Bakso Akiaw 99 : Mantul! Enaknya Bakso Berlimpah Irisan Daging Sapi

Devi Setya - detikFood Selasa, 30 Apr 2019 12:00 WIB
Foto: Devi S. Lestari/detikfood Foto: Devi S. Lestari/detikfood
Jakarta - Semangkuk bakso dengan kuah kaldu gurih memang menggoda. Apalagi ditambah irisan daging sapi yang bikin lupa diet. Hati-hati kalap!

Di kawasan Mangga Besar memang banyak kuliner enak dan menggoda. Di antara kios-kios restoran China, ada juga kios bakso legendaris yang menawarkan bakso gurih yang beda dengan bakso biasa.
Bakso Akiaw 99 : Mantul! Enaknya Bakso Berlimpah Irisan Daging Sapi Foto: Devi S. Lestari/detikfood

Jika biasanya bakso hanya disajikan dengan pelengkap mie dan tetelan maka di sini lebih istimewa. Di kedai Bakso Akiaw 99, lidah para pencinta bakso akan dimanjakan dengan sajian bola daging kenyal yang disajikan bersama aneka topping.

Menu andalan di kedai ini memang bakso sapi tapi bisa dimakan dengan 3 pilihan mie yakni bihun, kwetiau dan mie kuning. Tak hanya itu, ada juga 3 pilihan bakso mulai bakso polos, bakso urat hingga bakso ikan.

Nah yang membuatnya istimewa adalah tambahan topping yang bisa dipilih sesuai selera. Ada topping irisan daging sapi, sengkel, urat hingga babat.
Bakso Akiaw 99 : Mantul! Enaknya Bakso Berlimpah Irisan Daging Sapi Foto: Devi S. Lestari/detikfood

Aroma gurih rebusan kuah kaldu membuat perut semakin tak sabar menikmati bakso ini. Kami mencoba memesan seporsi menu paket bakso yang terdiri dari kwetiau, bakso polos dan daging sapi. Serta seporsi bakso urat dengan mie kuning.

Tak butuh waktu lama untuk menunggu pesanan bakso kami disajikan. Porsinya terbilang sangat besar, mie bertabur bawang goreng disajikan terpisah dengan bakso dan kuahnya. Tampilannya menggoda, demikian juga dengan aroma gurih yang menyeruak dari kepulan asap tipis kuah kaldu.

Untuk menyantapnya, kami lebih dulu mencampur mie dengan kaldu, bakso dan daging. Kami juga menambahkan irisan daun seledri yang disajikan terpisah, tak ketinggalan kami tambahkan juga sambal dan kecap manis sebagai penambah rasa.

Saat semua sudah tercampur rata, saatnya menikmati bakso gaya oriental ini. Kuah kaldu di sini hadir dengan warna yang bening dan rasa gurih yang tipis. Asin gurih kuah kaldunya tak terasa menyengat. Agaknya kaldu dibuat dengan api kecil hingga bening.

Bakso Akiaw 99 : Mantul! Enaknya Bakso Berlimpah Irisan Daging Sapi Foto: Devi S. Lestari/detikfood

Sementara tiga butir bakso polosnya hadir dengan tekstur kenyal agak renyah. Meskipun padat, bakso di sini tak sulit dikunyah. Demikian juga dengan bakso urat yang terbilang mudah dikunyah meskipun terdapat tekstur bergerenjil dari urat cincang.

Oiya yang tak boleh ketinggalan yakni jagoannya berupa irisan daging sapi yang berlimpah. Daging sapi diiris tipis lalu direbus dalam kuah kaldu sebelum disajikan jadi teksturnya empuk dan dijamin segar.
Bakso Akiaw 99 : Mantul! Enaknya Bakso Berlimpah Irisan Daging Sapi Foto: Devi S. Lestari/detikfood

Selain daging sapi, Anda juga bisa memesan sengkel, urat atau babat yang juga disajikan dalam kuah kaldu. Porsinya yang besar membuat sepaket mie bakso dengan daging ini bisa disantap hingga dua orang.

Meskipun ada di kawasan kuliner China tapi bakso Akiaw 99 ini dijamin halal. Harga seporsi mie bakso Rp 50 ribu dan dijamin super kenyang.

Tergoda dengan bakso istimewa tertabur topping daging ini? Databf saja ke kios yang buka setiap hari hingga pukul 24.00 WIB ini.

Bakso Akiaw 99
Jl. Mangga Besar Raya, Mangga Besar
Jakarta
Telepon (021) 6291419


Tonton juga: Hangat Nikmat Bakso dengan Aneka Topping yang Melimpah Ruah

[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)