Mbok Tuginem: Menikmati Soto Gerabah Rp 6 Ribu Sambil Lihat Pemandangan Sawah

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 04 Des 2017 12:11 WIB
Foto: Lusiana Mustinda Foto: Lusiana Mustinda
Jakarta - Mau makan murah di Jogja? Mampir saja makan soto di sini. Seporsi soto daging sapi harganya hanya Rp 6 ribu rupiah. Dengan pemandangan kanan-kiri sawah yang indah.

Bagi pecinta soto, Anda sepertinya tak boleh melewatkan untuk menikmati makanan enak di warung ini. Bertempat di Jalan Selokan Mataram, warung ini sudah buka sejak pagi pukul 6 hingga 4 sore. Untuk sampai ke warung soto ini, Anda bisa dibantu dengan Google Maps karena tempatnya agak jauh dari jalan raya.

Saung-saung bambu yang di bawahnya terdapat kolam ikan yang mengesankan suasana kampung yang kental.Saung-saung bambu yang di bawahnya terdapat kolam ikan yang mengesankan suasana kampung yang kental. Foto: Lusiana Mustinda

Selain soto daging sapi, Mbok Tuginem juga memiliki beberapa menu lain seperti ayam bakar, tempe, tahu bakso, sate ati, sate usus dan juga sate telur puyuh. Ada juga ragam minuman enak seperti wedang kolang-kaling, es tape, es kolang-kaling hingga es jeruk.

Menuju lokasi ini, Anda harus menempuh perjalanan dengan kendaraan bermotor sekitar 35 menit dari pusat kota. Sebelum duduk di saung bambu, Anda lebih dahulu memesan di kasir dan memilih beragam pelengkap soto yang ditaruh dalam gerobak. Pilihannya ada sate usus, sate ati, sate telur puyuh, bergedel hingga kerupuk.

Soto gerabah dengan isian daging sapi yang murah merah.Soto gerabah dengan isian daging sapi yang murah merah. Foto: Lusiana Mustinda

Udara yang dingin dengan semilir angin sangat pas jadi tempat bersantai. Anda bisa sambil melihat para petani yang sedang bercocok tanam di sawahnya serta melihat padi yang sudah menguning di sebelah tempat bersantap. Semangkuk soto daging sapi (Rp 6.000) disajikan dalam mangkuk berbahan gerabah.

Nasi putih, tauge panjang, dan irisan daging sapi jadi isiannya. Tak lupa juga diberi tambahan berupa bawang putih goreng dan irisan daun seledri. Disiram kuah kaldu bening, rasanya sangat gurih dan segar. Tercecap rasa rempah berupa cengkeh yang ringan dengan semburat rata bawang putih goreng yang nikmat.

Ragam sate yang cocok dinikmati dengan soto daging.Ragam sate yang cocok dinikmati dengan soto daging. Foto: Lusiana Mustinda

Soto yang hangat dan segar ini makin enak disantap dengan aneka sate. Ada sate ati ampela (Rp 2.000), usus (Rp 1.500) dan juga telur puyuh (Rp 2.000), enaknya disiram dengan kuah soto dan dinikmati bersama dengan isiannya. Baik usus ayam atau telur puyuhnya diberi bumbu mirip seperti bacem tapi tak terlalu manis.

Mbok Tuginem: Menikmati Soto Gerabah Rp 6 Ribu Sambil Nikmati Pemandangan SawahEs kolang-kaling dan es jeruk nipis yang segar. Foto: Lusiana Mustinda

Tambahkan juga sambal dan perasan jeruk nipis agar lebih nikmat! Dan segarkan tenggorokan dengan es jeruk nipis dingin (Rp 3.000) dan juga es kolang-kaling (Rp 3.000) yang dipadu dengan sirop merah dan juga irisan kolang-kaling empuk. Monggo mampir!

Sawah hijau dengan padi yang menguning tampak dari sebelah saung bambu yang kami duduki.Sawah hijau dengan padi yang menguning tampak dari sebelah saung bambu yang kami duduki. Foto: Lusiana Mustinda

Soto Gerabah Mbok Tuginem
Jl. Selokan Mataram Kadirojo Purwomartani Kalasan
Buka: 06.00 - 16.00

(lus/lus)