Pistales: Nostalgia Ngemil Pisang Tahu Risoles yang Legendaris

Riska Fitria - detikFood Kamis, 29 Agu 2019 15:50 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Sudah ada sejak puluhan tahun lalu, warung pisang cokelat ini masih eksis hingga sekarang. Selain pisang cokelat, juga ada tahu lapis dan risoles yang enak.

Dikenal dengan nama Pistales, nama warung ini merupakan singkatan dari Pisang Tahu lapis dan Risoles. Sesuai namanya, warung yang berada di bilangan Setiabudi, Jakarta Selatan ini menyediakan 3 camilan andalan itu.

Menurut pemilik warung, Pistales sudah berdiri sejak 61 tahun lalu, tepatnya pada tahun 1978. Kini dikelola oleh generasi kedua bernama Daud. Dari dulu hingga sekarang, warung ini tidak pernah berpindah tempat.
Pistales: Nostalgia Ngemil Pisang Tahu Risoles yang LegendarisFoto: dok. detikFood

Maka tak heran Pistales ini sangat populer. Menu yang paling banyak dicari pelanggan adalah menu pisang cokelatnya. Bisa dibilang Pistales adalah pelopor pisang cokelat di Jakarta.

Ingin mengulang kelezatan pisang cokelat kamipun menyambangi warung yang ada persis di depan sekolah SMA 3 Setiabudi. Bangunannya mungil, berjejer dengan warung-warung makan lainnya. Ditandai dengan papan nama mungil di depannya.

Pembeli bisa langsung memilih sendiri camilan dari lemari kaca yang dilayani pegawai. Selain pisang cokelat, tahu lapis, dan risoles juga terdapat beberapa menu lain dengan kisaran harga Rp. 3.000 hingga Rp. 12. 000. Seperti kroket, otak-otak, lemper, arem-arem, empek-empek, lumpia hingga aneka kue. Seperti kue basah, bolu kukus, kue lapis, kue brownies dan masih banyak lagi.
Pistales: Nostalgia Ngemil Pisang Tahu Risoles yang LegendarisFoto: dok. detikFood

Karena terkenal dengan pisang cokelatnya, kami pun memesan pisang cokelat, pisang keju dan pisang cokelat keju yang masing-masing dibanderol dengan harga Rp. 7.000. Tak lupa, kami juga memesan tahu lapis Rp. 9.000 dan risoles Rp. 7.000 yang jadi andalan.

Ada beberapa meja dan bangku mungil yang terdapat di depan etalase, sehingga bisa digunakan pengunjung untuk makan di tempat. Ketiga menu yang kami pesan diantar ke meja. Setiap menu ditempatkan dalam wadah berupa piring plastik mungil berwarna hijau dan oranye.

Pisang cokelat legendaris masih seperti dulu. Kulit lumpianya kecokelatan garing. Saat digigit pisang rajanya terasa lembek dan manis, dengan lelehan cokelat yang lumayan banyak.
Pistales: Nostalgia Ngemil Pisang Tahu Risoles yang LegendarisFoto: dok. detikFood

Begitupun dengan pisang keju dan pisang cokelat keju. Keju cheddar dipotong kotak kecil kemudian dimasukkan ke dalam balutan pisang. Campuran antara keju dan cokelat memberi rasa manis dan gurih yang enak.

Camilan tahu lapis di sini merupakan tahu putih yang dioles adonan daging ayam. Sekilas terlihat seperti gorengan biasa. Bentuknya persegi panjang, rasanya gurih dengan tekstur yang tebal dan kenyal.
Pistales: Nostalgia Ngemil Pisang Tahu Risoles yang LegendarisFoto: dok. detikFood

Tahu lapis ini harus dimakan hangat dengan celupan enak bumbu kacang yang digerus halus. Cara makan tahu lapis bisa dengan cara dipotong-potong kemudian diguyur dengan bumbu kacang. Bumbu kacangnya terasa pedas manis, membuat tahu yang gurih lembut jadi makin enak rasanya.

Meski populer belakangan risoles di sini patut dicoba. Risoles gaya Amerika yang sering disebut Amris ini isiannya telur rebus, potongan keju cheddar dan smoked beef atau daging asap dan mayonnaise. Sekali gigit ada paduan renyah gurih yang enak dikunyah. Kalau suka enak juga dicocol saus sambal.

Karena sebagian besar pelanggannya adalah anak-anak SMU dan pegawai kantoran di kawasan Setiabudi, harganya pun relatif murah. Rasa, tampilan dan pelayanannya juga tak berubah. Kalau mau ngemil sore sambil nostalgia masa SMU, bisa mampir di sini. Semua camilan disajikan hangat jadi makin terasa gurih enaknya.

Pistales
Jl. Taman Setia Budi I No.34, Setiabudi
Jakarta Selatan
Jam buka: 06.00 - 18.30
Telepon: (021) 5265077



Simak Video "'Pistales', Pisang Tahu Risoles Legendaris yang Nendang di Mulut"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com