Bakso Baper Miss Judes : Di Sini Ada Bakso Iga dan Bakso Penyet yang Pedasnya Nendang

Devi Setya - detikFood Kamis, 11 Jan 2018 16:00 WIB
Foto: Devi S. Lestari / detikFood Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Jakarta - Sulit rasanya menolak semangkuk bakso berkuah kaldu gurih sedap. Tapi dijamin akan lebih sulit lagi jika disuguhi bakso penyet dengan limpahan sambal.

Bagi pencinta bakso dan juga pencinta kuliner pedas, warung bakso di bilangan Cinere, Gandul, Depok ini bisa jadi alternatif destinasi kuliner. Warung bakso yang mengusung nama Bakso Baper Miss Judes ini siap memuaskan selera Anda.

Tertarik dengan ragam pilihan bakso yang bervariasi, detikFood tergelitik penasaran dengan sensasi rasa bakso yang tengah viral di media sosial ini. Akhirnya kami sambangi warung bakso ini (10/1). Bagaimana experiencenya?

Terletak di pinggir jalan Pangkalan Jati I, warung ini cukup nyentrik dengan sebuah banner besar serta gerobak bakso seperti pada umumnya. Areanya cukup luas, setidaknya mampu menampung hingga 80 pengunjung.
Bakso Baper Miss Judes : Menikmati Bakso Iga Hingga Bakso Penyet yang Pedasnya NendangFoto: Devi S. Lestari / detikFood

Begitu melirik daftar menu, benar saja ada 28 varian menu bakso dan tujuh varian menu mie ayam. Hmm... selera semakin tergoda karena di area warung tercium aroma kaldu yang menyeruak dari panci.

Tak sabar, langsung saja kami memesan bakso yang jadi menu andalan yakni Bakso Iga Baper (Rp 35.000), Bakso Mangkuk Baper (Rp 25.000) dan Bakso Judes Penyet (Rp 23.000).

Semangkuk Bakso Iga Baper tersaji dengan potongan tulang iga yang cukup besar. Daging iga yang masih melekat pada tulang dibalut dengan adonan bakso urat kemudian direbus hingga matang.
Bakso Baper Miss Judes : Menikmati Bakso Iga Hingga Bakso Penyet yang Pedasnya NendangFoto: Devi S. Lestari / detikFood

Bakso ini disajikan bersama pelengkap mie kuning, bihun dan sayuran. Juga disertai alat makan berupa pisau yang bisa digunakan untuk memotong bakso dan daging iganya.

Sebelum mencicipi bakso ini, kami lebih dulu menyesap kuah kaldunya yang didominasi rasa gurih lezat, tercecap juga rasa lada yang cukup kuat. Sementara baksonya bertekstur empuk kenyal dan berurat. Meskipun termasuk bakso urat, tapi mengunyahnya tidak perlu narik urat. Makin enak lagi jika dilengkapi dengan saus, sambal dan kecap manis.

Selanjutnya ada Bakso Mangkuk Baper yang tersaji dengan ukuran jumbo. Dengan teknik khusus, adonan bakso dibuat menyerupai bentuk mangkuk. Baru didalam rongga bakso ini diselipkan mie dan berbagai pelengkap. Bakso kecil dan beberapa potong sum-sum juga menambah nikmat.

Jika bakso iga masuk dalam jenis bakso urat maka bakso mangkuk ini dibuat menggunakan adonan bakso halus. Teksturnya jauh lebih lembut dan empuk. Titik kenikmatannya adalah sum-sum tulang sapi yang turut disajikan. Lembut gurih sum-sum ini terasa pecah dimulut, dan paling enak dimakan bareng kuah kaldunya yang hangat. Nikmat!

Terakhir sekaligus yang paling menarik perhatian pencinta makanan pedas yakni Bakso Judes Penyet. Ada level 1 sampai 6 tingkat kepedasan yang bisa dipilih untuk sambalnya. Kami memesan level 2.
Bakso Baper Miss Judes : Menikmati Bakso Iga Hingga Bakso Penyet yang Pedasnya NendangFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Bakso penyet diolah dengan cara digoreng dalam minyak panas dan banyak. Lalu disajikan bersama sambal rawit yang super pedas. Kuah kaldu, mie dan berbagai pelengkapnya disajikan dalam mangkuk terpisah.

Penasaran dengan rasanya? Sambal dengan level dua saja sudah cukup membuat keringat kami mengucur deras. Pedasnya nendang dan nyelekit di lidah karena yang digunakan hanyalah jenis cabai rawit merah tanpa campuran jenis cabai lainnya.

Pedasnya sambal ini dijamin bikin mata kembali melek usai menyantapnya.

Tekstur bakso gorengnya renyah namun masih terasa sedikit lembut di dalam. Jika tidak terlalu suka bakso yang garing, Anda bisa request pada pelayannya.
Bakso Baper Miss Judes : Menikmati Bakso Iga Hingga Bakso Penyet yang Pedasnya NendangFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Selain menu bakso andalan ini, Anda juga bisa memesan varian bakso lain seperti bakso beranak, bakso daging cincang, bakso keju mozarella, bakso telur, bakso kerikil hingga bakso penyet ijo.

Harga yang dibanderol sangat bervarian mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 45.000. Tertantang mencicip pedasnya?



Bakso Baper Miss Judes
Jl. Pangkalan Jati I no. 15
Cinere Gandul, Depok
Telepon (021) 7507857
Jam buka 10.00-23.00 WIB

(dvs/odi)