Atur Asupan Makanan Anak dengan 4 Cara Sehat Ini Selama Traveling

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 21 Jan 2016 11:50 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Saat jalan-jalan, anak-anak berisiko mengonsumsi makanan yang tidak sehat​ terutama j​unk food ​yang​ dikenal lebih praktis. ​Lakukan beberapa hal ini agar anak tetap makan sehat.​

Menu yang praktis tidak selalu harus makanan cepat saji. Misalnya saja, mie goreng bisa Anda racik menjadi lebih sehat dengan tambahkan beberapa sayuran. Sedia minum yang cukup juga menjadi salah satu yang penting saat jalan-jalan. Yuk, simak beberapa tips ini!

Foto: Thinkstock

1. Sarapan
Sebelum berangkat, anak-anak perlu melakukan sarapan terlebih dahulu. Roti, mie atau nasi dengan tambahan lauk dan sayuran bisa jadi menu sarapan yang menyehatkan. Sarapan penting dilakukan sebelum pergi. Karena jika perut kosong, anak-anak akan lebih rewel dan berisiko pusing hingga masuk angin saat perjalanan.

Foto: Thinkstock

2. Bekal Makanan
Beberapa jam di mobil dapat membuat si kecil merasa bosan dan merengek untuk jajan. Untuk itu, sediakan bekal makanan enak seperti sandwich yang dilengkapi dengan sayuran, daging ayam dan jus buah. Mie goreng dengan potongan sayuran, telur atau daging ayam juga bisa jadi pilihan bekal enak yang tahan lama selama berjam-jam.

Jika Anda naik mobil lebih dari dua jam, bersiaplah dengan makanan ringan seperti biskuit, kacang-kacangan dan beberapa potongan buah seperti apel. Jangan lupa siapkan kantong sampah kecil selama perjalanan agar makanan tak berserakan di dalam mobil.

Foto: Thinkstock

3. Pilih Makanan
Jika saat perjalanan Anda harus mampir membeli makanan, sebaiknya pilih makanan seperti susu, sereal, buah, sandwich dan makanan ringan yang mengenyangkan. Sedangkan, saat mampir ke restoran sebaiknya cari yang 'kids friendly' pastikan ada menu-menu makanan yang cocok disantap anak seperti sup sayuran, olahan kentang hingga ayam goreng yang jadi favorit anak-anak.

4. Sediakan Air Minum
Anak-anak lebih banyak bergerak dan aktif dibandingkan dengan orang dewasa. Apalagi jika cuaca panas, kekurangan cairan dapat sebabkan anak dehidrasi. Saat berpergian, Anda harus menyiapkan botol yang berisi air mineral agar si kecil tetap terhidrasi optimal.

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com