Warung Mak Dower : Pecak Bandeng Sampe Sayur Asem Betawi Ade di Sini!

Devi Setya - detikFood Kamis, 08 Feb 2018 12:40 WIB
Foto: Devi S. Lestari / detikFood Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Jakarta - Meskipun di Jakarta, tidak banyak rumah makan yang menawarkan menu Betawi autentik. Tapi di Warung Mak Dower, segala makanan Betawi bisa dinikmati.

Tidak banyak kuliner menarik di kawasan Rawamangun, namun ada satu yang menyita perhatian. Warung Mak Dower yang ada persis di pinggir Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur.

Tidak berlebihan jika menyebut warung ini sekelas semi restoran karena area parkir maupun area makannya cukup luas. Kami melihat desain khas rumah Betawi di warung ini lengkap dengan beberapa aksesoris pajangannya. Ada jendela kayu, ceret enamel hingga lampu minyak jadul.
Warung Mak Dower : Pecak Bandeng Sampe Sayur Asem Betawi Ade di Sini!Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Baca juga : Nyaris Punah, 6 Makanan Khas Betawi Ini Semakin Jarang Ditemukan

Soal makanan, di warung ini ada deretan makanan rumahan bercita rasa Betawi. Dari puluhan menu yang ada, kami mencoba memilih Pecak Bandeng (Rp 50.000), Sayur Asem Demplon (Rp 13.000) dan Ayam Nampol (Rp 20.000). Tak lupa seporsi lalap dan sambal khasnya. Menurut sang pramusaji, semua ini adalah menu paling favorit dan wajib dicicip.

Tak butuh waktu lama untuk menunggu, seporsi pecak bandeng langsung tiba di hadapan kami. Pecak bandeng ini adalah olahan ikan bandeng yang dibelah dua dan dimasak dengan panci bertekanan hingga empuk kemudian digoreng garing. Penyajiannya diguyur kuah pecak dan irisan bawang merah yang melimpah.
Warung Mak Dower : Pecak Bandeng Sampe Sayur Asem Betawi Ade di Sini!Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Ikan bandeng berdaging lembut namun garing ini terasa asam segar karena dimakan bersama kuah pecaknya. Ya, rasa asam segar mendominasi rasa kuah diselingi aroma dan rasa bawang merah segar. Enak, apalagi disantap bersama nasi putih.

Awalnya kami kira rasa asam berasal dari belimbing wuluh dan jeruk limau. Tapi usut punya usut, rasa asam dominan ini berasal dari buah asam jawa yang sudah tua dan diberi campuran jeruk limo. Mata langsung segar saat makan pecak ini.
Warung Mak Dower : Pecak Bandeng Sampe Sayur Asem Betawi Ade di Sini!Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Ayam nampolnya tak kalah menggoda. Sepotong ayam goreng disajikan dengan sambal goreng yang berlimpah. Menu yang satu ini tak berbeda jauh dengan ayam goreng pedas pada umumnya. Namun bagi penyuka pedas, wajib mencoba.

Sambalnya bukan hanya banyak tapi pedas menyengat. Disantap bersama nasi putih hangat pastilah bikin selera makan makin meningkat disertai kucuran keringat.
Warung Mak Dower : Pecak Bandeng Sampe Sayur Asem Betawi Ade di Sini!Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Jodoh paling ideal saat makan hidangan betawi adalah sayur asem. Perbedaan mencolok saat makan sayur asem Betawi dan Sunda terletak pada rasa kuahnya. Di sini sayur asemnya 'Betawi banget' karena dominan rasa asam pedas dan segar.

Baca juga : Kangen Makanan Betawi? Nikmati Nasi Uduk hingga Sayur Besan di Sini

Kuahnya sedikit keruh tetapi bening kecoklatan, sayur asem ini semakin mantap dimakan bersama isiannya. Beberapa sayuran khasnya antara lain labu siam, nangka muda, kacang panjang, jagung dan melinjo. Semuanya terasa segar dan dimasak dengan tingkat kematangan yang pas.

Oiya, jika memesan seporsi sayur asem maka Anda bisa mengambilnya sendiri dari panci besar yang diletakkan di dekat kasir.

Jangan lupa dengan lalapannya. Dalam piring berisi sayuran rebus antara lain kangkung, daun pepaya, kacang panjang, labu muda dan mentimun segar. Menu pelengkap ini makin nikmat dimakan dengan cocolan sambal terasi yang pedas beraroma.
Warung Mak Dower : Pecak Bandeng Sampe Sayur Asem Betawi Ade di Sini!Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Sebagai penawar pedas, kami memesan segelas es teh manis (Rp 5.000). Uniknya, beberapa makanan dan minuman di warung ini disajikan menggunakan piranti makan enamel yang jadul.

Di warung ini juga bisa mencicip menu Betawi lainnya seperti tulang jambal, gabus pucung hingga tutut berkuah pedas. Sayangnya saat musim hujan seperti ini, menu tutut ditiadakan karena sulitnya mendapatkan tutut segar.

Pengen makan makanan Betawi? Nyok ke Warung Mak Dower! Warung ini buka pukul 09.00 hingga pukul 20.30 WIB.

Warung Mak Dower
Jl. Pemuda No. 72 Rawamangun
Jakarta Timur
Telepon : (021) 22868623
Jam buka : 09.00-20.30 WIB



(dvs/odi)