Huah! Ditonjok Ayam Goreng Rawit dan Sambal Domba Racikan Mbak Karmila

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 10 Jan 2018 12:00 WIB
Foto: Lusiana Mustinda/detikFood Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
Jakarta - Bagi yang suka pedas, tempat ini wajib Anda kunjungi. Racikan sambalnya yang mantap, makin sedap dinikmati dengan ragam lauk goreng yang gurih plus nasi hangat

Rumah makan dengan aneka sambal memang bisa Anda kunjungi di banyak tempat. Namun, salah satu yang baru dan menarik perhatian adalah Sambal Karmila yang berlokasi di dekat Stasiun Tebet. Tak tanggung-tanggung, ada 12 macam sambal yang bisa Anda coba untuk teman makan ayam goreng hingga bebek.

Suasana rumah makan Sambal Karmila di Tebet.Suasana rumah makan Sambal Karmila di Tebet. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Datang di siang hari, tampak banyak para pekerja yang menikmati makan siang bersama. Karena sudah lapar, langsung saja kami memesan salah satu menu yang jadi andalannya yaitu Ayam Goreng Rawit (Rp 18.500). Selain itu ada juga Baby Ikan Mas (Rp 22.500), Kulit Goreng (Rp 15.000) dan Sayur Asem (Rp 10.000).

Untuk sambalnya, kami tertarik untuk mencicip Sambal Domba (Rp 4.500) dan Sambal Pete (Rp 4.000). Bagaimana ya rasanya?

Ayam goreng rawit yang nikmat disantap dengan nasi hangat.Ayam goreng rawit yang nikmat disantap dengan nasi hangat. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Ayam goreng rawit dengan tampilan berwarna cokelat dan ada taburan 'serundeng' jadi salah satu favorit kami. Serundengnya terlihat agak basah dengan paduan biji cabai rawit. Ketika disobek bagian dagingnya sangat empuk dan memberikan sensasi rasa rempah yang cukup kuat tapi enak.

Ayam goreng rawit berempah ini terbilang jadi salah satu yang unik. Makin enak disuap dengan nasi hangat dan juga sambal. Baik sambal pete atau domba cocok disandingkan dengan ayam goreng.

Sambal pete dan sambal domba.Sambal pete dan sambal domba. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Sambal domba ini menggunakan jenis cabai domba atau rawit putih yang dikenal dengan sensasi pedas menyengat. Dicampur dengan bawang putih dan minyak panas, sambal domba ini mirip sekali dengan sambal korek. Sedangkan, sambal pete dibuat tak sepedas sambal domba. Sambal merah dipadu dengan bawang merah dan irisan pete tipis. Sehingga semburat petainya hanya terjejak samar.

Kulit ayam yang digoreng garing dengan sensasi rasa gurih juga bisa menggoda perut Anda. Sangat cocok dinikmati bersama dengan cocolan sambal dan suapan nasi hangat.

Baby ikan mas yang digoreng garing, enak dicocol dengan sambal kecap.Baby ikan mas yang digoreng garing, enak dicocol dengan sambal kecap. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Bosan dengan ayam? Langsung aja lihat Baby Ikan Mas yang ada di menu. Ukuran ikan mas yang kecil ini digoreng garing dan disajikan lengkap dengan sambal kecap. Sambalnya manis pedas dengan paduan potongan rawit, bawang putih dan sedikit jeruk nipis. Makan langsung dengan lalapan timun dan selada. Nyam!

Sayur asem yang manis gurih khas Sunda.Sayur asem yang manis gurih khas Sunda. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Lengkapi sajian makan siang dengan semangkuk sayur asem. Isiannya komplet, berupa labu siam, jagung muda, jagung manis, kacang tanah, melinjo hingga kacang panggang. Kuahnya keruk kecokelatan dengan rasa manis sedikit asam gurih. Sayur asem bergaya Sunda ini agaknya terlalu manis untuk kami yang tak terlalu suka makanan manis.

Redakan rasa pedas dengan menikmati lemon tea, leci yakult, es teh jumbo hingga es durian. Semuanya cocok jadi santapan siang Anda hari ini. Selain di Tebet, Sambal Karmila juga membuka cabangnya di beberapa tempat yaitu di Cihapit dan Buah Batu, Bandung. Bagaimana tertarik mencoba?

Sambal Karmila
Jalan KH. Abdullah Syafe'i No. 46
Tebet, Jakarta Selatan (Samping Warunk Upnormal)
Telp: 085321515159
Buka: 10.00-23.00




(lus/lus)