Bubur Ikan Ahian : Empuk Gurih Bubur Ikan Napoleon Berbumbu Minimalis

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 02 Apr 2019 10:50 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Pontianak - Bubur ikan di rumah makan ini sudah jadi ikon kuliner Pontianak. Wajib dikunjungi. Fillet beragam ikan segar diolah jadi bubur. Apa istimewanya?

Nyaris dari pagi hingga siang tak pernah sepi pengunjung. RM Bubur Ikan Ahian kini punya ruangan ber-AC yang lebih luas sehingga bisa menikmati bubur dengan nyaman.

Bubur ikan? Yang tak suka bubur dan ikan pasti segan mencicipi bubur ini. Apalagi terbayang aroma amis ikan yang kuat. Tapi, tunggu dulu. Jangan terburu-buru menolak sebelum mencicipinya.


Bubur Ikan Ahian : Empuk Gurih Bubur Ikan Napoleon Berbumbu MinimalisBeragam fillet ikan bisa dipilih dan diiris saat akan disajikan. Foto: detikfood

Istilah bubur yang merajuk pada nasi yang dimasak dengan air hingga lembek tak berlaku di sini. Kuliner Tio Chiu yang dominan di Pontianak membuat sajian bubur berbeda. Bukan nasi lembek tetapi nasi biasa yang dituangi kaldu ikan berikut irisan filletnya.

Ikan beraroma anyir tak berlaku di rumah makan ini. Karena semua jenis ikan disajikan segar. Diiris dan dipotong di area depan rumah makan sehingga Anda tinggal pilih mau fillet ikan apa. Ada ikan kakap merah, alu-alu, ikan hiu atau ikan napoleon.

Bubur Ikan Ahian : Empuk Gurih Bubur Ikan Napoleon Berbumbu MinimalisFillet ikan untuk bubur diracik sesaat akan disajikan. Foto: detikfood

Sementara di sisi kanan ada area meracik sup. Anda bisa melihat proses pemotongan fillet dan memesan langsung jenis ikan yang diinginkan. Selanjutnya Anda tinggal duduk manis menunggu bubur diracik yang memakan waktu sedikit lama. Karena semuanya dimasak saat dipesan.

Semangkuk bubur ikan napoleon (Rp 35.000) tersaji panas mengepul dalam mangkuk. putih. Terlihat irisan fillet ikan menggunung, dengan genangan kaldu bening. Ada bercak minyak di permukaan kaldu dengan cacahan bawang putih goreng, daun selada, irisan daun bawang dan irisan kecil daging ikan berwarna kecokelatan di bagian atasnya.

Bubur Ikan Ahian : Empuk Gurih Bubur Ikan Napoleon Berbumbu MinimalisBubur ikan napoleon yang disajikan hangat mengepul. Foto: detikfood

Sluurp! Kuahnya gurih ringan dengan aroma kuat bawang putih, Sedikit terasa manis karena rembesan bumbu kecap dari potongan kecil daging ikan di atasnya. Tak tercium aroma anyir sama sekali.

Untuk menyantapnya, bubur ini paling cocok diberi kucuran air jeruk lemon kecil (lemon cui). Kalau suka pedas, disediakan cabai rawit merah Pontianak utuh yang bisa membuat Anda menjerit kepedasan jika tak suka pedas. Juga tersedia kecap, lada, sambal dan garam di meja. Diaduk dengan air jeruk kecil, rasa kaldunya makin segar enak.

Tekstur ikan napoleon, ikan laut berukuran besar ini, juicy empuk dengan sedikit aksen chewy yang enak. Suapan bubur terasa makin lezat dengan rasa renyah daun selada dan taburan daun bawang yang krenyes segar. Jika sedang berdiet lemak, sup ini cocok jadi pilihan.

Bubur Ikan Ahian : Empuk Gurih Bubur Ikan Napoleon Berbumbu MinimalisCabai rawit Pontianak dan jeruk kunci pelengkap bubur ikan. Foto: detikfood

Sementara bubur ikan kakap yang tampilannya mirip rasanya tak kalah enak. Fillet kakap yang diiris cukup tebal, terasa kokoh tetapi lembut teksturnya. Agaknya ikan direbus tak terlalu lama sehingga terasa teksturnya masih renyah kokoh, tidak lembek hancur.

Jika memesan bubur (nasi plus sup ikan) harganya Rp. 35.000 per mangkuk. Tetapi bisa juga pesan nasi dan sup ikan dipisah. Kalau mau pesan sup ikan saja juga tersedia. Menghirup kaldu bubur ikan yang segar, gurih, pedas dan panas dijamin bikin tubuh berkeringat. Paling pas diredam dengan es jeruk kecil yang sedikit kecut dan segar.



Bubur Ikan Ahian
Jl. WR Supratman A3/27
Pontianak
Jam buka : 07.00 - 14.00
Telpon : 0561-730908 (odi/odi)
Breaking News
×
Putusan Sengketa Pilpres 2019
Putusan Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya