Pangsit Mie 168: Makan Bakmi Ayam Plus Kacang Mete yang Gurih Mulur

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 05 Des 2018 12:07 WIB
Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini
Jakarta - Di sini ada mie ayam porsi royal bertopping daging ayam plus kacang mete. Ada juga mie urat sapi yang lembut kenyal. Slurpp, pas untuk makan siang!

Dari sekian banyak kedai bakmi di Kelapa Gading, ada satu kedai yang bertuliskan '100% daging ayam'. Kedai itu menempati bangunan dua lantai yang tak terlihat begitu mencolok. Hanya saja Pangsit Mie & Lemper Ayam Spesial 168 selalu ramai pengunjung meski kedai ini baru berusia 2.5 tahun.

Pangsit Mie 168: Makan Bakmi Ayam Plus Kacang Mete yang Gurih MulurFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini
Sesuai namanya, menu andalan kedai ini ialah mie pangsit dan lemper ayam. Tersedia aneka pilihan mie, mulai dari Pangsit Mie Ayam, Mie Urat Sapi, Mie Spesial 168 hingga Song Mie. Sebagai pelengkap, tersedia juga lemper ayam spesial 168, nasi tim, bakso kuah hingga siomay.

Wangi gurih kaldu yang menggelitik hidung tercium begitu kami tiba di Pangsit & Lemper Ayam Spesial 168. Agaknya kedai ini menempati bangunan yang difungsikan sebagai hunian karena bagian garasinya dijadikan tempat meracik mie pangsit. Sehingga aromanya pasti tercium meski belum memasuki ruang makan berpendingin ruangan.

Pangsit Mie 168: Makan Bakmi Ayam Plus Kacang Mete yang Gurih MulurFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini
Meski menempati bangunan dua lantai, hanya bagian lantai bawahnya saja yang dijadikan ruang makan. Melihat menunya, tentu kami tertarik dengan lemper ayam yang terkenal enak. Sayangnya, lemper ayam yang ada sudah dipesan semua.

Akhirnya kami memesan Mie Spesial 168 dan Mie Urat Sapi. Ada dua jenis mie yang bisa dipilih, mie biasa dan mie keriting.

Semilir aroma gurih kaldu tercium usai staf kedai menyajikan kedua pesanan kami. Mie Spesial 168 (Rp 32.000) memiliki porsi yang royal. Toppingnya cincangan daging ayam, kacang mete, potongan jamur kancing serta potongan bawang daun. Tampilannya makin manis dengan adanya selembar selada dan taburan bawang goreng. Kuah kaldu bening yang disajikan di mangkuk kecil terpisah jadi pelengkap.

Pangsit Mie 168: Makan Bakmi Ayam Plus Kacang Mete yang Gurih MulurFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini
Mie biasa berbentuk pipih jadi pilihan kami dalam menu ini. Slurp! Mienya kenyal mulur dengan rasa gurih ringan. Daging ayamnya lembut dan berbumbu minimalis dengan rasa manis dan gurih bawang putih yang sangat pas. Makin enak dimakan bersama potongan jamur kancing yang hanya dibelah dua.

Pangsit Mie 168: Makan Bakmi Ayam Plus Kacang Mete yang Gurih MulurFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini
Begitu kami padu semua topping, termasuk kacang mete, rasa mienya jadi lebih beragam. Tekstur kriuk kacang mete membuat pengalaman santap bakmi yang berbeda. Rasa gurih khas kacang mete ternyata sangat enak dipadu dengan manis sedikit berminyak mie dan cincangan ayamnya. Meski berbumbu minimalis, kuah kaldu ayam yang tersaji juga memiliki rasa gurih sedap.

Pangsit Mie 168: Makan Bakmi Ayam Plus Kacang Mete yang Gurih MulurFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini
Beralih ke Mie Urat Sapi (Rp 50.000) yang kami pesan. Di menu ini, kami pilih jenis mie keriting. Menu ini tak kalah menggugah selera dibanding menu sebelumnya. Isiannya lagi-lagi memenuhi mangkuk. Pencinta bawang goreng pasti suka dengan menu ini, sebab taburan bawang gorengnya terbilang sangat royal.

Berbeda dengan mie ayam, Mie Urat Sapi punya kuah berwarna cokelat kental yang disajikan terpisah. Aroma bawang goreng sangat tercium dalam menu ini. Sayangnya, mie keritingnya tak sekenyal dan selembut mie pipih. Bisa jadi karena kurang lama direbus. Tapi tertutup dengan urat sapi yang sangat lembut dan kenyal. Makin enak kalau mie dicampur dengan kuah kental berbumbu. Tercecap rasa gurih bawang putih dan samar-samar lada. Menu ini wajib dicoba kalau kamu gemar makan urat sapi!

Kalau ingin makan mie ayam enak di bilangan Kelapa Gading, Pangsit Mie & Lemper Ayam Spesial 168 wajib masuk dalam daftar pilihan. Enaknya lagi, bagi Anda yang tinggal di Kelapa Gading, tak perlu rogoh kocek lebih untuk biaya pesan antar mie, sebab ada gratis ongkos kirim di daerah Kelapa Gading.

Pangsit Mie & Lemper Ayam Spesial 168
Jl. Gading Elok Raya Utara FA 2 No 7
Kelapa Gading, Jakarta Utara
Telp: 021 450 8501 (dwa/dwa)