Bakmi Jowo Kondang Roso: Sedep Poll! Bakmie Godog Khas Gunungkidul yang Gurih Mantap

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 13 Mar 2019 16:40 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Di tengah cuaca mendung begini, paling enak makan aneka mie berkuah panas khas Gunungkidul. Dengan suwiran daging ayam kampung yang royal. Mantul!

Selain jadi destinasi wisata yang populer, wilayah Gunungkidul di Yoygya juga punya makanan yang populer, yaitu bakmi Jawa. Di wilayah Bogor juga ada bakmi Jawa yang enak dan menawarkan rasa autentik ini.

Baca Juga: Jangan Lupa Jajan Bakmi Godog Jawa yang Legendaris di Yogyakarta!
Bakmi Jowo Kondang Roso: Sedep Poll! Bakmie Godog Khas Gunungkidul yang Gurih MantapFoto: dok. detikFood
Mampir ke rumah makan Bakmi Jowo Kondang Roso, pengunjung akan disambut langsung dengan nuansa angkringan dan gerobakan. Ayam kampung yang digantung, menjadi ciri khas bakmi Jowo.

"Di sini semua mie kita produksi sendiri setiap hari. Jadi kualitas rasa mie kita berbeda, dengan kedai Bakmi Jawa lainnya," tutur salah satu pelayan di sana, sambil sibuk melayani pesanan pelanggan.

Kami akhirnya tertarik untuk mencicipi salah satu menu yang paling populer di sini, yaitu Bakmi Godog Ayam Kampung (Rp 25.000). Bakmi godog ini disajikan di dalam mangkuk, berisi mie, telur bebek, sayur kol, irisan cabe rawi, dan tentunya suwiran daging ayam kampung.
Bakmi Jowo Kondang Roso: Sedep Poll! Bakmie Godog Khas Gunungkidul yang Gurih MantapFoto: dok. detikFood
Aroma dari kuah kaldu ayam yang berwarna putih kental, gurih menggugah selera. Tektur mie kuningnya kenyal mulur, namun tidak lembek. Campuran dari telur bebek ini justru membuat rasa bakmi godog semakin gurih mantap Paduan rasa dari bumbu kemiri dan bawang putih dan telur bebek yang dimasak bersama dalam kuahnya.

Suwiran daging ayam kampungnya juga banyak, dan besar-besar. Karena dimasak menggunakan arang, jadi aroma dari rebusan mie dan citarasanya begitu kuat. Kalau suka pedas, bisa tambah irisan cabe rawit atau lada sesuai selera.

Yang unik di sini juga ada Sego Godog (Rp 25.000) khas Gunungkidul. Hidangan ini merupakan nasi rebus, yang disajikan dengan suwiran ayam kampung. Sekilas tampilannya hampir sama dengan bakmi godog, karena sama-sama menggunakan mangkuk. Tapi yang membedakannya mienya diganti dengan nasi putih.
Bakmi Jowo Kondang Roso: Sedep Poll! Bakmie Godog Khas Gunungkidul yang Gurih MantapFoto: dok. detikFood
Nasi putih ini direbus dengan kuah kaldu ayam, dicampur dengan tumisan bawang putih dan merah, lada, hingga garam. Meski direbus, tapi tekstur nasi tidak lembek seperti bubur. Rasanya semakin lezat ketika disantap dengan suwiran daging ayam kampung, ditambah telur bebek, dan irisan tomat serta kol.

Menu yang satu ini cocok bagi Anda penggemar nasi, karena ada sensasi gurih rasa dari racikan bakmi godog yang diganti dengan nasi putih. Juga buat yang sedang kurang enak badan karena hangat, gurih dan membuat berkeringat usai disantap.

Kami juga tertarik mencicipi Bakmi Goreng Ayam Kampung (Rp 25.000). Berbeda dengan mie goreng biasa, di sini bakmi goreng disajikan sedikit basah atau 'nyemek'. Mie kuning yang kenyal ditumis dengan sedikit kaldu ayam agar basah, bumbu bawang, lalu ditambahkan dengan telur orak-arik, tomat, kol, dan irisan daging ayam kampung.

Rasanya legit gurih dan manis dari kecap manis, dengan aroma harum tumisan yang enak. Tekstur mie yang ringan, dengan krenyes gurih dari bawang goreng menambah hidangan bakmi goreng ayam kampung ini semakin sedap.
Bakmi Jowo Kondang Roso: Sedep Poll! Bakmie Godog Khas Gunungkidul yang Gurih MantapFoto: dok. detikFood
"Semua masakan kami juga tidak pakai MSG, dan hanya pakai ayam kampung asli," ungkap salah satu pelayan, yang melayani kami dengan ramah.

Selain menu bakmi Jawa, ada menu makanan lainnya yang disediakan di sini. Seperti paket ayam kampung goreng, soto ayam, sate taican, hingga sate taichan yang tak kalah enak dengan harga cukup terjangkau.

Baca Juga: Bakmi Jogja: Menghangatkan Diri dengan Mie Godog Jawa Ditemani Wedang Ronde https://food.detik.com/rumah-makan/d-3659315/bakmi-jogja-menghangatkan-diri-dengan-mie-godog-jawa-ditemani-wedang-ronde


Bakmi Jowo Kondang Roso
Ruko Fresh Market
Jl. Wisata Utama No. 11.
Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.
Telp: (021) 82460679

Tonton video 'Gurih Mantap Bakmi Godog Khas Gunungkidul':

[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)