Nikmatnya Bersantap di Ampera

- detikFood Senin, 29 Sep 2008 07:38 WIB
Jakarta - Nama : Laura
Email : frslaura@yahoo.com
Alamat : Jl. Bangun Nusa 3 no.3


Masakan sunda memang sangat khas mulai dari lalapan, sambal dadak, sampai dengan berbagai jenis pepes. Mulai dari pepes ayam, pepes tahu, sampai dengan pepes oncom. Apalagi kalau dinikmati di dalam saung plus memandangi suasana pedesaan seperti dalam film Si Kabayan. Pasti bikin nafsu makan bertambah!

Warung Nasi Ampera ini telah beberapa kali menjadi pilihan saya dan suami saat menjamu makan keluarga suami, keluarga saya, ataupun saat menjamu makan tamu kami. Hal ini bukannya tanpa alasan, karena tempat makan ini mampu menciptakan suasana yang nyaman dan kekeluargaan disamping rasa makanan dan harganya yang sangat terjangkau.

Untuk dapat menikmati makanan disini, kita dapat memilih duduk secara lesehan atau menggunakan kursi. Meja lesehan yang berukuran besar mampu menciptakan suasana yang hangat ketika kita makan dalam kelompok besar bersama keluarga atau
teman-teman. Terkadang kita tidak menyukai duduk lesehan karena bisa bikin kaki kita akan merasa pegal atau kesemutan.

Tetapi tidak bila duduk lesehan ditempat ini. Rahasianya ada pada bagian bawah lantai, ada ruangan dibawah meja sehingga kita bisa menurunkan kaki tanpa harus duduk dengan melipat kaki. Lantai di bagian lesehan ini cukup bersih, karena bila ingin duduk di area ini, kita harus menanggalkan alas kaki kita, tentu dengan tujuan agar tidak mengotori lantai.

Di salah satu sisi tembok, ditempelkan gambar-gambar yang memperlihatkan kehidupan masyarakat Sunda yang masih tradisional, misalnya terdapat gambar rumah penduduk, sawah, kegiatan penduduk seperti bertani atau para wanita yang menumbuk menggunakan alu. Gambar ini secara keseluruhan menggambarkan kehidupan masyarakat Sunda yang masih tradisional. Selain itu, alunan musik Sunda dengan suara serulingnya membuat kita seolah-olah berada di pedesaan.

Makanan yang disediakan merupakan makanan Sunda yang secara umum sering kita makan sehari-hari. Misalnya, sayur asem, pepes (pepes jamur, pepes ayam, pepes tahu, pepes oncom), jenis-jenis gorengan/bakar (ayam goreng/bakar, ikan gurame goreng/bakar, belut goreng, paru, tempe goreng, tahu goreng, bakwan jagung, bakwan udang), udang bakar, cumi bakar, pete, ati ampela goreng, sambel goreng ati, dll.

Banyaknya makanan yang disediakan membuat saya sempat bingung untuk memilih ketika pelayan memberikan daftar menu. Maka, saya ditunjukkan ke bagian kanan dari warung nasi ini. Disana, ada prasmanan yang berisi makanan yang ada di daftar menu dengan alas nampan dan daun pisang. Dengan melihat langsung makanan yang ada telah membantu saya menentukan pilihan.

Sebagai ciri dari makanan Sunda yang dilengkapi dengan lalapan, maka di bagian belakang warung nasi ini ada lalapan yang bisa kita ambil sepuasnya. Lalapan terdiri dari kacang panjang, selada, kol, labu dan yang mungkin jarang kita temui adalah daun poh-pohan yang harum dan memiliki rasa unik yang sulit diceritakan. Kalau coba saya ceritakan, rasa uniknya mirip saat kita memakan daun kemangi.

Di sebelah meja lalapan, terdapat sambal yang disediakan untuk menemani kita menikmati lalapan. Sambal diletakkan pada 4 cobek batu, yang masing-masing cobek berisi jenis sambal yang berbeda. Sesuai yang saya baca pada label di depan cobek batu, jenis sambal tersebut adalah sambal oncom, sambal godang, sambal dadak, dan sambal terasi goreng. Hmmâ?¦ sambal-sambal ini menggugah selera makan saya dan akhirnya saya memilih sambal oncom sebagai pelengkap makanan saya.

Untuk minuman, disediakan aneka macam jus dengan harga Rp 14.000,- atau air teh yang kita dapatkan secara gratis. Untuk range harga makanan berkisar dari Rp 3.000,- sampai Rp 12.000,-. Pada bagian depan, dekat kasir terdapat berbagai macam krupuk dan camilan lainnya yang sebagian tetap memperlihatkan ciri khas Sunda. Bagi anda yang mencintai makanan Sunda dapat
menjadikan tempat ini sebagai alternatif kunjungan anda ketika berbuka nanti.

Warung Nasi Ampera
Jl.Pesanggrahan Raya No.9
Meruya, Jakarta Barat
(dev/asy)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com