3 Cara Ampuh Mengurangi Kecanduan Kafein

Odilia WS - detikFood Selasa, 20 Okt 2020 06:00 WIB
minum kopi Foto: iStock
Jakarta -

Kafein yang ada pada kopi bisa memberi manfaat sehat pada tubuh. Tetapi jika sudah berlebihan, mulailah lakukan pembatasan dengan cara mudah ini.

Aroma dan rasa kopi sangat mujarab membuat orang melek di pagi hari. Karenanya banyak orang kecanduan kafein yang ada pada kopi. Jumlah kopi yang diminum makin bertambah.

Kebanyakan asupan kopi bisa membuat kepala pusing dan jantung berdebar-debar. Karenanya asupan kafein direkomendasikan tak lebih dari 400 mg per hari atau 4-5 cangkir kopi.

Mengurangi asupan kafein bisa dilakukan dengan cara perlahan bahkan lebih gampang. Berikut ini cara mudah mengurangi asupan yang direkomendasikan livestrong (19/10).


1. Lakukan perlahan

'Secara bertahap kurangi asupan kafein agar tubuh tak mengalami syok dan menjadi terbiasa dengan asupan rendah kafein,' saran ahli gizi Bansari Acharya, RD.

Mulailah hitung asupan kafein total harian lalu bagi menjadi dua. Jadi jika biasanya minum kopi 4 cangkir sehari, kurangi menjadi dua cangkir pada minggu pertama.

Selain itu bisa juga dilakukan pengurangan porsi kopi, misalnya menjadi 3/4 cangkir per kali minum. "jika biasanya minum 240 ml kopi dua kali sehari, ubah menjadi 180 ml dua kali sehari selama seminggu. Kemudian kurangi menjadi 60 ml tiap kali minum,' saran Archaya.

2. Cobalah cari alternatif pengganti

Jika rasa dan aroma kopi sudah melekat kuat sehingga sudah dihilangkan kamu bisa beralih ke kopi decaf. Tetapi ingat kopi decaf masih mengandung 2-15 mg kafein per cangkirnya, menurut FDA.

Cobalah ganti kopi dengan teh hijau yang kandungan kafeinnya 28 mg per cangkir. Bisa juga kamu mencoba berbagai minuman 'bebas kafein' yang rasanya mirip dengan kopi.

minuman sehat teh hijau, kopi hijau, matcha3 Cara Ampuh Mengurangi Kecanduan Kafein. Foto: iStock

3. Cari cara lain untuk menambah energi

Dengan sedikit usaha ada banyak cara alami untuk mendapatkan efek yang sama dengan kafein. Seperti minum minuman bersoda. Atau alihkan pikiran dengan olah raga, meditasi yang bisa meningkatkan energi dan fokus.

Jalan kaki teratur, atau meditasi selama 10 menit bisa jadi pilihan. Aktivitas itu memberi energi pada tubuh dan tidak melulu harus dari kafein. Perlahan-lahan hal tersebut menjadi kebiasaan baru menggantikan secangkir kopi.



Simak Video "Maknyus! Warung Tenda Ini Sajikan Kuliner Khas Jepang Otentik"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)