Mie Ongklok Pak Muhadi: Hangat Kemepul, Mie Ongklok dan Sate Sapi Khas Wonosobo

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 21 Jun 2018 16:47 WIB
Foto: Dok. detikFood
Wonosobo - Jalan-jalan ke Wonosobo, Anda wajib cicip mie ongklok berkuah kental ini. Dipadu dengan sate sapi plus lumuran bumbu kacang. Gurih mantap!

Wonosobo, kota yang terkenal dengan dataran tinggi Dieng-nya ini punya sajian kuliner enak. Mie ongklok yang disajikan dengan kuah kental hangat ini bisa jadi pilihan tepat untuk hangatkan badan. Salah satu kedai mie yang bisa Anda coba adalah Mie Ongklok dan Sate "Pak Muhadi" yang berlokasi di Jalan A. Yani No. 1 Wonosobo.

Mie Ongklok Pak Muhadi: Hangat Kemepul, Mie Ongklok dan Sate Sapi Khas WonosoboBegini suasana tempat makan mie ongklok milik Pak Muhadi di Wonosobo. Foto: Dok. detikFood

Saat kami berkunjung ke sana, kedai mie ongklok ini sedang ramai. Sehingga kami perlu menunggu sekitar 20 menit. Mengintip proses pembuatannya, mie kuning dan irisan kol dan kucai dimasukkan dalam ongklok atau keranjang anyaman bambu kecil dan dicelupkan selama beberapa menit dalam air mendidih atau dinamakan diongklok. Tujuannya untuk membilas sekaligus membuat sayuran layu.

Setelah itu mie ditaruh dalam piring saji cekung lalu disiram dengan kuah kental. Menurut sang penjual, kuahnya ini dibuat dengan campuran pati atau tepung sagu, gula Jawa, ebi dan rempah. Selintas mirip kuah mie kangkung.

Mie Ongklok Pak Muhadi: Hangat Kemepul, Mie Ongklok dan Sate Sapi Khas WonosoboBegini tampilan mie ongklok dengan paduan kuah kental dan topping saus kacang. Foto: Dok. detikFood

Kepulan asap terlihat ketika sepiring mie ongklok mendarat di meja kami. Kuah kental berwarna cokelat memiliki sensasi rasa manis dengan semburat gurih. Makin sedap karena dipadu dengan ebi. Enak juga saat mengunyah kol rebus yang masih renyah dengan paduan kucai.

Ditambah dengan siraman bumbu sate plus taburan bawang goreng yang bikin makin lahap. Kalau suka pedas, Anda bisa langsung menambahkan gerusan cabai rawit hijau. Huah! Kalau makan mie ongklok sebaiknya jangan terlalu lama ya, karena jika kelamaan kuahnya akan jadi cair.

Mie Ongklok Pak Muhadi: Hangat Kemepul, Mie Ongklok dan Sate Sapi Khas WonosoboMie ongklok makin enak dinikmati bersama dengan sate sapi. Foto: Dok. detikFood

Jangan lupa pesan juga sate sapi yang empuk. Dibalut dengan saus kacang, sate sapi 10 tusuk ini semakin membuat sajian mie ongklok terasa komplet. Nyam, saus kacangnya memiliki tekstur yang agak kasar dengan perpaduan rasa manis dan gurih. Cocok jadi pelengkap makan mie ongklok. Dijamin kenyang!

Harga seporsi mie ongklok dan 10 tusuk sate sapi dibandrol dengan harga Rp 28.000. Udara dingin Wonosobo pun teredam dengan sajian hangat mengenyangkan ini.

Selain sate sapi, Anda juga bisa menikmati tempe kemul yang gurih. Kemul artinya 'selimut'. Jadi tempenya dibalut adonan tepung lalu digoreng kering. Cukup disandingkan dengan segelas teh hangat, rasanya sudah sangat nikmat!

Ke Wonosobo wajib mencicipi mie ongklok yang ikonik ini. Kalau berencana ke sini, sebaiknya jangan terlalu malam. Karena jam 8 malam biasanya mie ongkloknya sudah habis.

Mie Ongklok dan Sate "Pak Muhadi"
Jalan A. Yani No. 1 Wonosobo
Telp: 082314300500




(lus/odi)