Bakso Soun TTD 47: Kenyal Gurih Bakso dengan Tetelan Daging dan Tahu Kotak

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 19 Des 2018 16:30 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Memasuki musim hujan, hidangan bakso hangat semakin digemari banyak orang. Apalagi jika dipadukan dengan tetelan, dagingqq hingga potongan tahu.

Tebet punya banyak jajanan populer, salah satunya bakso. Di wilayah Tebet Timur, Jakarta, ada gerai bakso dengan tempat yang luas dan tidak pernah sepi dari pengunjung. Bahkan tidak jarang, pengunjung harus mengantre untuk mendapatkan tempat duduk.

"Meski baru dibuka, tapi selalu ramai pengunjung. Setiap pagi bukanya dari jam 11, tutup jam 9 malam. Tapi kalo mie dan bakso sudah habis tutupnya bisa sore," tutur salah satu pegawai di sana. Penasaran dengan citarasa bakso yang satu ini, kami pun langsung memesan menu andalannya.

Bakso Soun TTD 47: Kenyal Gurih Bakso dengan Tetelan Daging dan Tahu Kotak Foto: dok. detikFood

Ada Bakso Daging So'un (Rp. 18.000,-), Mie Ayam (Rp. 17.000,-), serta tambahan Tetelan Daging (Rp. 3.000,-), dan Tahu Kotak (Rp. 5.000,-). Meski pengunjungnya ramai, tapi pelayanannya cukup cepat dan cekatan.

Berbeda dengan bakso lainnya, di sini bakso hanya disajikan dengan suun, irisan tahu kotak, tetelan, bawang daun dan bawang goreng. Kepulan kaldu bakso yang dimasak menyambut kami dan semakin menggugah selera.

Sekali hirup, kuah kaldu sapinya terasa kuat, meski bumbunya sederhana tapi paduan bakso daging yang kenyal gurih. Rasa daging sapinya juga terasa, dan cukup ringan. Bisa ditambah dengan tetelan, yang bagian dagingnya cukup banyak untuk memperkuat rasa. Kalau mau lebih mantap tambah irisan tahu yang lembut.

Bakso Soun TTD 47: Kenyal Gurih Bakso dengan Tetelan Daging dan Tahu Kotak Foto: dok. detikFood


Jika suka pedas, tambahkan saja gerusan sambal cabe yang pedas nendang. Kalau mau pesan baksonya saja juga bisa, yang pasti porsi bakso di sini cukup royal dan dijamin rasanya bikin nagih.

Puas menyantap Bakso So'un, ada pula menu Mie Ayam yang tak kalah menggoda selera. Sesuai namanya, mie di sini disajikan dengan tumisan daging ayam potong dadu, irisan sawi, dan taburan daun bawang. Kuah mie menggunakan kaldu sapi khusus yang tak kalah gurih.

Tekstur mie sekilas mirip seperti mie karet, tapi tidak setebal mie karet. Rasanya kenyal, dan bumbu kuning dibagian bawah mie semakin terasa ketika diaduk merata. Ada jejak rasa bawang putih, lengkuas, hingga bawang merah yang sedap. Kalau mau tambah bakso per butir juga bisa, dan harganya masih terjangkau.

Bakso Soun TTD 47: Kenyal Gurih Bakso dengan Tetelan Daging dan Tahu Kotak Foto: dok. detikFood

Puas menyantap Bakso So'un dan Mie Ayam, kani membilas dengan yang manis segar. Ada Es DP (Rp. 14.000,-), atau Es Selalu Di Pesan. Isinya ada kelapa muda, kolang-kaling, nangka, tape, roti, dan guyuran santan. Tentunya dilengkapi dengan pilihan sirop seperti Sirop Merah yang manis legit.

Es serut yang menutupi permukaan mangkuk, lalu disiram dengan sirup merah. Ketika diaduk, perpaduan antara santan, buah, tape, hingga kelapa, berpadu sempurna menimbulkan rasa segar manis.

Bakso Soun TTD 47: Kenyal Gurih Bakso dengan Tetelan Daging dan Tahu Kotak Foto: dok. detikFood

Selain tiga menu di atas, Bakso TTD 47 juga punya menu andalan lainnya. Seperti Bakso Urat, Semur Daging Ayam, Semur Ceker Ayam, hingga menu Es Selalu Dikenang yang berisi aneka macam manisan, gula merah, dan santan. Usahakan datang ke sini di siang hari, agar pilihan menu bakso dan mie ayam masih lengkap.

Bakso Soun dan Mie Ayam TTD 47
Jl. Tebet Timur Dalam Raya No.47
Tebet, Jakarta Selatan.
Telp: (021) 28543646



Saksikan juga video 'Kenyal Gurih Bakso dengan Tetelan Daging dan Tahu Kotak':

[Gambas:Video 20detik]


Bakso Soun TTD 47: Kenyal Gurih Bakso dengan Tetelan Daging dan Tahu Kotak



(adr/odi)