Kembang Bawang : Bukan Sekedar Nasi Goreng Biasa

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 22 Okt 2019 16:00 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Tangerang - Nasi goreng buatan rumah makan ini dipuji banyak orang. Sampai dijuluki nasi goreng terenak. Seperti apa racikan bumbu dan rasanya?

Sebenarnya restoran ini sudah lama jadi buah bibir karena nasi gorengnya. Termasuk mendiang Bondan Winarno yang memberi predikat 'maknyus' untuk racikan nasi goreng di rumah makan ini. Ada 12 jenis nasi goreng yang ditawarkan.

Berlokasi di kompleks ruko Modernland Tangerang, rumah makan ini terlihat biasa saja. Dindingnya dihiasi foto menu makanan juga ada kliping beragam liputan media dan foto-foto komunitas yang pernah mampir dan mencicipi nasi goreng.

Mampir kembali setelah sekian lama, nyaris tak ada perubahan pada menu maupun interior restoran. Tentu saja kami ingin mengulang kelezatan Nasi Goreng Cakalang Asap yang jadi andalan di rumah makan ini.


Kembang Bawang : Bukan Sekedar Nasi Goreng BiasaSuasana rumah makan yang tampil sederhana. Foto: detikfood


Pencinta nasi goreng mungkin jadi galau kalau melihat daftar pilihan nasi goreng di sini. Ada nasi goreng kunyit, nasi goreng kencur, nasi goreng ayam, nasi goreng ayam kecap, nasi goreng terasi, nasi goreng cabe ijo, nasi goreng pete, nasi goreng jengkol, nasi goreng seafood, nasi goreng cakalang asep, nasi goreng cakalang asep kecombrang dan nasi goreng ayam asap.

Selain nasi goreng yang disukai banyak orang adalah mie kangkung, soto betawi dan siomay. Sebelum menyantap nasi goreng kami mengawali santapan dengan Gado-gado Pengantin yang biasanya hanya disajikan di acara hajatan di kawasan Tangerang.

Tampilannya cantik, ada merah kerupuk, hijau daun selada dan mentimun serta taburan emping dan bawang merah goreng. Seperti gado-gado siram, ada lontong, kentang rebus, kacang panjang, tauge dan telur rebus. Kuahnya oranye kecokelatan, lembut, creamy dengan rasa pedas gurih yang seimbang.

Kembang Bawang : Bukan Sekedar Nasi Goreng BiasaSegarnya Gado-gado Pengantin yang gurih, manis seimbang. Foto: detikfood


Nasi Goreng Cakalang Kecombrang (Rp 40.000) menebarkan aroma segar kecombrang dan smoky gurih ikan cakalang asap. Porsinya lumayan besar. Bumbu nasi gorengnya cukup gurih, tak terlalu pedas dengan semburat kecombrang yang renyah harum segar. Suwiran ikan cakalang asapnya lumayan banyak. Sedikit renyah dan gurih.

Tekstur nasi gorengmya memang bagus. Buliran nasinya masih utuh, tetapi saat digigit terasa renyah, 'al dente' kalau menurut istilah pasta. Pastilah sang koki sudah memperhitungkan jenis beras dan cara menanaknya. Tak asal nasi saja. Buat penyuka kecombrang bisa minta tambahan kecombrang jika suka sensasi asam segarnya.

Kembang Bawang : Bukan Sekedar Nasi Goreng BiasaAroma smoky ikan cakalang asap beradu dengan harum kecombrang dalam nasi goreng ini. Foto: detikfood


Sementara Nasi Goreng Pete (Rp 40.000) juga nyaris sama. Bumbunya terbalur rata pada tiap buliran nasi yang renyah tapi pulen. Tapi yang mantap justru petai yang besar-besar dipotong dua. Dimasukkan saat terakhir sehingga terasa renyah 'nutty' petai yang segar. Memuaskan buat pencinta petai.

Keseimbangan mengolah nasi goreng masih kami rasakan pada menu nasi goreng terbaru, Nasi Goreng Ayam Asap (Rp 38.000) dengan aroma ayam asap yang wangi dan kuat. Potongan ayam asap kecokelatanpun diberikan royal hingga terasa dalam setiap suapan.

Kembang Bawang : Bukan Sekedar Nasi Goreng BiasaNasi Goreng Pete dengan potongan pete yang royal. Foto: detikfood


Semua nasi goreng dilengkapi dengan kerupuk kanji oranye yang disajikan terpisah dalam mangkuk. Sementara telur orak-arik dicampurkan langsung dalam nasi, berikut irisan daun bawang yang renyah segar, Porsinya yang cukup besar, bisa dinikmati berdua.

Memakai tagline makanan tradisional Benteng, atau keturunan China Tangerang. Perpaduan kuliner China, Sunda dan Betawi. Karenanya Soto betawi, Oseng Sapi dan keyupat sayur khas Betawi tersedia di sini. Beberapa orang menyebut nasi gorengnya diracik gaya Benteng. Memakai paduan petai, ikan asin hingga jengkol.

Meski lokasinya agak jauh dari Jakarta, kami sepakat dengan mendiang Pak Bondan, nasi goreng di sini, maknyuus! Pemuja nasi, pencinta nasi goreng dan foodies sebaiknya mampir ke sini , buktikan kelezatan nasi gorengnya.

RM Kembang Bawang
Makanan Indonesia & Traditional Benteng
Jl. Hartono Raya No.9c
Kelapa Indah, Kec. Tangerang
Tangerang, Banten

Jam Buka : 11.00 - 20.30
Telpon : 0822-9992-1928

Simak Video "Icip-icip Nasi Goreng Kebon Sirih Legendaris Sejak Tahun 1958"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)