Kong Djie Coffee: Bernostalgia dengan Kopi Susu dan Semangkuk Mie Ayam Khas Belitung

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 23 Okt 2017 09:48 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Selain di tempat aslinya, Anda bisa mencicip kopi susu enak khas Belitung di sini. Ada juga mie ayam kampung dengan ragam topping gurih yang cocok untuk makan siang.

Siapa yang tak kenal Kong Djie Coffee. Di daerah asalnya, Belitung, kedai kopi ini sudah berdiri sejak tahun 1943. Akan tetapi bagi Anda yang bertempat tinggal di Jakarta dan Tangerang bisa mencoba cabang gerai Kong Djie di Pasar Modern BSD.

Sudah buka sejak beberapa bulan lalu, cabang Kong Djie yang ada di BSD ini dikelola oleh adik ipar pemiliknya. Sehingga bahan baku pembuatan kopi, semua langsung mengikuti standar kedai di Belitung.

Baca juga: Bakmi Ayau: Selain Bakmi Kepiting di Sini Juga Ada Bakmi Daging yang Gurih Sedap

Kong Djie Coffee: Bernostalgia dengan Kopi Susu dan Semangkuk Mie Ayam Khas BelitungFoto: dok. detikFood

Tak akan melewatkan kopi susunya, kami pun mencoba kopi susu hangat (Rp 15.000) khas Belitung. "Di Belitung sendiri belum memiliki perkebunan kopi. Sehingga kopi yang kita buat dipasok dari Jawa dan Sumatera (Lampung) dan dicampur dengan jenis Robusta dan Arabika," jelas sang barista.

Kopi yang sudah diseduh dengan air panas dan disaring, dipadukan dengan susu kental manis dan diaduk rata. Sluurp! Rasa kopinya tidak terlalu kuat dengan sensasi rasa pahit normal dengan paduan manis dari susu.

Kong Djie Coffee: Bernostalgia dengan Kopi Susu dan Semangkuk Mie Ayam Khas BelitungFoto: dok. detikFood

Selain kopi, Anda juga bisa memesan es teh tarik (Rp 18.000). Tak melihat proses pembuatan teh tarik, ternyata di sini teh tariknya sudah diseduh dalam jumlah banyak sehingga cukup ditambahkan dengan es batu ketika dipesan.

Rasanya tidak terlalu manis dengan rasa susu yang ringan. Sehingga cocok dinikmati sebagai teman ngemil atau mencicip makanan berat. Kalau pas ke sini sedang lapar berat, cobalah pesan mie ayam kampung Belitung (Rp 25.000). Tidak seperti mie ayam pada umumnya yang berwarna kecokelatan, mie ayam asal Belitung ini justru warnanya agak pucat.

Kong Djie Coffee: Bernostalgia dengan Kopi Susu dan Semangkuk Mie Ayam Khas BelitungFoto: dok. detikFood

Tekstur mienya lembut kenyal dengan rasa yang enak. Toppingnya berupa potongan daging ayam, otak-otak, bakso sapi dan kerupuk pangsit. Mienya kenyal dengan tampilan yang agak tipis, disajikan secara apik dalam mengkuk plus selembar daun seledri. Ragam topping juga disajikan bersama irisan daun bawang dan semangkuk kaldu bening dan acar sebagai pelengkap makan mie.

Disiram dengan kuah, tekstur mie terasa lembut dan lentur. Agaknya, mie dibuat segar dan rasanya gurih. Cincangan daging ayam yang gurih tidak sama sekali diberi kecap. Hanya paduan bawang putih, sedikit jahe dengan jejak lada yang ringan. Ditambah dengan beberapa irisan otak-otak yang kenyal dengan bakso sapi empuk berpadu kerupuk pangsit mini yang renyah.

Makin enak, diberi tambahan sambal rawit merah yang menggigit. Rasanya asin dan gurih, tapi jika kurang manis, Anda bisa menambahkan sedikit kecap agar rasanya makin seimbang. Juara!

Tutup makan siang dengan dessert pisang goreng hangat yang enak. Walaupun terkenal berasal dari Pontianak, akan tetapi pisang goreng sarikaya di sini wajib Anda coba. Seporsi pisang goreng kaya (Rp 12.000) cocok menemani secangkir kopi siang ini.

Kong Djie Coffee: Bernostalgia dengan Kopi Susu dan Semangkuk Mie Ayam Khas BelitungFoto: dok. detikFood

Tiga potong pisang kepok yang dilapisi dengan tepung tersaji panas mengepul. Agaknya pisang digoreng sesaat setelah dipesan. Rasanya manis dengan tekstur padat. Makin enak disantap bersama dengan cocolan selai sarikaya yang legit. Nyam!

Kalau ada rencana berbelanja ke Pasar Modern BSD, Anda bisa bersantai menikmati makanan enak sambil minum kopi susu. Yuk, mampir!

Kong Djie Coffee
Jl. Letnan Sutopo, Blok R No. 23
Pasar Modern BSD City
Tangerang Selatan

Baca juga: Sudah Ada Sejak 1927, Ini Es Kopi Susu Legendaris di Jakarta!

(adr/odi)
Load Komentar ...