

3. Buat adonan
Campurkan ikan dan cincangan wortel, aduk hingga rata. Masukkan garam, bawang putih, garam, merica bubuk, gula pasir dan putih telur, aduk. Kemudian tambahkan tepung sagu dan tepung terigu aduk hingga rata.

Foto: Thinkstock

4. Cetak dan kukus
Tuang ke dalam loyang berukuran sekitar 18x18x4 cm yang sudah dioleskan dengan minyak dan alasi dengan plastik tahan panas. Kukus dengan api sedang selama 25 menit dan dinginkan.

Foto: Thinkstock

5. Goreng
Potong persegi dan celupkan ke dalam bahan pencelup. Gulingkan di atas tepung panir kasar dan goreng dengan minyak panas hingga matang. Sajikan dengan cocolan saus mayonnaise yang gurih creamy!

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com