Penderita Hipertensi Sebaiknya Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Sahur

Odilia WS - detikFood Sabtu, 23 Mei 2020 03:00 WIB
ukur tekanan darah Foto: Thinkstock


3. Sayuran Hijau

Ginjal berperan penting berkaitan dengan tekanan darah tinggi. Produksi cairan yang berlebihan pada ginjal memicu tekanan darah tinggi. Untuk mengendalikannya diperlukan asupan sayuran hijau.

Sayuran daun berwarna gelap seperti sawi hijau,, kale, bayam, kangkung, lettuce sebaiknya dikonsumsi tiap hari. Karena sayuran daun berwarna hijau gelap kaya akan potassium yang bisa membantu membuang kelebihan sodium dalam tubuh melalui urine.

Beragam buah berry.Foto: iStock



4. Aneka berry

Beragam jenis buah beri seperti blueberry, strawberry dan raspberry kaya akan vitamin C. Sementara blueberry kaya akan flavonoid yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi.

Buah dengan rasa segar ini bisa ditambahkan dalam smoothie atau salad. Sebaiknya tidak menambahkan gula atau pemanis buatan agar manfaatnya lebih maksimal. Jenis berry lain yang bisa dikonsumsi adalah strawberry, raspberry dan blackberry juga punya khasiat yang sama.


5. Yogurt

Produk olahan susu yogurt dan susu rendah lemak kaya akan kalsium dan rendah lemak. Keduanya sangat bermanfaat menurunkan tekanan darah.

Sebagai menu sarapan, penderita hipertensi bisa makan semangkuk yogurt. Atau racik menjadi minuman seperti smoothies. Sebaiknya tanpa menambahkan gula atau pemanis buatan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]

(odi/odi)