Penderita Hipertensi Sebaiknya Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Sahur

Odilia WS - detikFood Sabtu, 23 Mei 2020 03:00 WIB
ukur tekanan darah Foto: Thinkstock
Jakarta -

Hipertensi merupakan penyakit masyarakat modern. Bukan hanya disebabkan oleh stres tetapi pola makan turut menjadi penyebab penyakit ini.

Sesuai dengan namanya, tekanan darah tinggi merupakan kondisi yang merujuk pada tekanan aliran darah yang kuat pada dinding aeteri atau pembuluh darah. Jika kondisi ini tidak diatasi akan berisiko merusak jantung dan ginjal.

Menurut timesofindia (17/5) penyakit ini bisa saja tak disadari oleh penderitanya. Selain menjalani pengobatan penerapan pola makan sehat menjadi hal yang penting. Apalagi jika diikuti dengan olahraga teratur.

Penderita tekanan darah tinggi harus memantau tekanan darah secara rutin juga menjaga asupan makanan. Mengasup makanan tinggi potassium tetapi rendah sodium. Seperti beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi.


1. Pisang

Buah yang lunak dengan aroma wangi dan tekstur lembut ini disukai banyak orang sebagai menu sarapan. Buah ini sangat baik dikonsumsi oleh pederita tekanan darah tinggi. Baik untuk santap sahur atau sarapan.

Pisang kaya akan potassium yang bisa mengurangi efek negatif dari garam dalam tubuh. Kandungan potassium dalam pisang juga menyehatkan jantung dan bisa membantu mengontrol cairan dalam ginjal. Sebaiknya penderita hipertensi mengonsumsi 1 buah pisang sehari sebagai buah segar.

Bowl of homemade oatmeal porridge with banana, blueberries, almonds, coconut and caramel sauce on teal rustic table from above, hot and healthy food for BreakfastOatmeal dan pisang. Foto: iStock



2. Oatmeal

Oat adalah salah satu jenis bijian yang menyehatkan karena kaya serat. Oat bisa mengontrol tekanan darah tinggi karena seratnya bisa memproses kelebihan asupan sodium. Sodium ini biasanya berasal dari asupan garam.

Penderita hipertensi sebaiknya mengonsumsi oatmeal setiap hari, minimal di pagi hari. Bisa ditambahkan dengan pisang atau strawberry agar lebih besar khasiatnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]