Baso Aci Kalimanjaro: Ngebakso Aci Kenyal Berkuah Pedas Mantap

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 02 Nov 2018 18:23 WIB
Foto: dokdetikFood
Jakarta - Di sini ada bakso aci berkuah pedas nendang plus yamin mulur yang gurih manis. Bakso halus dan baksi uratnya tak kalah enak, lho!

Selain bakso bakar dan bakso urat, kini saatnya bakso aci yang jadi incaran banyak orang. Kepopuleran bakso yang terbuat dari tepung aci alias tepung kanji ini terus meroket di Jakarta dan sekitarnya. Padahal, bakso aci sudah lebih dulu populer di wilayah Garut.

Seperti kedai bakso aci di wilayah Bintara, Bekasi ini. Baso Aci Kalimanjaro merupakan kedai franchise asal Garut. Sehingga semua bahan yang tersaji benar-benar didatangkan langsung dari Garut.

Nama kedai bakso aci ini tengah jadi buah bibir di media sosial. Kebanyakan mengatakan bahwa pencinta pedas wajib mencoba Baso Aci Kalimanjaro. Mendengar hal tersebut, sebagai pencinta pedas, kami pun tertarik untuk mencicipinya.

Baso Aci Kalimanjaro: Ngebakso Aci Kenyal Berkuah Pedas MantapFoto: dokdetikFood
Tak sulit untuk sampai ke kedai bakso ini. Meski hanya menempati sebuah kios yang berukuran tak besar, lokasinya terbilang strategis. Sebab berada di seberang Giant Bintara.

Dari luar, sudah terlihat banyak orang yang mengantre. Kebanyakan memesan untuk dibawa pulang. Karena hanya tersedia beberapa bangku dan kursi saja di dalamnya. Kira-kira hanya mampu menampung sebanyak 16 pelanggan.

Tercium semilir aroma gurih yang cukup khas dari kedai bakso ini. Aroma gurih kaldunya tak seperti kedai bakso pada umumnya. Tak ingin membuang banyak waktu, kami langsung melihat buku menunya. Ternyata ada 5 pilihan menu yakni, Paket Kalimanjaro 1,2,3 dan Paket Kalimanjaro Spesial 1 dan 2.

Baso Aci Kalimanjaro: Ngebakso Aci Kenyal Berkuah Pedas MantapFoto: dokdetikFood
Masing-masing paket memiliki isian yang berbeda. Tapi jika kami simpulkan, Paket Kalimanjaro Spesial 2 (Rp 26.000) jadi paket yang lumayan komplet di sini. Karena itu, kami memilih paket tersebut. Tak ketinggalan Paket Kalimanjaro 2 (Rp 18.000). Sebab paket ini berisi satu bakso yang tak ada di Paket Kalimanjaro Spesial 2 yakni bakso halus.

Kurang dari 10 menit, pesanan kami datang. Semuanya tersaji dalam mangkuk putih bercap ayam jago yang legendaris. Bakso aci di sini memiliki kuah yang keruh kecokelatan. Paket Kalimanjaro 2 berisi 6 buah bakso aci, 1 buah cuanki lidah, 1 buah cuanki tahu, 1 buah cunaki somay, 1 bakso halus, 1 buah siomay, dan remahan kerupuk kulit. Pelengkapnya potongan jeruk limau dan semangkuk kecil sukro cikur.

Aroma gurih kuah kaldunya mengelus hidung dan memang tak segurih dan sewangi kuah kaldu bakso khas Solo. Begitu kami seruput, kuahnya terasa gurih dan sedikit manis. Ada jejak rasa kacang pada kuahnya.

Baso Aci Kalimanjaro: Ngebakso Aci Kenyal Berkuah Pedas MantapFoto: dokdetikFood
Bakso acinya sendiri terdiri dari tiga jenis. Pertama bakso aci berbentuk bulat yang berisi tetelan sapi. Kedua bakso aci berbentuk bulat pipih berisi daging ayam. Ketiga bakso aci berbentuk lonjong agak panjang berisi bumbu kacang yang cukup pedas. Sehingga masing-masing bakso aci punya citarasa yang berbeda namun memiliki tingkat kekenyalan yang sama.

Menurut kami, paling enak bakso aci isi tetelan sapi. Gurih kenyal dan ada sensasi lelehan tetelan yang lembut di mulut. Sangat pas dimakan dengan kuah gurih sedikit manisnya. Tak ada yang istimewa dari cuanki tahu, cuanki lidah, dan cuanki siomay di sini.

Tapi siomay biasanya punya isian yang loyal. Rasanya gurih manis, perpaduan daging ayam dan cincangan wortel. Nah, bakso halusnya juga tak kalah enak. Bentuk dan rasanya mirip seperti bakso Soni khas Lampung. Daging sapinya sangat terasa dan bertekstur cukup padat. Mantap!

Baso Aci Kalimanjaro: Ngebakso Aci Kenyal Berkuah Pedas MantapFoto: dokdetikFood
Tak berbeda jauh dari Paket Kalimajaro 2, Paket Kalimanjaro Spesial 2 berisi 3 buah bakso aci, 1 cuanki lidah, 1 cuanki tahu, 1 siomay, dan 1 cuanki siomay. Istimewanya, terdapat 1 bakso urat dan mie yamin. Mie yaminnya tersaji di dalam mangkuk kecil dan dihidangkan tanpa topping cincangan ayam. Meski begitu, tekstur minya sangat kenyal dan mulur dengan rasa yang manis sedikit gurih.

Kali ini kami mencampur kuahnya dengan sambal yang tersaji di tiap meja pengunjung. Sambalnya berwarna merah dengan limpahan biji cabai. Tapi anehnya, sambal ini tak memiliki aroma khas cabai yang menusuk hidung. Melainkan aroma tempe/kacang kedelai yang khas.

Baso Aci Kalimanjaro: Ngebakso Aci Kenyal Berkuah Pedas MantapFoto: dokdetikFood
Huaaah! Kuahnya jadi pedas nendang tapi tetap gurih. Bikin selera makan meningkat. Bakso uratnya cukup padat namun kenyal dan mudah dipotong. Ah, manjakan lidah!

Makin enak dimakan dengan yamin dan sukro cikur. Jadi pedas, gurih, dan krenyes dalam satu waktu. Makan satu mangkok dijamin kurang!

Tak salah kalau kedai bakso aci ini punya banyak penggemar. Selain murah, bakso aci, bakso halus hingga bakso urat di sini punya rasa yang lezat. Oh ya, kabarnya Baso Aci Kalimanjaro akan segera membuka cabang di Jakarta. Tepatnya di wilayah Duren Sawit, Jakarta Timur.

Baso Aci Kalimanjaro
Jl. Bintara Raya No 12D, Bekasi Barat
Telp: 0812 2905 5599

(dwa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com