Taliwang Lima Rasa : Huahh! Sengatan Pedas Ayam Bakar Taliwang dan Plecing Kangkung

Devi Setya - detikFood Kamis, 28 Mar 2019 11:40 WIB
Foto: Devi S. Lestari/detikfood Foto: Devi S. Lestari/detikfood
Jakarta - Citarasa kuliner Lombok yang pedas gurih bisa dinikmati di restoran Taliwang Lima Rasa. Di sini ada ayam bakar taliwang yang bisa dipilih level pedasnya.

Tempat makan yang ada di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan ini menawarkan ragam makanan khas Lombok yang selalu menggiurkan. Menu andalannya yakni ayam bakar taliwang.

Olahan ayam kampung muda yang dibakar dengan bumbu cabai ini mampu mengundang selera makan. Kamipun iingin menikmati kelezatan ayam, lengkap dengan plecing kangkungnya.
Taliwang Lima Rasa : Huahh! Sengatan Pedas Ayam Bakar Taliwang dan Plecing Kangkung Foto: Devi S. Lestari/detikfood

Kami memesan ayam taliwang dengan tingkat kepedasan sedang (Rp73 ribu). Di sini ayam taliwang selalu disajikan per ekor, ini juga yang membuat ayam taliwang tampil autentik.

Seekor ayam ukuran sedang ini bisa disantap hingga 3 orang. Ayam bakar berwarna kecoklatan ini hadir dengan aromacabai yang pedas. Ciri autentik Lombok lain adalah cara membelah ayam.

Ayam asal desa Taliwang, Lombok ini selalu memakai ayam kampung muda berukuran kecil. Bagian depan dadanya dipotong membujur lalu sayapnya dilipat ke arah depan dan ayam dilebarkan. Barulah diolah dengan bumbu. Cara memotong dan menyajikan ayam ini sangat unik dan khas.

Lumuran bumbu dengan cabai banyak juga terlihat di seluruh bagian daging ayam dengan warna merah kecokelatan. Ternyata tak hanya tampilannya yang menggoda, tekstur ayam juga empuk juicy dan rasanya enak.

Bumbu yang meresap membuat daging ayam semakin gurih pedas. Oiya, ada beberapa tingkatan level pedas untuk ayam taliwang di sini mulai dari pedas manis, pedas sedang, pedas, hingga super pedas.
Taliwang Lima Rasa : Huahh! Sengatan Pedas Ayam Bakar Taliwang dan Plecing Kangkung Foto: Devi S. Lestari/detikfood

Kurang lengkap makan ayam taliwang tanpa plecing kangkung. Kami pun memesan seporsi paket plecing (Rp18 ribu) yang terdiri dari kangkung, kacang panjang dan tauge. Dilengkapi lagi dengan taburan kacang tanah goreng dan serundeng kelapa.

Sayuran rebus ini diguyur sambal plecing yang berwarna merah oranye. Sekilas sambal ini tak terlihat pedas karena banyak menggunakan tomat segar, tapi saat dicicip barulah terasa sengatan pedasnya yang nonjok.

Sambal plecing ini semakin sedap karena ditambahkan terasi asli Lombok yang harum dan gurih. Ayam taliwang dan plecing ini semakin enak disantap dengan nasi putih hangat. Makin asyik jika dimakan dengan tangan. Setiap suapan terasa gurih pedas yang lekat.
Taliwang Lima Rasa : Huahh! Sengatan Pedas Ayam Bakar Taliwang dan Plecing Kangkung Foto: Devi S. Lestari/detikfood

Selain ayam, ada juga cumi bakar bumbu taliwang yang tak boleh dilewatkan. Seporsi cumi bakar (Rp140 ribu) berisi 500 gram cumi segar ukuran besar yang siap dibakar dengan olesan bumbu taliwang.

Badan cumi dikerat-kerat membujur. Tekstur cumi yang kenyal dan rasanya yang gurih ternyata cocok juga dipadu dengan bumbu taliwang. Makin enak lagi kalau cumi disantap saat masih hangat. Mantap!

Selain menu di atas, restoran ini juga menawarkan menu lain yang tak kalah menarik. Ada ayam kukus sambal plecing, ayam goreng kremes, udang bakar taliwang hingga sup gurame plecing.

Mumpung tanggal muda, kalau mau makan ayam taliwang autentik, tempat ini bisa jadi pilihan. Dijamin segar berkeringat setelah makan ayam Taliwang di sini!

Ayam Taliwang Lima Rasa
Jl. Prof. Dr. Satrio No. 18
Karet, Kuningan
Jakarta Selatan
Telepon : (021) 52907280

(dvs/odi)