Bakso Setan Pak Aep : Puas Banget Makan Bakso Raksasa Setengah Kilogram

Devi Setya - detikFood Selasa, 25 Feb 2020 12:00 WIB
Bakso Setan Pak Aep Foto: detikcom
Jakarta -

Jangan ngaku pencinta bakso kalau belum merasakan sensasi puas makan bakso setan. Sebutir bakso ini beratnya setengah kilogram. Wow!

Kedai Bakso Setan Pak Aep atau dikenal dengan sebutan baset ini berlokasi di kawasan Bogor. Kalau melihat kedainya yang sederhana, pastilah tak menyangka ada menu bakso istimewa di sini.

Yang disebut bakso setan di sini adalah sajian bakso berukuran super jumbo. Bukan hanya besar, bakso setan ini juga diberi isian daging dan urat cincang yang berlimpah. Tak lengkap rasanya kalau kami tak mampir untuk merasakan sensasi makan bakso setan seberat 500 gram atau setengah kilogram ini.

Bakso Setan Pak Aep : Puas Banget Makan Bakso Raksasa Setengah KilogramFoto: detikcom



DetikFood mampir ke kedai Pak Aep tepat saat jam makan siang. Suasana warung ramai dipenuhi penikmat bakso yang rela antre demi memanjakan perut dan lidah dengan bakso super besar ini. Sementara aroma gurih bakso memenuhi udara di warung.

Kami memesan seporsi bakso setan dan seporsi bakso biasa sebagai perbandingan ukuran. Dengan asap mengepul dua mangkuk bakso mendarat di depan meja kami. Aroma kaldunya gurih semerbak, bercampur aroma bawang goreng yang tercium wangi tipis-tipis.

Bakso Setan Pak Aep : Puas Banget Makan Bakso Raksasa Setengah KilogramFoto: detikcom



Sebutir bakso setan ini disajikan dalam satu mangkuk, sementara untuk mie dan kuahnya disajikan dalam mangkuk terpisah. Ukuran diameter bakso hampir sama dengan ukuran mangkuk sekitar 1 cm. Bahkan baksonya tampak lebih besar setelah dikerat dan direbus hingga mekar.

Tergoda dengan tampilannya, kami lantas mencicip bakso ini. Kuahnya yang bening terlihat mengandung sedikit minyak yang menggenang di bagian atas. Sluuurp! Segar gurih kuah kaldu ini makin sedap karena dinikmati hangat.

Pada gigitan sepotong bakso yang pertama, terasa tekstur baksonya empuk kenyal dan termasuk tipe bakso yang renyah. Bagian isinya yang berlimpah ternyata terdiri dari cincangan daging, urat dan tulang muda yang sudah dimasak dengan bumbu. Makin komplit kalau menyantap bakso lengkap dengan kuahnya sekaligus.

Oiya kami juga meracik bumbu tambahan seperti sambal, saus dan kecap manis. Seporsi bakso setan seharga Rp 55 ribu ini bisa dinikmati 3-4 orang lho. Tapi kalau sanggup melahapnya sendiri, siap-siap kekenyangan.

Bakso Setan Pak Aep : Puas Banget Makan Bakso Raksasa Setengah KilogramFoto: detikcom



Puas mencoba bakso setan, kami mencicipi bakso biasa. Bakso urat ini punya ukuran normal seperti bakso pada umumnya. Seporsi bakso biasa ini berisi bakso urat dan sebutir bakso kecil. Dilengkapi juga dengan mie kuning dan mie bihun.

Untuk tekstur, bakso urat ini terasa lebih empuk dan lembut dibandingkan bakso setan. Tapi soal rasa, dua varian bakso ini sama-sama enak dan gurih. Bakso juga dilengkapi isian daging cincang yang sama persis dengan isian bakso setan.



Meskipun ukurannya normal tapi bakso urat ini juga cukup mengenyangkan, bakso ini bisa jadi pilihan kalau mau bersantap sendiri. Harga per porsinya Rp18.000. Cukup memuaskan.

Menurut pegawai yang melayani bakso, dalam sehari bakso setan di sini bisa laku 100 butir dan jumlahnya akan melonjak saat akhir pekan. Penasaran dengan sensasi menyantap bakso setan? Datang saja ke kedai Pak Aep yang berlokasi di kawasan Puncak, Bogor ini.

Bakso Setan Pak Aep
Jl. Raya Puncak, Cisarua
Bogor
Telepon : 08777611137



Simak Video "Istimewa! Bakso Setan Bogor yang Beratnya 500 Gram"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)