Perut Buncit? Konsumsilah 5 Makanan Enak Penggempur Lemak Perut Ini

Odilia WS - detikFood Rabu, 27 Mei 2020 07:00 WIB
tips perut buncit Foto: iStock
Jakarta -

Tumpukan lemak di sekitar perut memang mengganggu penampilan. Lemak ini bisa digempur dengan asupan makanan yang tepat dan pola makan sehat.

Selama menjalani WFH banyak orang mengeluh karena berat badan naik. Hal ini terutama disebabkan oleh perubahan pola hidup dan pola makan. Asupan makanan yang tak ditakar dan kegiatan olahraga dan fisik yang sangat berkurang.

Selain itu kurang tidur dan pola makan kurang sehat menjadi penyebab utamanya. Pertambahan berat badan umumnya lebih cepat terlihat pada penumpukan lemak di perut. Lemak perut bisa diatasi dengan pemilihan jenis makanan yang bisa membakar lemak lebih cepat.

Dilansir dari berbagai sumber, makanan enak ini bisa membantu metabolisme tubuh dan membakar lemak lebih baik. Asalkan dikonsumsi dalam takaran yang tepat dan rutin.




1. Dark Chocolate

Siapa ngga doyan cokelat? Apapun racikan yang ditambahkan pada cokelat, rasanya selalu bikin nagih. Selain enak cokelat juga terkenal bisa memberi manfaat sehat.

Dalam beberapa studi disebutkan bahwa dark chocolate kaya akan senyawa yang terdapat dalam usus yang akan bereaksi dengan cokelat dan berfermentasi. Hal ini menghasilkan plyphenol yang menyehatkan usus . Juga butyrate, asam lemak yang membantu tubuh membakar lemak menjadi energi. Hal ini membuat tubuh kehilangan lemak.

Hal yang penting diperhatikan adalah konsumsi cokelat dala porsi wajar. Konsumsilah dark chocolate yang mengandung cacao mass minimal 60% dan tanpa tambahan gula.



2. Teh Hijau

Teh hijau terkenal akan khasiat sehatnya. Teh ini bisa memicu metabolisme tubuh. Kaya akan kandungan EGCG (epigallocatechin gallate), antioksidan yang mencegah pembentukan lemak dalam tubuh.

Konsumsi teh hijau secara rutin ditambah dengan olahraga teratur bisa membantu pembakaran lemak tubuh lebih baik. Jika bisa usahakan mengonsumsi teh hijau dalam bentuk daun dan bukan teh celup yang nutrisinya lebih kurang.

Teh hijau ini merupakan jenis teh yang tak mengalami fermentasi. Karenanya cukup gunakan suhu sekitar 70 C. Nikmati selagi hangat tanpa tambahan gula atau pemanis lainnya.

tehTeh hijau. Foto: Thinkstock



3. Yogurt

Produk olahan susu yang difermentasi ini kaya akan nutrisi. Dalam 100 gram yogurt tawar mengandung 10 g protein sehingga makanan ini sangat baik untuk membangun otot. Asupan protein bisa membantu membakar jaringan lemak yang ada di sekitar perut.

Selain itu sebagai produk susu, yogurt juga kaya akan vitamin D dan kalsium yang baik untuk tulang. Yogurt juga membantu mengurangi corisol, hormon stres yang mendorong penumpukan lemak di sekitar perut.

Sebaiknya konsumsi yogurt tawar dengan tambahan potongan buah segar. Hindari mengonsumsi yogurt dengan tambahan pemanis seperti madu. Karena bisa menambah asupan kalori yang justru membuat tumpukan lemak jika yak diubah jadi energi.



4. Bawang Putih

Aroma bawang putih yang tajam tak disukai orang. Tetapi justru aroma bawang putih yang membuat makanan jadi lezat. Bawang ini banyak dipakai dalam masakan Asia juga untuk pengobatan tradisional.

Studi terbaru memperlihatkan adanya allicin, senyawa yang bisa menghancurkan lemak, pencernaa menjadi lancar dan menghindari penumpukan lemak di perut. Senyawa ini pula yang membuat aromanya tajam dan harum.

Konsumsi bawang putih dalam keadaan mentah atau segar jika ingin mendapatkan manfaat maksimal. Tetapi bisa juga ditumis, dipadukan dengan sayuran segar atau digoreng dan dijadikan bahan taburan masakan.

khasiat sehat bawang putihBawang putih. Foto: iStock



5. Strawberry

Selain strawberry, beragam jenis buah berry lainnya seperti blueberry dan raspberry juga kaya akan antioksidan yang bisa membantu membakar lemak tubuh. Buah berry juga kaya akan vitamin C yang bisa memperkuat daya tahan tubuh.

Jika dikonsumsi rutin semangkuk strawberry atau buah berry lainnya bisa memperlancar aliran darah sekaligus membersihkan darah. Buah berry juga kaya akan kalsium, sodium dan potassium yang menyehatkan jantung.

Rasa starwberry yang segar sedikit asam membuat orang sering menambahkan gula atau pemanis lainnya. Sebaiknya konsumsi berry dalam keadaan segar tanpa tambahan gula. Atau padukan dengan buah segar lain yang manis alami rasanya.



Simak Video "Maknyus! Warung Tenda Ini Sajikan Kuliner Khas Jepang Otentik"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)