Semasa Di Kota Tua : Nikmatnya Semasa Indonesian Tea dan Ice Bluegrass yang Cantik

Devi Setya - detikFood Rabu, 28 Mar 2018 18:30 WIB
Foto: Devi S. Lestari / detikFood Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Jakarta - Kalau mau menikmati suasana tempo doeloe kota Jakarta, datang saja ke kawasan Kota Tua. Tapi kalau mau sambil ngeteh dan ngopi santai, sambangi Semasa di Kota Tua.

Berlokasi di gedung Olveh, kafe ini terbilang unik. Meskipun minimalis, tapi kafe ini bergaya seni tinggi serta menempati di bangunan tua peninggalan Belanda. Suasana klasik langsung terasa saat kami memasuki bangunan berpondasi batu bata merah. Dulunya bangunan ini adalah kantor asuransi.
Semasa Di Kota Tua : Nikmatnya Semasa Indonesian Tea dan Ice Bluegrass yang CantikFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Kafe ini berada di lantai tiga gedung Olveh. Ukurannya tak terlalu besar tapi nyaman untuk jadi tempat santai.Berbeda dengan kafe lain yang menyuguhkan menu makanan, khusus di Semasa di Kota Tua ini hanya menyediakan menu minuman berupa teh dan kopi. Pendampingnya hanya cookies mungil atau muffin.

Kami tertarik mencicipi tiga minuman yakni Semasa Indonesian Tea, Semasa Coffee dan Ice Blue Grass.

Untuk pencinta teh pekat, Semasa Indonesian Tea (Rp 35 ribu) bisa jadi pilihan karena memiliki rasa yang cukup kuat. Black tea asli Indonesia dipadukan dengan berbagai rempah khas Indonesia yang menghasilkan aroma semerbak.
Semasa Di Kota Tua : Nikmatnya Semasa Indonesian Tea dan Ice Bluegrass yang CantikFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Teh ini disajikan panas sehingga ketika sampai di meja kami, aromanya langsung menyeruak. Saking pekatnya teh ini, kami bisa mendeteksi rasa asam, pedas rempah dan pahit. Meski rasanya kurang ramah di lidah, teh ini memiliki khasiat untuk kesehatan.

Sedangkan sajian teh kedua yakni Ice Blue Grass (Rp 35 ribu) disajikan dingin. Teh ini hadir dalam tampilan yang cantik, berwarna biru cerah. Teh warna biru alami memang sedang jadi tren.

Warna biru ini tercipta dari teh bunga telang kering yang diseduh. Campurannya ada sebatang lemongrass alias sereh. Rasanya segar dan sangat ringan. Untuk teman santai di siang hari, teh ini sangat pas.
Semasa Di Kota Tua : Nikmatnya Semasa Indonesian Tea dan Ice Bluegrass yang CantikFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Oiya,ada yang unik dari teh ini. Segelas teh dingin disajikan bersama seiris jeruk nipis. Bukan sekadar untuk hiasan, jeruk nipis ini bisa dicampurkan dalam teh.Ketika perasan air jeruk nipis masuk ke dalam teh, air teh yang tadinya biru berubah menjadi ungu. Ini karena pengaruh asam pada bunga telang.

Buat pengguna media sosial, proses perubahan warna ini bisa jadi objek menarik. Bisa direkam dalam video untuk menunjukkan detik-detik perubahan warna yang keren.

Tak mau melewatkan suguhan kopinya, kami mencoba memesan Semasa Coffee (Rp 35 ribu). Kopi ini adalah menu andalan sekaligus salah satu signature drink dari kafe ini.
Semasa Di Kota Tua : Nikmatnya Semasa Indonesian Tea dan Ice Bluegrass yang CantikFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Kopi house blendnya terdiri dari campuran kopi lokal dari berbagai daerah di Indonesia. Racikannya menggunakan jenis kopi arabika dan robusta.

Saat disajikan, kopi diseduh langsung di depan kami dengan teknik manual brew. Bubuk kopi sudah siap di corong alat seduh V60. Perlahan, barista akan menuangkan air panas ke kopi sampai kopi siap diminum.

Rasa kopinya unik. Pekat namun tidak terlalu asam. Sayang tidak ada rasa yang terlalu menonjol karena cita rasanya berpadu antara kopi dari Aceh hingga Papua. Sluuuurp!

Selain menu tersebut, ada juga deretan minuman lainnya seperti earl grey tea, oolong tea, japanese sencha, ice date tea, ice yuzu tea, matcha latte, es kopi citrus dan lainnya.

Sambil menikmati sisa kopi dan teh, kami berkeliling area kafe yang memang menarik untuk dijelajahi. Di area belakang kafe, ada balkon yang menyuguhkan pemandangan klenteng tua.

Sementara seluruh sisi dinding kafe bisa jadi background foto instagramable. Eits, dari jendela kafe ini juga bisa menyaksikan hiruk pikuk suasana stasiun Jakarta Kota yang legendaris. Tempat menarik untuk menikmati jeda di hiruk-pikuk kota tua.

Semasa di Kota Tua
Gedung Olveh lantai 3
Jl. Jembatan Batu No. 5o, Kota, Jakarta Barat
Telepon 087786225886







(dvs/odi)