Kedai Sutan Mangkuto : Sedap Nian Gulai Ayam dan Baluik Khas Nagari Kapau

Odilia WS - detikFood Selasa, 14 Jul 2020 12:00 WIB
Nasi Kapau Kedai Sutan Mangkuto Foto: detikfood
Jakarta -

Di kedai nasi kapau ini ada rendang ayam, gulai tambusu hingga baluik yang sedap. Beragam lauk khas Nagari Kapau bisa kamu pilih sesuka hati. Lamaknyo!

Meskipun sama-sama nasi rames khas Sumatra Barat, nasi Padang tidaklah sama dengan nasi kapau. Nasi kapau sesuai dengan namanya merupakan nasi plus beragam lauk khas Nagari Kapau, sebuah desa di Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatra Barat.

Di Jakarta nasi kapau legendaris ada di kawasan Jalan Kramat Raya dengan warung berderet. Tetapi kini sudah mulai banyak nasi kapau yang dijajakan dalam rumah makan yang bersih berpendingin udara dan berada di perumahan elit.

Nasi Kapau Kedai Sutan MangkutoNasi Kapau Kedai Sutan Mangkuto Foto: detikfood

Di kawasan Bintaro ada Nasi Kapau Kedai Pak Ciman, Nasi Kapau Juragan dan di kawasan Bangka ada Nasi Kapau Langganan. Yang terakhir mulai dikenal adalah Nasi Kapau Kedai Sutan Mangkuto yang buka beberapa cabang di Alam Sutera, Bintaro dan Graha Raya.

Selain jenis lauk yang agak berbeda, kedai nasi kapau tidak menyusun lauk-pauk di piring dan dipajang bersusun di etalase kaca seperti rumah makan Padang. Tetapi lauk-pauk ditaruh dalam panci atau timbikar dan disusun bertingkat. Karenanya pelayan akan memakai sendok sayur bertangkai panjang untuk mengambil lauknya.

Tak ditaruh bersusun tinggi seperti di Los Lambuang pasar bawah Bukittinggi, tetapi wadah lauk-pauk dihampar dalam 2 tingkat meja. Pembeli tinggal menunjuk saja lauk yang diminati.

Kamipun tertarik menyambangi pendatang baru. Nasi Kapau Kedai Sutan Mangkuto yang baru beberapa minggu dibuka di kawasan Pasar Modern Graha Raya. Meski terbilang baru dan bergaya modern, rumah makan ini sudah cukup ramai dipadati pembeli.

Nasi Kapau Kedai Sutan MangkutoNasi Kapau Kedai Sutan Mangkuto Foto: detikfood

Nyaris 40 jenis lauk-pauk dihampar di wadah di atas meja panjang. Bingung memilih? Sudah pasti. Apalagi ada berbagai lauk khas nagari kapau. Seperti gulai ayam berkuah kental, gulai tunjang berkuah kemerahan, gulai cubadak, baluik yang ditumis dengan kentang dan petai. Menu andalan gulai tambusupun tersedia.

Karena menyesuaikan selera konsumen, nasi bisa dipilih nasi putih atau nasi merah dan sambal juga tersedia pilihan sambal merah atau lado mudo (hijau). Lauk yang jadi ciri khas kedai kapau seperti gulai cubadak, gulai ayam, gulai tambusu dan baluik jadi lauk pilihan kami.

Gulai cubadak (nangka muda) yang melengkapi lauk utama kuahnya tak terlalu kental. Dicampur dengan irisan kol dan kacang panjang. Demikian juga dengan gulai ayam (Rp 20.000), yang sedikit asam pedas. Sayur ubi (Rp 15.000) rebus dengan paduan teri tawar warnanya hijau cantik dan teksturnya empuk. Tak seperti sayur ubi umumnya di rumah makan Padang.

Nasi Kapau Kedai Sutan MangkutoNasi Kapau Kedai Sutan Mangkuto Foto: detikfood

Gulai tambusu (Rp 20.000) diberikan dalam potongan cukup besar dengan kuah oranye yang tidak terlalu pekat. Isian telur dalam usus sapi ini cukup padat, gurih kenyal dengan kuah gulai yang meresap. Beragam ikan seperti mujair, ikan kembung, tenggiri dan kakap juga tersedia, termasuk gulai kakap.

Kami justru tergoda dengan baluik (Rp 22.000) yang digoreng dan ditumis dengan petai dan cabe. Potongan baluik (belut) cukup besar digoreng kering kemudian ditumis dengan cabe yang ditumbuk kasar, daun bawang dan petai. Belutnya gurih renyah dan petainya pun masih terasa krenyes segar. Cocok dilahap penyukai cabe dan petai.

Nasi Kapau Kedai Sutan MangkutoNasi Kapau Kedai Sutan Mangkuto Foto: detikfood

Telur dadar keriting (talua barendo) yang jadi andalan di beberapa kedai nasi kapau di Jakarta, juga tersedia. Area membuat dadar telur ini ada di bagian luar. Digoreng saat dipesan. Satu porsi telur dadar (Rp 15.000) berukuran sedang. Telur yang diaduk dengan sambal digoreng dalam minyak banyak hingga 'keriting' di pinggiran dan tengahnya ini memang gurih renyah. Ah, makin sedap disuap dengan nasi dan baluik plus petai!

Meskipun terasa banyak kemiripan rasa dan ragam lauknya, tetapi kedai nasi kapau yang banyak bermunculan minimal memberikan spektrum baru akan nasi rames Sumatra Barat. Nagari Kapau ikut terangkat namanya. Tak hanya terbatas pada nasi kapau yang ada di los Lambuang pasar Bawah Bukittinggi. Kini sudah makin dekat dengan gaya lebih kekinian.

Karena tak disajikan di dalam pasar yang pengap, melainkan di ruangan bersih ber-AC dengan meja kursi maka harganya juga sedikit mahal. Ada tambahan pajak 10% setiap harga makanan di Kedai Sutan Mangkuto ini. Tak beda dengan rumah makan Padang lainnya.

Selama masa transisi PSBB ini diberlakukan protokol kesehatan. Sebaiknya jika datang bersama keluarga lebih asyik memilih langsung lauk dan dibuat ramesan. Sayur ubi, gulai kepala ikan, ikan bilih disediakan dalam piring terpisah ditutup plastik. Satu lagi, cuci tangan hingga bersih lalu makanlah dengan tangan dan rasakan sensasi butiran nasi berbalut bumbu yang sedap hingga ke ujung-ujung jari. Lamak nian!

Nasi Kapau Kedai Sutan Mangkuto
Pasar Modern Graha Raya
Jl. Graha Raya
Tangerang Selatan

Jam buka : 10.00 - 22.00



Simak Video "Street Food Kramat, Surganya Nasi Kapau di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)