Cara Menambah Tinggi Badan Anak, Rutin Berikan 12 Makanan Ini

Tim Detikfood - detikFood Selasa, 17 Nov 2020 12:15 WIB
A close up shot of an old milk bottle filled with dry soy beans with a few beans on the foreground and a small glass jar container with soy milk and a straw. Shot on an old grungy wooden table. Foto: iStock
Jakarta -

Banyak orang tua ingin anaknya berpostur tinggi. Selain lebih keren juga membuat anak lebih percaya diri. Apa saja yang perlu diasup anak?

Faktor utama yang mempengaruhi tinggi badan adalah susunan genetiknya. Tetapi ada faktor eksternal yang juga dapat mempengaruhi tinggi badan seperti nutrisi, hormon, aktivitas, dan kondisi medis.

Menurut Parenting Firstcry, tiga faktor terpenting penentu tinggi badan adalah gen, pola makan, dan gaya hidup. Kita tidak bisa mengubah susunan genetik tapi bisa memastikan bahwa pola makan dan gaya hidup yang mendukung pertumbuhannya.

"Tinggi badan tidak semata-mata didasarkan pada genetika, sebagaimana dibuktikan oleh kembar identik yang terkadang memiliki tinggi berbeda," kata professor pediatri di Fakultas Kedokteran Universitas Vanderbilt, Dr. Joseph Gigante, dikutip dari mom.com.

Seperti apa pertumbuhan tinggi anak?

Makanan bergizi bisa membantu memaksimalkan tinggi badan anak. Bayi dan anak tumbuh terus menerus karena perubahan lempeng pertumbuhan pada tulang lengan dan kaki mereka.Selama tahun pertama kehidupannya, anak akan bertambah tinggi hingga 25 centimeter (cm). Namun, ukuran awal ini tidak bisa memprediksi tinggi atau berat badan anak selanjutnya,

Anak akan menambah sekitar 12 cm selama tahun kedua, kemudian mulai usia 3 tahun akan tumbuh sekitar 6 cm per tahun sampai percepatan pertumbuhan terakhir terjadi selama masa pubertas.

Setelah itu, pelat pertumbuhan berhenti membuat tulang baru, dan pertumbuhannya akan berhenti. Tangan dan kaki berhenti tumbuh, lalu lengan dan tungkai. Area terakhir yang berhenti tumbuh adalah tulang belakang.

Nutrisi penting untuk tinggi badan optimal

Ada beberapa nutrisi penting yang dapat mendukung pertumbuhan dan menambah tinggi badan optimal. Mengutip dari Parenting Firstcry, berikut diantaranya:

1. Protein

Protein jadi salah satu faktor makanan terpenting untuk meningkatkan tinggi badan anak. Karena ini berguna untuk membangun, mengembangkan dan memelihara otot dan jaringan di dalam tubuh.

Apabila tubuh kekurangan protein, dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat atau tidak normal serta massa otot yang rendah. Oleh karena itu, harus dipastikan makanan anak cukup mengandung protein.

2. Mineral

Mineral tertentu sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang anak dan tinggi badan. Makanan yang kaya mineral seperti zat besi, magnesium, fosfor, yodium, mangan dan fluorida diketahui dapat meningkatkan pertumbuhan pada anak dan remaja.

Selain itu, kalsium juga mineral lain yang sangat penting karena tidak hanya mendukung pertumbuhan, tetapi juga membuat tulang menjadi lebih kuat.

Berikut ini zat gizi penting lain yang perlu diberikan pada anak.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Cobain Jengkol Setan yang Bikin Jontor di Jakpus"
[Gambas:Video 20detik]