Kwetiaw Akang: Gurih Mulur Kwetiaw Telur Bebek Gaya Medan

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 08 Nov 2019 17:35 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Di wilayah Mangga Besar, banyak tempat makan enak yang sudah populer sejak dulu. Salah satunya Kwetiaw Akang yang hadirkan kwetiaw gaya Medan yang khas.

Di Jakarta ada dua jenis hidangan kwetiaw yang populer, yaitu kwetiaw Pontianak dan Medan. Salah satunya ada pelopor kwetiaw khas Medan yang berdiri sejak 59 tahun lalu ini, tetap eksis jalanan Mangga Besar, Jakarta Barat.

Baca Juga: Kwetiaw Sapi Mangga Besar 78: Gurih Mulur Kwetiau Legendaris Khas Pontianak
Kwetiaw Akang: Gurih Mulur Kwetiaw Telur Bebek Gaya Medan Foto: dok. detikFood

"Kwetiaw Akang sudah buka sudah sejak tahun 1960, menu andalannya di sini ada kwetiaw goreng, kwetiaw siram, dan bihun goreng," tutur salah satu pelayan, sambil mencatat pesanan kami.

Di sini setiap hidangan kwetiaw dimasak langsung di depan restoran. Masih mempertahankan ciri khas kwetiaw Medan, yaitu dimasak menggunakan tungku arang dan diolah menggunakan telur bebek.

"Kalau di sini menu kwetiaw dan bihunnya pakai telur bebek, biar rasanya jadi gurih," jelas pelayan lainnya. Penasaran dengan rasa kwetiaw populer yang satu ini, kami langsung memesan beberapa menu andalannya.
Kwetiaw Akang: Gurih Mulur Kwetiaw Telur Bebek Gaya Medan Foto: dok. detikFood

Pertama kami mencicipi menu andalannya, yaitu Kwetiaw Goreng Sapi (Rp 48.000), dimasak hingga kering menggunakan wajan di atas bara arang, yang menimbulkan aroma harum menggugah selera.

Tampilannya cukup sederhana, kwetiaw dimasak dengan telur bebek, lalu ditambah dengan tauge dan sawi, irisan daging sapi sengkel, dan hepia. Yaitu campuran udang cincang yang dimasak dengan orak arik telur.

Rasanya tentu saja sangat menggigit. Di suapan pertama, dominan rasa dari bawang putih begitu terasa, dan sedikit asin dari penggunaan garam, namun dinetralisir dengan tekstur telur bebek yang gurih dan lembut.

Porsi kwetiaw goreng sapi ini cukup royal, tekstur kwetiaw tidak lengket, melainkan sedikit kering renyah karena osengan dari wajan bertungku arang ini. Ditambah dengan irisan daging sapi sengkel yang juicy empuk, kwetiaw ini enak mantap.
Kwetiaw Akang: Gurih Mulur Kwetiaw Telur Bebek Gaya Medan Foto: dok. detikFood

Selain itu ada juga menu andalan lainnya, yaitu Kwetiaw Siram Seafood (Rp 48.000). Disajikan dalam wadah panjang yang cukup besar, dengan tauge, sawi, isian bakso ikan, udang, dan hepia.

Berbeda dengan kwetiaw siram di tempat lainnya, kwetiaw siram di sini punya porsi yang lebih besar dibandingkan tempat lainnya. Topping udang, bakso ikan, dan hepia, tak hanya sekedar menjadi pelengkap, tapi juga lauk utama karena isinya yang banyak.
Kwetiaw Akang: Gurih Mulur Kwetiaw Telur Bebek Gaya Medan Foto: dok. detikFood

Udang-udang besar tanpa kulit, dengan paduan siraman kuah kental dari kocokan telur bebek berpadu sempurna ketika disantap secara bersamaan. Rasa kwetiaw siram ini tak terlalu asin, tapi tetap enak karena toppingnya yang banyak. Bakso ikannya lebih dulu digoreng, hingga rasanya garing, dan tentunya tambahan rasa dari hepia yang spesial. Yummy!

Puas menyantap hidangan kwetiaw goreng dan siram, kami lanjut mencoba Bihun Goreng Sapi (Rp 48.000). Mirip seperti kwetiaw goreng sapi, Bihun Goreng Sapi ini dibuat dari bihun Medan yang punya tekstur lebih kenyal dibandingkan bihun biasa.
Kwetiaw Akang: Gurih Mulur Kwetiaw Telur Bebek Gaya Medan Foto: dok. detikFood

Dioseng pakai telur bebek, dengan tambahan tauge dan sawi, serta irisan daging sapi. Hidangan sederhana ini terasa istimewa, tetap dengan dominan rasa bawang putih, namun bedanya tidak seasin kwetiaw goreng sapi. Porsinya juga cukup banyak, cocok bagi yang sedang tidak ingin makan kwetiaw.
Kwetiaw Akang: Gurih Mulur Kwetiaw Telur Bebek Gaya Medan Foto: dok. detikFood

Dengan restoran berkonsep sederhana, setiap harinya ratusan porsi kwetiaw laris terjual untuk para pelanggan setia hidangan 'comfort food' di Kwetiaw Akang Mangga Besar. Selain kwetiawdan bihun, tersedia juga menu lainnya seperti nasi goreng, nasi siram, hingga liang teh yang menyegarkan.

Baca Juga: Santap Malam Hangat Mengenyangkan, Kwetiau Siram dan Kwetiau Goreng

Kwetiau Akang Medan Mangga Besar
Jl. Raya Mangga Besar No.2C, Maphar.
Taman Sari, Jakarta Barat.
Telp: (021) 62317072
Jam Buka: 16.00 - 01.00

Simak Video "Ada Keju Sekeras Batu"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)