Mie Rica Kejaksaan: Huahh! Sedapnya Sengatan Mie Pedas Topping Bakso Udang Goreng

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 09 Agu 2017 12:22 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Pencinta mie non-halal wajib mampir ke Mie Rica Kejaksaan saat ke Bandung. Ada mie baso sapi dan mie pedas udang goreng yang sedap untuk makan siang.

Mencari mie atau bakmi enak di Bandung? Mie Rica Kejaksaan di Jalan Kejaksaan bisa jadi pilihan. Rumah makan legendaris ini sudah berusia 32 tahun. Menu andalannya adalah mie rica atau mie pedas ber-topping daging babi. Tersedia dalam pilihan asin pedas atau manis pedas. Ada pula mie ayam dan mie udang sebagai pilihan.

Pada pilihan mie ayam, Anda bisa memilih bumbu yamin asin atau yamin manis. Pilihan mie-nya juga bisa diganti bihun. Sementara untuk mie udang, pilihannya hanya mie pedas udang goreng. Tetapi meski bertopping ayam dan udang, mie tetap mengandung babi karena menggunakan minyak babi.

Mie Rica Kejaksaan: Huahh! Sedapnya Sengatan Mie Pedas <i>Topping</i> Bakso Udang GorengBagian Depan Rumah Makan Mie Rica Kejaksaan (Foto: dok. detikFood)

Rumah makan Mie Rica Kejaksaan tak ubahnya rumah mungil yang bagian depannya diubah sebagai tempat bersantap. Ruangannya tak terlalu besar sehingga saat sedang banyak pengunjung, rumah makan terlihat ramai. Terlebih di jam makan siang, pegawai kantoran di sekitar Jalan Kejaksaan mampir bersantap di sini.

Mie Baso Sapi (Rp 32.000), Mie Pedas Udang Goreng (Rp 34.000) dan Bakso Udang Goreng (Rp 50.000) jadi menu santap siang kami. Nampak mie baso sapi menggugah selera dengan cincangan ayam berbumbu putih di atasnya. Sementara 3 butir bakso sapi disajikan terpisah dalam mangkuk kecil.

Jenis mie yang dipakai Mie Rica Kejaksaan mirip mie kuning. Teksturnya tebal dan gendut, bukan pipih layaknya mie ayam kebanyakan. Karena memesan yamin manis, bumbu kecap kecokelatan nampak menggenangi bawah mie baso sapi. Rasanya manis dengan paduan cincangan ayam gurih. Slurpp!

Mie Rica Kejaksaan: Huahh! Sedapnya Sengatan Mie Pedas <i>Topping</i> Bakso Udang GorengMie Baso Sapi di Mie Rica Kejaksaan (Foto: dok. detikFood)

Kami menyukai tekstur mie yang padat. Semakin enak saat dimakan dengan bakso sapi. Tesktur baksonya halus dengan rasa gurih daging yang enak. Kalau ingin pedas, Anda bisa menambahkan sambal yang tersedia di tiap meja.

Mie Pedas Udang Goreng lebih kering dibanding Mie Baso Sapi. Meski begitu, sajian ini tetap menyertakan semangkuk kaldu sebagai pendamping. Begitu mie diaduk terlihat sambal rawit menggenangi bagian bawah mie. Untuk toppingnya ada 5 butir bakso udang goreng dan butiran yupo atau sejenis lemak babi goreng.

Huahh! Nama mie pedas pada sajian ini rupanya tak main-main. Pedasnya mie sudah 'nonjok' meski belum ditambahkan sambal. Rasa gurihnya juga kuat mengimbangi pedas. Dijamin bikin makan siang makan semangat!Sementara itu butiran yupo (lemak babi goreng) terasa garing gurih mirip gajih goreng dan bakso udang gorengnya terasa empuk nikmat.

Mie Rica Kejaksaan: Huahh! Sedapnya Sengatan Mie Pedas <i>Topping</i> Bakso Udang GorengBakso Udang Goreng yang Puaskan Selera di Mie Rica Kejaksaan (Foto: dok. detikFood)

Bakso udang goreng pada mie pedas sepertinya versi mini dari Bakso Udang Goreng porsian yang kami pesan. Sepiring Bakso Udang Goreng berisi 10 butir. Nyamm! Bakso udang goreng ini rasanya juara! Adonan baksonya sedikit kenyal dengan potongan udang ukuran besar di dalamnya. Yang kami suka, komposisi udangnya lebih banyak dibanding adonan baksonya sehingga benar-benar puaskan selera.

Selain udang, bakso goreng ini juga dicampurkan irisan bawang goreng. Makin enak dicocol saus sambal pedas yang disediakan. Selain jadi camilan, bakso udang goreng juga cocok dijadikan topping mie yang Anda pesan.

Nah, kalau siang ini ada di Bandung, mampirlah ke Mie Rica Kejaksaan. Selain pusatnya di Jalan Kejaksaan, rumah makan membuka cabang di ruko Paskal Hyper Square.

Mie Rica Kejaksaan
Jl. Kejaksaan Nomor 7
Braga, Bandung
Nomor Telepon: 022 4231268
Buka: 08.00-14.00 dan 16.30-20.00

Paskal Hyper Square Shophouse B-72
Jalan Pasirkaliki No. 25-27
Telepon: 0222 86060671

(adr/odi)
Load Komentar ...