Papia, Bakpia Baru dari Surabaya

Akfa Nasrulhak - detikFood Sabtu, 29 Jun 2019 09:26 WIB
Foto: Papia Foto: Papia
Jakarta - Siapa yang tidak kenal dengan bakpia? Makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang ini telah begitu familiar dengan masyarakat Indonesia.

Bakpia sangat identik dengan kota Yogya, bahkan sudah menjadi oleh-oleh wajib bagi wisatawan yang berkunjung. Inovasi terhadap bakpia selama ini hanya dilakukan dari sisi fillingnya. Kacang merah, keju, coklat, durian dan berbagai macam filling memberikan begitu banyak opsi bagi pelanggannya.

Namun di Surabaya, kota yang selama ini tidak identik dengan bakpia, muncul inovasi bakpia baru yang tidak hanya dari sisi filling, tapi juga dari sisi proses produksinya. Papia, begitulah bakpia ini disebut.


Surabaya Patata, sebuah toko oleh-oleh yang sudah cukup memiliki nama di Surabaya, mencoba memboyong dan memodifikasi bakpia Jogja ke Surabaya, tentu dengan beberapa inovasi dan memberinya nama Papia. Secara tekstur Papia ini mirip dengan bakpao, cuma lebih lembut.

Secara bahan baku mengambil dari bakpia, namun diproses bukan dengan panggang, tapi kukus atau steam. Proses kukus ini yang mampu menghasilkan tekstur yang lembut.

Papia tersedia dalam 5 rasa yaitu Taro, Cheese, Red velvet, Double choco dan Choco pandan. Menariknya lagi, Papia dengan bentuknya yang setengah bola, membuatnya mungkin untuk dikonsumsi kombinasi rasa dalam sekali gigitan.

Papia, Bakpia Baru dari Surabaya Foto: Papia

Penasaran kombinasi antara Taro dan Choco pandan? langsung gabungkan dan gigit Kombinasikan juga Red velvet dengan Double choco? Harus dirasakan sendiri sensasinya.

Lima rasa ini hanya awalan, karena secara periodik Surabaya Patata akan mengeluarkan rasa-rasa terbarunya. Satu box yang berisi 10 pcs Papia dijual dengan harga Rp 40 ribu. Cukup murah, apalagi sebagai oleh-oleh yang cukup mudah dan seru untuk dinikmati bersama orang terdekat.


Papia tersedia di semua gerai Surabaya Patata, baik di gerai resmi maupun di reseller resminya. Gerai resmi Surabaya Patata berlokasi di berberapa tempat berikut:

1. Jl.Raya Jemursari No.70 Jemurwonosari,Wonocolo,Surabaya

2. Jl.Dharmahusada No.187 Mojo,Gubeng,Surabaya

3. Jl.Ir.Dr.H.Soekarno No.397 Kedung Baruk,Rungkut,Surabaya

4. Rest Area KM 25 Tol Gempol-Surabaya

5. Rest Area KM 26 Tol Surabaya-Gempol

Sedangkan reseller resmi Surabaya Patata berlokasi di Stasiun Gubeng, Stasiun Pasar Turi, Bandara Juanda Terminal 1B, 2A dan Terminal 2B, serta rest area Tol SUMO (Surabaya-Mojokerto).

Produk Surabaya Patata selain Papia, juga masih menyediakan produk originalnya Patata yang sudah cukup dikenal. Surabaya Patata juga menyediakan produk-produk UMKM Surabaya sebagai pelengkap oleh-oleh ketika berkunjung ke Surabaya.

Simak Video "Nikmatnya Tomcir, Bakpia Khas Cirebon yang Bikin Ketagihan"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)