Bakso Rusuk Sunan Giri: Hangatkan Badan dengan Jajan Bakso Mercon Rusuk Pedas Mantap

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 09 Jan 2019 12:10 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Semangkuk bakso dengan potongan tulang rusuk dan butiran bakso mercon pedas nendang ada di gerai ini. Selain bakso mercon, ada juga bakso rudal bikin kenyang.

Wilayah Tebet, Jakarta Selatan, gudangnya resto dan kafe kekinian. Tapi kalau sedang ngidam bakso dengan kuah hangat, dan aneka topping bisa mampir ke gerai Bakso Rusuk Sunan Giri. Nyaris sepanjang hari gerai ini dipenuhi pengunjung. Jelang malam hari, para pengunjung harus siap mengantre untuk mendapatkan tempat duduk.

Baca Juga: Bakso Rusuk Samanhudi: Kenyal Gurih Bakso dengan Paduan Iga yang Mantap
Bakso Rusuk Sunan Giri: Hangatkan Badan dengan Jajan Bakso Mercon Rusuk Pedas MantapFoto: dok. detikFood
Menu yang ditawarkan memang hanya bakso saja, tapi jenisnya banyak dan tentunya tak ketinggalan topping rusuk yang jadi andalan di sini. Kami langsung mencicipi salah satu menu andalannya, Bakso Mercon Rusuk (Rp. 49.000,-).

Semangkuk Bakso Mercon Rusuk terdiri dari 1 bakso mercon ukuran besar, bakso halus 2 butir, dan dua potongan daging tulang rusuk, yang dilengkapi mie kuning serta bihun. Aroma dari kaldu iga yang gurih harum, semakin menambah selera.

Jika gerai bakso lain memadukan tulang rusuk yang tulangnya besar, di Sunan Giri, rusuk disajikan dalam potongan sedang. Tapi ditutupi dengan daging yang lebih dulu direbus dengan kuah kaldu hingga empuk. Di sini tulang rusuk yang digunakan adalah bagian tulang muda, sehingga ketika dipotong, tekstur daging cukup lembut, dan gampang terlepas dari tulang.
Bakso Rusuk Sunan Giri: Hangatkan Badan dengan Jajan Bakso Mercon Rusuk Pedas MantapFoto: dok. detikFood
Porsi dagingnya yang cukup royal, semakin enak ketika rasa tumisan dari bawang dan merica yang harum menyerap ke bagian daging. Setelah itu bakso mercon di sini tampilannya memang sederhana, tapi rasa pedasnya luar biasa. Bakso mercon ini disajikan dengan sambal rawit pedas.

Agar lebih pedas, adonan bakso sengaja dicampur dengan gerusan cabe rawit sehingga pedas cabe dan rasa daging sapi begitu terasa. Campuran kuah kaldu yang terasa bumbu bawang putih dan lada, semakin enak ketika disuap dengan potongan bakso halus yang kenyal, serta mie dan bihun yang bikin kenyang. Kalau mau lebih pedas, bisa tambah sambel rawit sesuai selera.

Setelah itu kami juga mencoba Bakso Rudal Rusuk (Rp. 49.000,-), terdiri dari 1 bakso rudal, 2 bakso halus, 2 potongan rusuk, dan mie bihun sebagai pelengkap.
Bakso Rusuk Sunan Giri: Hangatkan Badan dengan Jajan Bakso Mercon Rusuk Pedas MantapFoto: dok. detikFood
Tampilannya memang sederhana, dan ukuran bakso rudalnya juga tidak terlalu besar. Tapi isian daging sapi cincangnya cukup royal, dan rasanya sedap berempah karena ada campuran bawang putih dan pala yang dihaluskan.

Potongan rusuk atau iga sapinya ukuran sedang dan daging sapi cincang dan bakso maka aroma daging sapinya sangat kuat. Rasa bakso rudal semakin mantap, setelah dilahap dengan potongan daging dari tulang muda yang empuk lembut.

Puas menyantap menu bakso, kami juga mencicipi menu Mie Yamin Manis Pedas (Rp. 26.000,-). Semangkuk mie yamin disajikan dengan pangsit rebus yang terpisah. Di atas mie, ada irisan daging ayam tumis yang royal, lengkap dengan acar mentimun.
Bakso Rusuk Sunan Giri: Hangatkan Badan dengan Jajan Bakso Mercon Rusuk Pedas MantapFoto: dok. detikFood
Mie basah yang sudah direbus lebih dulu diracik dengan kecap asin dan manis, lalu bumbu halus seperti minyak ayam, garam, hingga lada. Kemudian ditambahkan sambal rawit pedas, sebelum diaduk hingga rata.

Tekstur mie yamin cukup kenyal dan enak, bumbu halus seperti bawang putih, hingga rajangan daun bawang juga terasa pas. Apalagi campuran kecap manis dan sambal rawitnya cukup merata.
Bakso Rusuk Sunan Giri: Hangatkan Badan dengan Jajan Bakso Mercon Rusuk Pedas MantapFoto: dok. detikFood
Pangsit rebus isi daging ayamnya cukup lembut, semakin melengkapi mie ayam yamin pedas manis ini. Porsi mie yaminnya juga tidak pelit, dan dijamin bikin kenyang.

Nah, selain 3 menu di atas. Para pengunjung bisa menambah topping bakso yang dihargai Rp. 17.000,- per butirnya. Selain rudal dan mercon, ada bakso urat, telur, hingga urat tanggung yang siap memanjakan lidah para penggemar bakso.

Baca Juga: Dijamin Mantap! Semangkuk Bakso Rusuk dengan Paduan Kuah Gurih

Bakso Rusuk Sunan Giri
Jl. Tebet Barat Dalam No. 84.
Tebet, Jakarta Selatan.
Telp: 021 22831097 (sob/odi)