Republik Jengkol: Penggemar Jengkol, Di Sini Ada Jengkol Ikan Asin dan Lada Hitam yang Sedap!

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 24 Jul 2017 12:47 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Bagi penggemar jengkol, wajib datang ke sini. Ada banyak pilhan menu jengkol. Rasanya empuk dan tak beraroma tajam. Dijamin puas!

Rumah makan Republik Jengkol yang punya menu serba jengkol ini wajib Anda kunjungi. Memiliki dua cabang yang berada di Kramat Jati dan Ciracas, rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 2012.

Baca juga: Siapa Gemar Makan Jengkol? Ini Pesan Dokter Agar Tak Kejengkolan

Kalau mampir ke sini, Anda bisa memilih menu jengkol yang diolah menjadi tongseng, soto Betawi, sambal ijo, balado, rendang, ikan asin, pasta, nasi goreng hingga lada hitam.

Republik Jengkol: Penggemar Jengkol, Di Sini Ada Jengkol Ikan Asin dan Lada Hitam yang Sedap!Suasana Rumah Makan Republik Jengkol (Foto: Fatoni/dok. detikFood)

Melalui layanan antar makanan online, kami memesan balado jengkol, jengkol lada hitam, jengkol ikan asin dan jengkol sambal ijo. Semuanya dibandrol dengan harga Rp 26.000 perporsi. Jengkol dikemas dalam wadah plastik yang rapih sehingga tak khawatir tumpah dan mudah dibawa.

Memiliki tagline 'Tetap Nikmat Tanpa Bau', Republik Jengkol memang punya standar khusus dalam memasak jengkolnya. Fatoni, yang merupakan Presiden Republik Jengkol ini mengatakan, ada 3 acuan dalam memilih jengkol. Pertama yang ia utamakan adalah jengkol asal Jepara dan yang kedua adalah Sulawesi dan Bandar Jaya Lampung yang ketiga.

"Agar rasanya enak dan tak berbau, pilihlah jengkol berbentuk bulat, bergelembung dan beratnya maksimal. Karena kalau besar tapi gepeng, rasanya akan ada pahit-pahitnya," jelas Fatoni kepada detikFood (21/07).

Republik Jengkol: Penggemar Jengkol, Di Sini Ada Jengkol Ikan Asin dan Lada Hitam yang Sedap!Deretan Menu Serba Jengkol di Republik Jengkol (Foto: dok. detikFood)

Fatoni membuka rumah makan serba jengkol ini bukan tanpa alasan. "Alasan bikin warung jengkol intinya simple. Saya tadinya antipati jengkol tapi istri doyan banget. Dia makan ngumpet-ngumpet tapi tetep aja baunya gak bisa diumpetin. Dari kecil saya suka sekali masak dan mengenal beberapa jenis rempah yang saya ketahui bisa menghilangkan aroma jika digabung," ungkapnya kepada detikFood.

Jengkol balado memiliki tampilan yang sangat menggugah selera. Racikan sambalnya berwarna kemerahan dengan paduan cabai merah, bawang merah dna bawang putih.

Sedangkan jengkol sambal ijo memiliki rasa yang tak terlalu pedas dengan tampilan lumuran sambal ijo dengan jejak minyak yang cukup terlihat. Hmm, aromanya mantap!

Republik Jengkol: Penggemar Jengkol, Di Sini Ada Jengkol Ikan Asin dan Lada Hitam yang Sedap!Jengkol Cabai Hijau Racikan Republik Jengkol (Foto: dok. detikFood)


Baca juga: Sedap! Ini 4 Tempat Makan Jengkol yamg Enak di Kawasan Jakarta Timur

Selain dua jenis jengkol tersebut, kami sangat menyukai jengkol dengan racikan bumbu lada hitam dan ikan asin.

Untuk jengkol lada hitam, jengkol yang empuk dimasak dengan tumisan bawang putih, bawang bombay, potongan cabai rawit dengan sedikit daun bawang. Hmm, tak terjejak rasa pahit sama sekali. Dipadu dengan nasi hangat tentu semakin gurih enak.

Jengkol lada hitam ini menjadi salah satu menu yang jadi andalan banyak pelanggan dan mungkin hanya bisa ditemui di Republik Jengkol.

Republik Jengkol: Penggemar Jengkol, Di Sini Ada Jengkol Ikan Asin dan Lada Hitam yang Sedap!Jengkol Lada Hitam yang Jadi Favorit Pengunjung Republik Jengkol (Foto: dok. detikFood)

Kalau suka dengan perpaduan rasa gurih dan pedas, Anda bisa mencicip jengkol ikan asin. Bumbu dasarnya menggunakan perpaduan rempah dan sambal ijo yang tak terlalu pedas. Semakin sedap dipadu dengan ikan asin jambal roti yang dipotong kecil-kecil. Daripada di makan hanya dengan jengkol, menu yang satu ini lebih cocok dinikmati bersama dengan nasi hangat sehingga rasa gurihnya seimbang tak terlalu asin.

Secara umum, jengkolnya sangat empuk. Ini dikarenakan jengkolnya sudah direndam semalaman dan dimasak dengan panci bertekanan hingga 1 jam (untuk kapasitas panci presto berkapasitas 7 Kg). Perendaman ini berguna untuk membantu pengelupasan kulit jengkol sehingga sudah bersih ketika dimasak.

Dalam sehari, Republik Jengkol bisa menghabiskan sekitar 60 Kg untuk dua cabang rumah makannya.

Republik Jengkol: Penggemar Jengkol, Di Sini Ada Jengkol Ikan Asin dan Lada Hitam yang Sedap!Sehari Republik Jengkol Bisa Menghabiskan 60 Kg Jengkol (Foto: dok. detikFood)

"Kalau yang datang ke sini memang lebih banyak pecinta Jengkol. Tapi sekarang anak sekolah juga sudah gak malu makan jengkol. Pernah juga di cabang Kramat Jati, ada bule dari Australia yang Isterinya orang sini. Karena liat di YouTube, pas dia ke Indonesia mampir kesini dan diakui enak jengkolnya. Karena selama makan jengkol di luar negeri kan bentuknya beku, tidak segar. Sehingga rasanya kurang enak," pungkas pria lulusan seni lukis ini.

Nah, kalau Anda salah satu penggemar jengkol langsung saja mampir ke rumah makan Republik Jengkol. Selamat pesta jengkol!

Republik Jengkol
Jl. Kerja Bakti No. 16
Kramat Jati, Jakarta Timur
Buka: 11.00-22.00

Republik Jengkol Ciracas
Jl. Raya Bogor KM.24 No. 27
Jakarta Timur, DKI Jakarta
Telp: 08118009008

(adr/odi)