ADVERTISEMENT

Kedungsari: Sedapnya Ayam Kalasan Lembut dengan Iringan Jus Kopyor Durian

Maya Safira - detikFood
Rabu, 31 Agu 2016 15:40 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Ayam kalasan dan lalapan jadi jodohnya nasi hangat. Makin lengkap saat ditemani segelas es kopyor durian. Semuanya bisa dinikmati di sini!

Kopyor jadi olahan jus favorit kami. Jus segar bercitarasa semburat kelapa dengan tekstur daging padat sedikit kasar ini jadi paduan sangat enak.

Salah satu tempat tersohor untuk menikmatinya adalah "Ice Juice Kedungsari". Di sini ada beragam varian olahan jus kopyor. Ada yang dipadukan dengan duren hingga alpukat.

Gerai asal Surabaya itu sekarang makin mudah ditemui. Karena ada di food court beberapa mal besar. Namun rumah makannya bisa ditemui di Kebon Jeruk.

Kami pun tak melewatkan Ice Juice Kedungsari saat sedang di kawasan Jakarta Barat. Apalagi letaknya mudah ditemui, bersebelahan dengan kantor sebuah stasiun TV swasta.

Bagian depan restoran terlihat sederhana dan gelap karena memakai pintu kaca nuansa hitam. Sebuah plang besar kuning bertuliskan "Ice Juice Kedungsari Asli Surabaya" jadi penandanya.

Meski berlantai dua, ukuran rumah makan tak terlalu luas. Di lantai satu hanya ada dua jejeran tempat makan. Tampilannya pun cukup sederhana dengan bangku dan meja berwarna kehijauan.



Meski begitu, terlihat pengunjung terus berdatangan silih berganti. Bahkan terkadang perlu menunggu meja kembali kosong. Beberapa driver ojek online juga nampak memesankan jus di tempat ini.

Setelah memilih tempat duduk, seorang pramusaji memberi kami daftar menu. Untuk jusnya ada olahan kopyor, durian, alpukat, jeruk, belimbing, strawberry, wortel dan lainnya. Rasa-rasa tertentu punya pilihan gelas medium atau jumbo.

Tidak hanya minuman, Kedungsari juga menawarkan aneka hidangan utama. Termasuk paket ayam kalasan, empal, bakmoy, asem-asem, rawon, nasi rames, pecel maupun lodeh.

Karena perut sudah minta diisi, kami memesan Paket Kalasan Hemat (Rp 35.000) dengan tambahan Empal Goreng (Rp 25.000). Memang ada banyak paket ayam kalasan. Misalnya diberi tahu tempe bacem ataupun sayur asem.

Sepiring paket kalasan berisi ayam goreng kalasan, lalapan dan sambal. Ayam goreng khas desa Kalasan, Jawa Tengah ini tampak kecokelatan mengkilap dan sedikit berminyak. Pemakaian jenis ayam jantan membuat ukurannya tidak terlalu besar.




Ayam Kalasan terasa manis gurih dan enak. Paduan bawang, gula merah dan air kelapa cukup tercecap. Bumbunya juga meresap hingga ke serat daging.

Meski kami memilih jenis dada, tekstur daging tidak terasa kesat. Mudah dipotong dan begitu empuk. Rupanya ayam diungkep dan dimasak dengan api kecil sehingga bumbu meresap sempurna.

Apalagi saat dicocol dengan sambal bajak yang berwarna kemerahan. Sambal goreng ini pedasnya tidak begitu menonjok. Terasa juga jejak terasi dan sedikit tomat. Bagi kami yang tak biasa makan pedas pun rasa sambal cocok di lidah.

Sajian semakin sempurna dinikmati dengan nasi hangat. Ditambah lalapan dari kol, daun kemangi, mentimun, daun selada serta tomat segar. Sedap!

Empal racikan rumah makan juga sukses menggoyang lidah. Sebanyak 3 potong empal disajikan secara sederhana dalam piring terpisah bersama lalapan dan sambal.



Tekstur empal ini ternyata begitu empuk lembut. Tidak ada kesulitan sama sekali dalam mengoyaknya. Sangat berbeda dengan empal keras yang terkadang kami temui di tempat makan lainnya.

Bumbu rempahnya juga sangat meresap. Gurih-gurih manis. Wah, kami langsung jatuh cinta dengan empal ini.

Di penghujung santapan, barulah kami menikmati primadona rumah makan. Berupa racikan jus kopyor andalan Kedungsari.

Kami memesan jus Kopyor Durian (Rp 35.000) dalam ukuran medium. Melihat menu, awalnya kami sempat bingung dengan tulisan Kopyor Durian dan Durian Kopyor. Ternyata nama pertama merujuk jus dasarnya. Jadi Kopyor Durian, misalnya, merupakan jus kopyor dengan topping durian.



Aroma menyengat durian langsung mampir ke hidung saat jus tiba di meja kami. Nampak satu gelas jus kopyor berwarna pink diberi topping daging durian kuning pucat dipermukaannya.

Jus dari daging kelapa kopyor yang diblender terasa manis agak gurih. Pemakaian sirup merah jadi salah satu kontributor rasa manis minuman. Jika kurang suka manis, bisa minta kurangi rasanya saat pemesanan.

Sementara itu, potongan kecil daging kopyor masih terasa. Bisa diambil dengan sendok kecil yang tersedia. Tekstur kopyornya lembut dan lumayan banyak.

Setumpuk daging durian yang jadi topping pun lembut dan cukup manis. Karena memakai durian Medan, jadi ada after taste sedikit pahit.

Ketika kopyor dan durian dicampur bersama, paduan rasanya unik. Manis, creamy dan segar. Tapi menurut kami saat diaduk rata, durian lebih mendominasi rasa dan tentunya aroma.

Gelas medium saja sudah terasa begitu mengenyangkan. Apalagi dinikmati setelah makan berat. Nampaknya untuk ukuran jumbo lebih cocok untuk diminum berdua.

Secara keseluruhan kami cukup puas dengan makanan dan jus kopyor buatan Kedungsari. Meski harga minuman di sini tak kalah bersaing dengan harga makanannya.

Tertarik mencoba? Yuk mampir!

Ice Juice Kedungsari
Jl. Raya Perjuangan
(Samping RCTI)
Kebon Jeruk
Jakarta Barat
Telp: 021-5362539
Jam buka: 10.00 - 20.00 (msa/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT