Bakso Pa'de Jangkung: Bikin Nagih! Bakso Topping Tahu dan Paru Goreng Legendaris

ADVERTISEMENT

Bakso Pa'de Jangkung: Bikin Nagih! Bakso Topping Tahu dan Paru Goreng Legendaris

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Rabu, 25 Jan 2023 17:00 WIB
4
"Bakso enak di Bogor dengan pilihan topping unik berupa tahu dan paru goreng. Layak dicoba!" - odi
Bakso Pade Jangkung: Bikin Nagih! Bakso Topping Tahu dan Paru Goreng Legendaris
Foto: Andi Annisa DR/detikfood
Bogor -

Di Bogor ada banyak tempat makan bakso enak. Salah satu yang ramai direkomendasikan netizen, Bakso Pa'de Jangkung di kawasan Babakan. Keistimewaan topping tahu dan paru gorengnya bikin nagih!

Bakso selalu jadi incaran orang Indonesia, terutama ketika cuaca sedang mendung atau dingin. Hangatnya kuah kaldu berpadu nikmat dengan empuknya bola-bola daging sapi.

Mencari bakso enak di berbagai daerah pun tak sulit karena banyak yang menjajakannya. Jika kamu sedang di Kota Hujan, coba mampir ke Bakso Pa'de Jangkung. Bakso di sini tersohor nikmat dengan topping unik.

Gerai bakso ini ada di ruko yang cukup besar, bersih, dan nyaman sehingga bisa jadi pilihan tempat makan bareng keluarga. Harga menu yang ditawarkan juga relatif terjangkau, mulai dari Rp 22.000 per porsi.

Nama Tempat MakanBakso Pa'de Jangkung
AlamatJl. Sancang Dalam No.7F, RT.03/RW.02, Babakan, Kecamatan Bogor Tengah
Bogor
No Telepon081916162626
Jam Operasional10.00-22.00 WIB, kecuali Jumat 13.00-22.00
Estimasi HargaMulai dari Rp 22.000
Tipe KulinerBakso
Fasilitas
  • Area makan bersih
  • Bisa santap di tempat

Racikan bakso legendaris sejak 1969

Bakso Pa'de Jangkung: Bikin Nagih! Bakso Topping Tahu dan Paru Goreng LegendarisPa'de Jangkung, sosok yang meracik Bakso Pa'de Jangkung di Bogor. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Ditemui detikfood (1/1) di gerainya, Pa'de Jangkung yang merupakan sosok pemilik dan peracik bakso di sini bercerita soal usahanya. Ia mengaku sudah berjualan bakso sejak 1969.

Lokasi awalnya bukan di Bogor, melainkan sempat di Jakarta dan Bandung. "Awalnya buka di Jakarta, tapi tutup dalam 3 bulan saja karena banyak preman dulu. Nggak betah, lari pindah jualan ke Bandung 3 tahun, lalu tahun 1971 pindah ke Bogor," katanya mengawali cerita.

Di Bogor, Pa'de Jangkung dulu menjajakan baksonya dengan pikulan. Sosok yang tinggi (jangkung) ini berkeliling di area sekitar Malabar, PMI, dan IPB. Kemudian ia sempat berjualan di gerobak tenda di kawasan Bogor Baru.

Pada tahun 2014, barulah Pa'de Jangkung pindah ke lokasi sekarang. Ia menempati ruko di Jalan Sancang Dalam yang cukup strategis dan memang dipenuhi beberapa tempat makan di sekitarnya.

Keistimewaan Bakso Pa'de Jangkung

Bakso Pa'de Jangkung: Bikin Nagih! Bakso Topping Tahu dan Paru Goreng LegendarisCita rasa Bakso Pa'de Jangkung jadi favorit banyak warga Bogor. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Dibanding bakso lain, Bakso Pa'de Jangkung punya keistimewaan dari segi topping dan condiment untuk menikmatinya. "Bakso di sini kata pembeli unik karena toppingnya ada tahu goreng kering, paru goreng, dan kikil," kata Pa'de Jangkung. Tak lupa ia juga menawarkan sumsum untuk pembeli.

Di tiap meja juga sudah disediakan sambal dan jeruk limo yang biasanya jadi condiment soto. Pa'de Jangkung berujar, "Ada rasa asam dari jeruk limo." Jeruk ini bisa diperas langsung oleh pembeli sesuai selera.

Semua bakso di sini juga homemade, dibuat sendiri oleh Pa'de Jangkung dan karyawannya. Ia juga masih turun langsung meracik bakso pesanan pengunjung.

Saat meracik bakso, kecap asin dan penyedap rasa jadi bumbu utama. Pa'de Jangkung juga punya 'bumbu rahasia' berupa campuran ebi, kemiri, bawang putih, dan bawang merah. Racikan bumbu ini membuat bakso dan mie ayam tambah nikmat!

Cita rasa dan keistimewaan Bakso Pa'de Jangkung ada di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT