Balibul: Sedap! Ayam Bakar Dicocol Sambal dan Petai Goreng

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 27 Sep 2017 12:02 WIB
Foto: Lusiana Mustinda/detikFood Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
Jakarta - Ayam bakar dengan paduan bumbu kecap makin mantap. Ditambah dengan nasi hangat, sambal terasi dan petai goreng sangatlah luar biasa!

Melewati kawasan Pondok Ranji, Tangerang Selatan ada sebuah kedai yang menjual ayam bakar enak. Dulunya, Ayam Bakar Balibul berjualan di tenda dan buka hanya saat malam hari. "Sudah 2 bulan menempati ruko ini jadi bukanya lebih awal jam 2 siang sudah siap," tutur ibu penjual.

Baca juga: Ayam Bakar Kambal: Mantap Enak Ayam Bakar Berbumbu Manis Gurih

Suasana tempat makan di kedai Ayam Bakar Balibul.Suasana tempat makan di kedai Ayam Bakar Balibul. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood


Tak hanya buka lebih awal, menunya juga bertambah. Ada ayam bakar, ayam goreng, lele goreng, sayur asem, ati ampela, tahu tempe dan sayur asem. Datang ke kedainya, kepulan asap dari hasil bakaran ayam tercium sedap. Proses pembakaran ada di bagian depan.

Aromanya gurih enak! Ayam bakar dengan olesan bumbu enak dan sambal kecap.Aromanya gurih enak! Ayam bakar dengan olesan bumbu enak dan sambal kecap. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Potongan ayam negeri yang berukuran sedangpun sudah diungkep dengan bumbu dan diolesi juga dengan bumbu rempah plus bumbu kecap. Bumbu kecapnya terlihat meresap sempurna. Sepotong ayam bakar (Rp 14.000) disajikan dengan sambal dan lalapan yang terdiri dari selada, mentimun serta daun pohpohan.

Ayam bakar dengan paduan lalapan dan sambal.Ayam bakar Balibul dengan paduan lalapan dan sambal. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Anda bisa memilih nasinya, ada nasi putih biasa dan juga uduk. Daging ayamnya terasa juicy dan matang sempurna. Bumbu olesannya cukup tebal dengan rasa gurih dan manis yang cocok dipadu dengan sambal pedasnya. Cocol sambal pedasnya dengan petai goreng yang renyah enak.

Petai goreng dan sate kulit ayam bakar yang maknyus.Petai goreng dan sate kulit ayam bakar yang maknyus. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Masih penasaran dengan sate kulitnya? 3 tusuk sate kulit dibakar hingga matang. Bagian luarnya kecokelatan dan teksturnya kenyal enak. Nyam!

Sayur asem yang segar makin enak dipadu dengan nasi dan ayam bakar balibul.Sayur asem yang segar makin enak dipadu dengan nasi dan ayam bakar balibul. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Nah, kalau ke sini jangan sampai melewatkan sayur asemnya (Rp 5.000). Semangkuk sayur asem berisi potongan labu siam, nangka, daun melinjo, melinjo, jagung manis, serta kacang panjang. Slurp! Rasanya gurih dengan paduan asam dan terasi yang seimbang. Apalagi ada aroma jengkol yang sedap seperti sayur asem bergaya Betawi lainnya.

Setelah puas menyantap semua hidangan. Seteko teh poci yang kental dan hangat dipadu dengan gula batu. Slurp! Aromanya wangi, pokoknya nasgitel yang berarti panas, legi dan kental!

Teh poci hangat.Teh poci hangat. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Sudah berjualan selama 17 tahun, sang penjual mengatakan, "Nama balibul hanya sekedar nama yang dulu kita kasih kepanjangan baru lima bulan. Memang namanya mirip warung sate kambing," Yuk, mampir untuk mencoba!

Ayam Bakar Balibul
Jl. Kp. Utan No. 39
Rengas, Ciputat
Tangerang Selatan

Baca juga: Bikin Sendiri Ayam Bakar Bumbu Rawit dan Ayam Bakar Madu yang Sedap


(lus/odi)
Load Komentar ...