Bensu Bakso: Huahh! Pedas Nampol Bakso Tetelan Berkuah Cabe Rawit

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 17 Des 2018 16:18 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Depok - Ruben Onsu menggeluti usaha kuliner baru, Bensu Bakso. Menu andalannya bakso aneka isi dengan kuah super pedas. Berani coba?

Setelah sukses dengan Geprek Bensu, presenter kondang Ruben Onsu membuka Bensu Bakso yang fokus pada sajian bakso. Rumah makan ini pertama kali dibuka di Depok, tepatnya di ruko sebelah Milan Pizzeria Margonda.

Setelah Depok, gerai Bensu Bakso kini tersebar di Rawamangun, Candrabaga Bekasi, Ciledug, Bogor, Karawang, GWalk Surabaya, dan Balaxy Bekasi. Sama seperti di Geprek Bensu, Ruben membanderol jualannya dengan harga terjangkau.

Bensu Bakso: Huahh! Pedas Nampol Bakso Tetelan Berkuah Cabe RawitGerai Bensu Bakso di Depok (Foto: dok. detikFood)

Seporsi bakso dijual mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 25.000. Penasaran rasanya, kami pun menyambangi Bensu Bakso di Depok. Bangunannya mudah dikenali dengan papan nama 'Bensu Bakso' berwarna biru dan kuning terang.

Konsep pemesanan baksonya adalah pesan sendiri ke kasir alias self-service. Pilihan menunya antara lain Bensu Bakso Komplit, Bensu Bakso Telur Asin, Bensu Bakso Telur, Bensu Bakso Tetelan, Bensu Bakso Urat, Bensu Bakso Tahu, Bensu Bakso Goreng Kuah, Bensu Bakso Goreng Kering, Bensu Bakso Halus, dan Bakso Pentol.

Pembeli menu bakso bisa memilih dengan kuah original atau pedas. Hanya saja ada tambahan Rp 5.000 untuk kuah pedas. Oh ya, kalau kurang kenyang, pengunjung juga bisa menambah bakso secara satuan.

Bensu Bakso: Huahh! Pedas Nampol Bakso Tetelan Berkuah Cabe RawitPegawai saat meracik bakso pesanan pengunjung (Foto: dok. detikFood)

Kami mencicip Bakso Komplit Kuah Original (Rp 25.000). Bakso diracik langsung setelah kami pesan. Nampak pelayan sigap menaruh mie kuning, bihun, tauge, dan sawi hijau di piring sebelum menuangkan kuah.

Untuk bakso utama dari paket komplit, kami memilih bakso urat diantara pilihan bakso tetelan, urat, dan telur. Sedangkan pelengkap lainnya 3 butir bakso kecil dan bakso tahu.

Slurrpp! Kuah bakso original terasa gurih, segar dan ringan tanpa lemak berlebihan. Untuk adonan baksonya berwarna cokelat cenderung gelap. Bakso kecil yang merupakan bakso halus memiliki tekstur empuk, garing, dan kenyal.

Bensu Bakso: Huahh! Pedas Nampol Bakso Tetelan Berkuah Cabe RawitBakso Komplit Kuah Original dengan isian lengkap (Foto: dok. detikFood)

Begitu juga dengan bakso urat, hanya saja sedikit lebih kenyal karena menyertakan potongan urat. Rasa alami daging sapi pun cukup terjejak dari seluruh varian Bensu Bakso.

Yang menarik perhatian adalah Bakso Tetelan Kuah Pedas (Rp 25.000). Kuahnya berasal dari kuah original dengan tambahan 2 sendok kuah cabe rawit Jawa rebus. Hmmm... Aroma pedas cabe pun langsung menggelitik hidung.

Sesuai dugaan kami, pedasnya kuah ini benar-benar nampol! Melahap dua sendok kuah ini saja rasanya sudah bikin mulut kami terbakar. Untungnya ada sedikit jejak rasa gurih dari pemakaian kuah original.

Bensu Bakso: Huahh! Pedas Nampol Bakso Tetelan Berkuah Cabe RawitBensu Bakso punya bakso kuah pedas yang pedasnya 'nendang' (Foto: dok. detikFood)

Untuk bakso tetelan berupa bakso besar isi tetelan cincang sehingga kenyal gurihnya tetelan tak terlalu terasa. Sebagai pencinta tetelan, awalnya kami mengira Bensu Bakso menggunakan potongan tetelan utuh sebagai pelengkap bakso. Meski begitu rasanya tetap enak.

Kami menutup santapan dengan Bakso Goreng Kering (Rp 15.000). Bakso ini disajikan di cup kertas dengan taburan bawang goreng. Bakso gorengnya terasa agak liat bagi kami. Rasa gurihnya cenderung kuat. Kalaulah teksturnya tak terlalu keras, bakso goreng ini pasti lebih enak.

Bensu Bakso: Huahh! Pedas Nampol Bakso Tetelan Berkuah Cabe RawitVarian Bakso Goreng Kering yang bisa dicoba (Foto: dok. detikFood)

Untuk menyempurnakan cita rasa bakso, Bensu Bakso menyediakan bumbu yang lengkap di atas meja. Ada kecap, saus, sambal dan bawang goreng yang bisa diambil sesuai selera. Tak ketinggalan potongan lemon cui yang asam segar.

Pencinta bakso pedas sebaiknya tak melewatkan kreasi Bensu Bakso. Rasa baksonya lumayan enak, kuahnya pedas 'nendang,' dan harganya ramah di kantong. Mampir, yuk!

Bensu Bakso
Jl. Margonda Raya No. 514, Depok
(Sebelah Milan Pizzeria Margonda)
Instagram: bensubakso

(adr/odi)