Ajarkan si Kecil Konsumsi Makanan Sehat dengan Terapkan 5 Cara Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 13 Jan 2016 15:33 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Mengajarkan pola ​makan​ sehat pada anak memang gampang-gampang susah. Tapi, tak ada salahnya untuk mencoba. Dengan 5 cara ini, anak-anak ​bisa dilatih konsumsi makanan sehat.​

Tak bisa instan, butuh waktu yang cukup lama untuk mengajarkan si kecil menyukai makanan sehat. Dengan proses pengenalan makanan hingga mengolahnya menjadi makanan kesukaannya, pola makan sehat ini tentu bisa diterapkan. Agar si kecil tumbuh sehat, ​terapkan 5 cara ini​ pada si kecil.

1. Ajak belanja
Untuk mengajarkan konsumsi makanan sehat pada anak tidak harus selalu memaksa. Dengan cara perlahan, Anda dapat ajarkan dia mulai dari hal terkecil. Mengajak anak-anak berbelanja sayur atau buah bisa jadi awal pengenalan terhadap makanan sehat.

Setelah berbelanja, ajak mereka untuk menyiapkan makanan bersama. Sebelum memasak, ada baiknya tanyakan terlebih dahulu menu apa yang mereka inginkan dari bahan-bahan yang sudah Anda belanjakan.

Foto: Thinkstock

2. Aturan 80-20
Robyn O'Brien, penulis 'The Unhealthy Truth' mengatakan, orangtua tidak bisa sepenuhnya mengendalikan 100 persen apa yang dikonsumsi anak-anak. Ia menyarankan, 80 persen dari waktu, Anda bisa memberikan waktu terbaik untuk anak-anak dengan memberikan makanan sehat. Akan tetapi sisanya, yaitu 20 persen Anda dapat membebaskan anak untuk mengonsumsi makanan yang ia inginkan.

Foto: Thinkstock

3. Pengetahuan gizi
Alih-alih mengatakan anak-anak perlu konsumsi makanan sehat, tentu Anda juga perlu menjelaskannya. Jika mereka tahu, makanan tertentu dapat membuat tubuhnya lebih tinggi, kuat dan rambut yang bersinar pasti mereka akan mencoba makanan tersebut. Pengetahuan gizi yang sederhana perlu diberikan sejak dini, pasalnya, saat usianya semakin bertambah, anak-anak justru akan lebih sulit dibiasakan mengonsumsi makanan sehat.

4. Konsumsi cukup minuman
Sekitar 80 persen dari tubuh kita adalah cairan. Sehingga hidrasi sangat penting untuk menunjang pertumbuhan. Anda dapat mengetahui apakah mereka tercukupi kadar air dalam tubuh adalah dengan melihat warna air seninya. Jika warnanya kuning pekat, Anda perlu memberikan si kecil banyak minum air putih.

Foto: Thinkstock

5. Kurangi asupan gula
Menurut Dr Jay Gordon, gula dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh dengan cara mengikat antibodi yang diperlukan untuk melawan virus. "Anak-anak yang sering atau bahkan terlalu banyak konsumsi gula berisiko lebih sering sakit," jelas Gordon.

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com