Bebek Kartika: Sedap! Nasi Hangat Berpadu Bebek Penyet Kemangi yang Pedas Menonjok

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 20 Feb 2018 17:15 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Aneka olahan begor sedap dan murah meriah ada di Bebek Kartika. Andalannya bebek penyet dengan limpahan sambal kemangi yang pedas harum.

Di kawasan Kebagusan, kami mendengar ada rumah makan bebek goreng enak. Lokasinya harus melewati jalan-jalan kecil namun tak sulit ditemui berbekal peta online.

Rumah makan ini bernama Bebek Kartika. Bangunannya sederhana, hanya bisa menampung belasan pengunjung. Semua menunya diolah langsung di dapur yang ada di bagian belakang.

Bebek Kartika: Sedap! Nasi Hangat Berpadu Bebek Penyet Kemangi yang Pedas MenonjokFoto: dok. detikFood

Mengintip daftar menunya, Bebek Kartika menyediakan bebek goreng, bebek bakar, bebek asam manis, ayam goreng, lele penyet, sop ikan, cah kangkung hingga otak-otak goreng. Semuanya dibanderol terjangkau yaitu mulai dari Rp 11.000 hingga Rp 27.000.

Kami tak melewatkan Bebek Penyet Kemangi (Rp 25.000) yang jadi andalan rumah makan. Nampak nasi hangat disajikan bersama bebek goreng yang sudah dipenyet. Di atasnya diberi lembaran daun kemangi dan limpahan sambal rawit.

Bebek Kartika: Sedap! Nasi Hangat Berpadu Bebek Penyet Kemangi yang Pedas MenonjokFoto: dok. detikFood

Ada juga pelengkap sedikit lalapan dan kuah kuning mirip kuah gulai Minang yang disiram di atas nasi. Nyamm! Nasi putih hangat rupanya jadi lebih gurih dengan tambahan gulai ini. Agaknya ini kuah bumbu ungkepan bebek.

Bebek paha yang kami pesan berukuran lumayan besar. Digoreng garing sehingga kulit bebek terasa renyah namun masih agak kenyal. Daging bebeknya lembut dan lumayan empuk.

Saat dicocol ke sambal rawit, barulah terasa nikmat. Huahhh! Pedasnya sambal rawit lumayan menonjok sehingga membangkitkan selera makan. Tambahan daun kemangi memberi aksen segar aromatik. Bagi kami rasanya berpadu baik dengan sambal rawit.

Bebek Kartika: Sedap! Nasi Hangat Berpadu Bebek Penyet Kemangi yang Pedas MenonjokFoto: dok. detikFood

Lele Kremes (Rp 13.000) tak kami lewatkan. Seekor lele goreng ditaburi limpahan kremesan. Pendampingnya sambal yang sama dengan sambal bebek goreng.

Nyamm! Daging ikan lelenya terasa empuk dan lembut. Sayangnya kami penggemar lele renyah sehingga mengharapkan lele digoreng sedikit lebih lama agar lebih garing. Meski begitu, sajian ini juga terasa cocok di lidah kami.

Uniknya kremesan lele tak terlalu garing. Teksturnya lebih padat dan lembap. Sangat pas begitu disuap bersamaan dengan nasi.

Bebek Kartika: Sedap! Nasi Hangat Berpadu Bebek Penyet Kemangi yang Pedas MenonjokFoto: dok. detikFood

Ingin sajian berkuah, kami langsung mencicip Sop Tuna (Rp 14.000). Dua potong ikan tuna lumayan besar berendam dalam kaldu bening.

Tuna nampaknya sudah dibalut bumbu kuning sebelum dipadukan kuah sop yang gurih. Nampak ada cincangan bawang putih dan lembaran daun kemangi yang segar di dalamnya. Mantapp!

Nah, penggemar begor bisa mampir ke Bebek Kartika kalau melintas di Kebagusan. Datanglah dalam keadaan lapar agar makan jadi lebih puas dan lahap. Selamat mencoba!

Bebek Kartika
Jalan Kebagusan I Nomor 13
Cilandak, Jakarta Selatan
Telepon: 0838 77821000



(adr/odi)