Pola Makan Sehat dan Murah

Sudah Ada Sejak 1986, Gado-gado Ini Jadi Langganan Prabowo hingga Ruben Onsu

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 14 Jun 2019 12:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Gado-gado jadi menu makanan sehat khas Indonesia yang digemari banyak orang. Di wilayah Kebayoran, ada gado-gado legendaris langganan pejabat dan artis.

Selain rasanya enak, gado-gado jadi makanan sehat yang primadona karena mudah ditemukan dan harganya murah. Nah, di jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, ada gado-gado legendaris Ibu Sumartin yang wajib dicoba.

Berjualan sejak tahun 1986, Ibu Sumartin dan keluarga konsisten menyajikan gado-gado yang enak dengan porsi melimpah. Mulai dari gerobakan, hingga kini Ibu Sumartin berjualan di dalam mobil dan selalu dipenuhi oleh pengunjung.
Sudah Ada Sejak 1986, Gado-gado Ini Jadi Langganan Prabowo hingga Ruben OnsuFoto: Istimewa

Baca Juga: 5 Salad Nusantara yang Bisa Jadi Santapan Sehat dan Murah Meriah

"Mulai berjualan dari tahun 1986 di sini, dari gerobak sekarang pakai mobil. Buka mulai dari jam 10 pagi, tapi biasanya jam setengah satu siang sudah habis," tutur Ibu Sumartin ketika ditemui detikFood (13/06).

Setiap harinya gado-gado racikan Ibu Sumartin ini mampu terjual hingga 250 porsi per harinya. Untuk masalah rasa, Ibu Sumartin mengaku tidak ada yang spesial dari racikan gado-gadonya ini, semuanya menggunakan bahan dan sayuran yang sama.
Sudah Ada Sejak 1986, Gado-gado Ini Jadi Langganan Prabowo hingga Ruben OnsuFoto: Istimewa
"Kalau yang membedakan gado-gado ini dengan gado-gado lain, mungkin hanya masalah selera saja. Tapi di sini saya hanya menggunakan empat jenis sayur, yaitu tauge, kol, kacang panjang, sama kangkung. Terus pakai kentang, tahu, sama telur rebus," jelas Ibu Sumartin disela-sela kesibukannya melayani pesanan pembeli yang mulai menumpuk.

Sambal kacangnya juga sudah diulek lebih dulu, dan teksturnya kental gurih dengan tambahan sambal rawit pedas yang nantinya diulek dengan semua sayuran. Bumbu kacang yang medok dan gurih membuat rasa gado-gadonya semakin enak.

Tapi Ibu Sumartin menuturkan bahwa ia tidak bisa berjualan jika tidak membawa cobek batu kesayangannya, yang berukuran sangat besar.
Sudah Ada Sejak 1986, Gado-gado Ini Jadi Langganan Prabowo hingga Ruben OnsuFoto: Istimewa

"Cobek ini usianya sudah 30 tahun, dulu belinya di Pasar Ikan sekarang sudah susah cari cobek yang seperti ini. Jadi kalau ini rusak atau hilang, sudah pasti saya tidak bisa jualan. Karena cobek ini sekali ulek bisa untuk berapa porsi gado-gado sekaligus," ungkap Ibu Sumartin.

Selain itu agar lebih segar, Ibu Sumartin sengaja merebus semua sayurannya di tempat. Sehingga kualitas sayuran dari racikan gado-gadonya tetap terjaga. Tak heran mulai dari pejabat seperti Prabowo, Sandiaga, hingga artis Ruben Onsu sering mampir kemari untuk membeli gado-gado buatannya.

"Karena lokasi gado-gado ini dekat dengan rumah Pak Prabowo, biasanya beberapa orang suruhannya suka pesan gado-gado ke sini. Pak Sandiaga juga pernah pesan. Kalau artis yang sering datang ada Ruben Onsu, Ivan Gunawan, Lydia Kandau, Ari Wibowo sampai Donny Kesuma," pungkasnya.
Sudah Ada Sejak 1986, Gado-gado Ini Jadi Langganan Prabowo hingga Ruben OnsuFoto: Istimewa
Untuk satu porsinya, gado-gado legendaris ini dibanderol seharga Rp 20.000 sudah termasuk potongan lontong yang legit. Sementara untuk gado-gado dengan nasi putih harganya Rp 23.000 saja dan dijamin kenyang. Kalau mau mencicipi gado-gado ini, pastikan Anda datang di bawah jam 12 siang agar tidak kehabisan.

Baca Juga: Makan Siang Sehat dengan Gado-gado yang Renyah Segar di Sini

Gado-gado Kertanegara Ibu Sumartin
Jl. Kertanegara No.2.
Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Telp: 0858-9051-0351
Jam Buka: 10.00 - Sampai Habis.



Tonton Video Legenda Kuliner Gado-Gado Direksi, Jakarta:

[Gambas:Video 20detik]






(sob/odi)