Steam Boat-Sukiyaki-BBQ: Nikmatnya Sukiyaki dan BBQ Klasik Legendaris

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 03 Feb 2020 17:30 WIB
Steam Boat-Sukiyaki-BBQ Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Steam Boat-Sukiyaki-Barbeque tergolong tempat makan legendaris karena sudah ada sejak 1974. Meski gerainya hanya di teras rumah, pengunjung tempat makan ini tak pernah surut.

Pencinta steam boat, sukiyaki, dan barbeque (BBQ) bercita rasa klasik wajib mampir ke Steam Boat-Sukiyaki-BBQ di dekat Stasiun Sudirman. Lokasi persisnya ada di Jl. Purwodadi No. 44. Banyak orang merekomendasikan sajian di sini karena rasanya enak, harganya murah, dan suasana bersantapnya unik yaitu di teras rumah.

Nama Steam Boat-Sukiyaki-BBQ makin terkenal usai diunggah akun Instagram @darihalte_kehalte yang sering merekomendasikan makanan enak dekat stasiun. Penasaran dengan cita rasanya, kami menyambangi rumah makan ini bahkan sebelum waktu bukanya yaitu pukul 18.00.

Steam Boat-Sukiyaki-BBQ: Nikmatnya Sukiyaki dan BBQ Klasik LegendarisSteam Boat-Sukiyaki-BBQ menempati teras rumah di gang kecil dekat Stasiun Sudirman. Foto: dok. detikFood


Dari pengalaman orang-orang yang sudah berkunjung, Steam Boat-Sukiyaki-BBQ sering ramai. Mereka menyarankan datang sebelum pukul 18.00 supaya sudah pasti dapat tempat. Maklum saja karena area bersantap di sini sangat mungil. Hanya ada 5 meja dengan total jumlah kursi bisa untuk 20-25 orang.

Kami agak kesulitan menemukan Steam Boat-Sukiyaki-BBQ. Ternyata jalur paling mudah untuk menjangkaunya dengan jalan kaki menyusuri gang sebelah food court area tengah Stasiun Sudirman. Food court ini terkenal dengan sajian Mie Keriting Luwes.

Tak jauh dari pinggir jalan, kami menemukan plang 'Jalan Purwodadi'. Setelah itu kami menyusuri jalanan kecil yang agak sepi di sore hari. Tak ada petunjuk atau plang nama restoran sehingga kami menduga-duga dimana lokasi Steam Boat-Sukiyaki-BBQ.

Steam Boat-Sukiyaki-BBQ: Nikmatnya Sukiyaki dan BBQ Klasik LegendarisHanya ada sekitar 5 meja di sini. Foto: dok. detikFood


Untung saja ada petunjuk foto luar rumah dari media sosial. Berupa penampakan meja dan kursi di teras yang membuat kami yakin menemukan Steam Boat-Sukiyaki-BBQ dengan benar. Lokasi rumah ini unik karena berada di antara gedung-gedung tinggi di Sudirman.

Menunggu sekitar 10 menit, akhirnya seorang pegawai pria mempersilahkan kami masuk. Kunjungan kami kali ini berbarengan dengan 2 grup pengunjung lain yang sudah sama-sama menanti. Tak lama berselang, seorang ibu keluar dari rumah menyapa pengunjung, "Selamat sore, mau pesan apa?"

Menggunakan secarik kertas dan pulpen, ia mendata pesanan. Menu Steam Boat-Sukiyaki-BBQ terdiri dari sapi, ayam, cumi, udang, ikan, dan sayur. Harganya Rp 40.000 per piring, kecuali sayur Rp 15.000. Kami mencicipi sapi, udang, dan ikan yang jadi andalan. Juga sayur untuk melengkapi santap malam.

Steam Boat-Sukiyaki-BBQ: Nikmatnya Sukiyaki dan BBQ Klasik LegendarisWadah unik untuk sukiyaki dan BBQ. Foto: dok. detikFood


Sambil menunggu pesanan tiba, kami asyik mengamati wadah unik di meja. Bentuknya seperti piring terbang dengan bagian sekeliling menampung kaldu sukiyaki dan di tengahnya ada bola besar. Bola itu dipenuhi lengkungan bundar di seluruh sisiannya. Rupanya lengkungan itu berfungsi untuk menahan lembaran daging (BBQ) ketika dipanggang.

Nampak potongan daging sapi, udang, dan ikan disajikan bersama rendaman cairan berwarna kecokelatan yang sama. Ada aroma gurih khas kecap asin yang tercium. Agaknya juga dipadukan kecap manis dan kecap lain. Untuk kaldu sukiyakinya, pertama pegawai menuangkan kaldu ayam yang bening. Disusul campuran kecap yang membuat warna kaldu berubah kecokelatan.

Perlahan kaldu sukiyaki mulai mendidih, mengeluarkan aroma yang sedap. Kami lantas memasukkan sayuran sawi hijau, kangkung, tauge, sawi putih, tahu putih, dan bihun. Sambil menunggu matang, kami membakar daging sapi, udang, dan ikan bergantian di tengahnya.

Steam Boat-Sukiyaki-BBQ: Nikmatnya Sukiyaki dan BBQ Klasik LegendarisDaging sapi, udang, dan ikan yang per porsinya dihargai Rp 40.000. Foto: dok. detikFood


Irisan daging sapi tidak ada lemak sama sekali karena berupa has dalam. Cukup dibakar sebentar, daging sapi ini sudah matang dengan tekstur empuk dan lembut. Cita rasanya sederhana dan klasik, paduan gurih manis dari rendaman campuran beberapa kecap.

Udangnya istimewa karena masih sangat segar. Terbukti dari teksturnya yang juicy dan rasanya yang manis usai dibakar sebentar. Pencinta udang dijamin puas! Khusus ikan, Steam Boat-Sukiyaki-BBQ memakai ikan marlin yang teksturnya tebal dan tidak berserat.

Potongan ikan marlin juga enak dimasukkan ke dalam kuah sukiyaki. Dagingnya empuk, tebal, dan tanpa duri. Untuk kuah sukiyakinya sendiri terasi manis, gurih, dan asin. Hanya saja cita rasa kecap asinnya terlalu kuat menurut kami. Harus diimbangi dengan nasi putih (Rp 5.000) supaya lebih enak.

Steam Boat-Sukiyaki-BBQ: Nikmatnya Sukiyaki dan BBQ Klasik LegendarisAsyiknya merebus sayuran dan membakar daging sekaligus. Foto: dok. detikFood


Kalau mau memberi tendangan rasa, Steam Boat-Sukiyaki-BBQ menyediakan dua jenis sambal yaitu sambal tomat yang asam manis dan sambal rawit yang pedasnya kuat. Paling pas dicocol ke BBQ atau dicampurkan ke dalam kuah sukiyaki.

Total, 3 porsi protein dan 1 porsi sayuran yang kami pesan cukup untuk 2 orang dengan porsi mengenyangkan. Ditambah nasi dan es teh manis, harganya Rp 150.000. Lumayan terjangkau dibanding harga-harga di resto BBQ atau sukiyaki lainnya yang mewah.

detikFood (28/1) berbincang dengan Lanny W. Polii selaku pemilik rumah makan. Ia meneruskan usaha mendiang sang suami, Jules W. Polii yang dijalankan sejak tahun 1974. Hanya saja dulu lokasi rumah makan lebih dekat dengan rel kereta.

"Dulu jualannya sama, tapi waktu itu ada steak. Namanya Angel Steak. Karena sekarang bapak nggak ada (meninggal), steak udah nggak ada lagi," tutur wanita keturunan Manado ini. Suami Lanny menciptakan semua menu sendiri hingga menemukan formula resep yang pas.

Steam Boat-Sukiyaki-BBQ: Nikmatnya Sukiyaki dan BBQ Klasik LegendarisFoto mendiang Jules W. Polii (kanan) di kantor Konsulat Jenderal Jerman bersama B. J. Habibie. Foto: dok. detikFood


Hal ini tidak mengherankan karena Jules ternyata chef hotel. "Bapak dulu chef. Pertama di Jayakarta Hotel, Arya Duta, terakhir di Hilton. Terus buka (rumah makan) sendiri di deket rel kereta tadi," sambungnya. Jules bahkan sempat menjadi Kepala Rumah Tangga di Konsulat Jenderal Jerman tahun 1979 sampai 1983. Di masa itulah ia bersinggungan dengan mendiang B. J. Habibie.

Hingga kini Lanny masih mempertahankan resep yang sama untuk semua menunya. "Resepnya dari dulu sama. Makanya orang-orang yang langganan dulu bilang 'Kok tetap sama ya, nggak berubah'," pungkasnya.

Steam Boat-Sukiyaki-BBQ
Jl. Purwodadi No. 44, Thamrin
(Dekat Stasiun Sudirman)
Telepon/WhatsApp: 0818 08849886
Jam buka: 18.00-22.00



Simak Video "Mencicipi Sukiyaki dan BBQ Klasik yang Legendaris"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)