RM. Betawi: Kagak Ada Duanye! Kepala Ikan Kakap Kuah Asam Bikinan Pak Toha

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 24 Apr 2018 12:00 WIB
Foto: Dok. detikFood Foto: Dok. detikFood
Jakarta - Sajian Betawi di daerah Tangerang Selatan ini unik bumbunya. Kepala ikan kakap yang diracik dengan kuah asam pedas yang sederhana dan nikmat. Kagak ada duanye!

Rumah makan Betawi di kawasan Tangerang Selatan ini punya racikan menu yang agak beda. Bisa jadi karena pengaruh kuliner Sunda, racikan bumbunya dominan pedas segar.

RM. Betawi: Kagak Ada Duanye! Kepala Ikan Kakap Kuah Asam Bikinan Pak TohaAneka menu khas rumahan Betawi yang sedap di rumah makan Betawi. Foto: Dok. detikFood

Di rumah makan Betawi ini Anda bisa mencicip berbagai menu dan lauk khas Betawi. Seperti ikan pesmol, jengkol balado, sayur besan, sayur asem, ikan asin, ayam goreng, gabus pucung hingga aneka lalapan dan sambal.

Lokasinya ada di jalan Bhayangkara Raya, Paku Jaya, Tangerang Selatan. Buka sejak pukul 09.30 pagi hingga habis, Anda bisa mampir untuk makan siang enak dengan harga terjangkau. Menu gaya rumahan Betawi jadi ciri khas warung yang sederhana ini.

RM. Betawi: Kagak Ada Duanye! Kepala Ikan Kakap Kuah Asam Bikinan Pak TohaKepala ikan kakap dengan kuah asem-asem pedas yang nikmat. Foto: Dok. detikFood

Salah satu yang menjadi menu andalannya adalah Kepala Ikan Kakap (45.000). Kepala ikan kakap berukuran besar yang dibelah membujur menjadi dua dan disajikan per sebelah potongannya.

Digenangi kuah bening kekuningan dengan potongan daun bawang dan bawang goreng di permukaannya. Aromanya asam segar. Tidak menggunakan santan. Jadi selintas mirip asam padeh khas Minang.

Kuahnya membawa jejak kuat rasa kunyit plus kemiri yang ringan dengan sensasi rasa asam dan pedas karena ditambahkan irisan cabai. Asam segar yang seimbang ini bikin masakan sederhana ini terasa sungguh keren.

Slurp! Kuahnya memang benar-benar terasa segar. Di beberapa bagian kepala ikan kakap juga dagingnya tampak tebal dengan tekstur lembut namun kokoh padat. Makin asyik menikmati selipan daging plus lemak yang ada di antara tulang kepala ikan kakap.

Sop iga hangat dengan paduan daging dan tetelan yang nikmat.Sop iga hangat dengan paduan daging dan tetelan yang nikmat. Foto: Dok. detikFood

Selain kepala ikan kakap, Anda wajib mencicipi Sop Iga (Rp 20.000) khas Betawi. Dibumbui minimalis dan dimasak perlahan hingga yang terasa hanya rasa kaldu daging yang kuat.

Tak perlu menunggu lama, semangkuk sop dengan potongan iga dan daging menguatkan aroma sedap. Isiannya berupa kentang dan juga wortel.

Begini penampakan sop iga dengan tetelan saat masih berada di panci.Begini penampakan sop iga dengan tetelan saat masih berada di panci. Foto: Dok. detikFood

Dagingnya sangat empuk sampai hampir terpisah dengan tulang iganya. Demikian juga dengan gumpalan lemaknya. Kuahnya pun segar dan gurih enak. Cocok dinikmati dengan nasi hangat, sambal dan juga rempeyek udang yang renyah (Rp 5.000).

Sambal juara yang sedap nikmati dengan sop ataupun sekedar nasi hangat, ikan asin dan lalapan.Sambal juara yang sedap nikmati dengan sop ataupun sekedar nasi hangat, ikan asin dan lalapan. Foto: Dok. detikFood

Kalau mau lengkap, sebaiknya datang jangan kesiangan ya. Sudah berdiri sejak 9 tahun lalu, rumah makan Betawi milik Pak Toha ini masih jadi buruan pecinta makanan rumahan. Karena makan di sini terasa bagai makan di rumah encang dan encing. Sederhana tapi nikmat!

RM. Betawi
Jalan Bhayangkara RT. 01/01
Paku Jaya, Serpong
Tangerang Selatan

(dvs/odi)