Eman 4 Sekawan: Gurih Enak Ikan Baronang Bakar Bumbu Kuning

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 06 Jun 2016 16:30 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Kalau mau berbuka puasa dengan olahan seafood enak, mampirlah ke sini. Ada ikan baronang bakar, cumi goreng tepung, juga udang saus Padang.

Ikan Bakar Eman 4 Sekawan sering jadi tujuan pencinta seafood di Depok untuk puaskan selera. Awalnya, rumah makan ini menempati bangunan tenda sederhana di salah satu sisi Jalan M. Yusuf di kawasan Depok II Tengah. Tak lama berselang, rumah makan pindah ke seberang. Menempati ruko dengan bangunan permanen yang lebih nyaman.

Deretan kendaraan pengunjung sering mengular di depan ruko. Pertanda rumah makan ini punya sajian seafood yang enak. Kamipun tergoda untuk mampir.



Di area luar, nampak area bakaran menebar asap tebal. Sesekali pegawai keluar masuk membawa seafood yang akan diolah. Di dalam ruko, jejeran bangku plastik dan meja kayu tersusun rapi.

Dari dinding rumah makan, kami mengetahui rumah makan ini rupanya milik komedian Eman yang tergabung dalam grup lawak Eman 4 Sekawan. Ada foto-foto dirinya bersama artis yang pernah mampir ke sini.

Eman 4 Sekawan menyediakan aneka olahan ikan, cumi, udang, dan kepiting. Khusus untuk ikan, ada pilihan kuwe, kerapu, kakap, bawal, baronang, kambing-kambing, kakap, dan bawal. Kami akhirnya memilih Ikan Bakar Baronang (Rp 65.000), Udang Saus Padang (Rp 45.000), Cumi Goreng Tepung (Rp 45.000), dan Cah Kangkung (Rp 20.000).

Ikan baronang berukuran lumayan besar. Ada titik-titik hitam bekas bakaran di permukaan ikan yang dibelah dua ini. Hmmm... Aroma gurih yang mampir ke hidung segera menerbitkan selera makan!



Daging ikan baronang terasa lembut dan tebal. Karena durinya jarang, kami asyik melahap ikan tanpa takut tersedak. Bumbu kuning ikan memberi rasa gurih enak dengan jejak rasa kemiri yang kuat. Sayang di beberapa bagian, ikan menjadi terasa asin karena terlalu banyak bumbu kuning.

Racikan udang saus Padang di sini terdiri dari 7 buah udang windu yang berendam dalam saus kemerahan. Udangnya dikupas bersih hingga hanya menyisakan daging dan buntut. Sementara saus Padangnya terasa asam manis. Kurang menyengat sebagai saus Padang.



Penyuka cumi bisa menikmati cumi goreng tepung yang sedap di sini. Potongan cuminya tebal dengan balutan tepung renyah. Gurih kenyal cumi berpadu enak dengan saus asam manis yang disajikan terpisah.



Cah kangkung kami pesan sebagai pelengkap. Terlihat irisan bawang putih dan cabai merah terselip di sela-sela kangkung. Kress! Kangkung berwarna hijau tua ini masih terasa segar. Balutan bumbu tauco yang gurih enak membuat kangkung terasa sedap.



Di sini juga menyediakan sambal kecap dan sambal merah terasi sebagai sambal utama. Kedua sambal ini enak dicocol dengan beragam seafood.

Kalau belum ada ide menu berbuka puasa sore ini, Ikan Bakar Eman 4 Sekawan bisa dicoba. Pastikan datang lebih awal agar kebagian tempat.

Ikan Bakar Eman 4 Sekawan
Jl. M. Yusuf (Alternatif Jl. Juanda)
Depok II Tengah
Telepon: 0818 06336339
Jam buka: 15.00-00.00 WIB
Khusus hari Sabtu dan Minggu, buka mulai 12.00 WIB (adr/odi)