Kedai Boboko: Sedapnya Nasi Timbel Plus Tumis Jambal Petai yang Renyah

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 30 Des 2015 17:46 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Sedang berada di Bandung? Tak afdol jika tak makan nasi timbel. Nasi timbel komplet sangat pas disantap dengan tumis ikan jambal plus petai yang gurih. Raos pisan!

Jika sedang berada di Dago, Anda bisa mampir ke jalan Ir. H. Djuanda untuk menikmati sajian Sunda. Walaupun baru pertama kali datang ke sini, tapi dengan panduan GPS kami sangat mudah menemukan kedai dengan tulisan Boboko berwarna merah dan patung berbentuk bakul nasi.

Restoran ini memiliki parkiran dan tempat makan yang cukup luas. Interiornya berkesan seperti restoran jaman dulu. Berbagai hiasan antik seperti angklung, cepot, kaleng kerupuk mini hingga rantang unik tersusun rapih di rak kayu yang menempel pada dinding.

Foto: detikFood

Di setiap dinding restoran ini ditempel bermacam-macam tulisan yang bermakna pesan baik hingga lelucon. Seperti tulisan 'cowo tuh jangan dikasih ati, dikasih dada ama paha aja mereka doyan'.

Tulisan-tulisan inilah yang menjadi salah satu perhatian pengunjung. Area santapnya cukup besar dengan jajaran meja berkaki besi berwarna putih dan kursi terjajar rapih.

Foto: detikFood

Kedai Boboko memiliki aneka sajian yang cukup lengkap. Ada Nasi Timbel, Ayam Goreng Serundeng, Cumi Bakar, Sate Usus, Soto Bandung, Tumisan Sayuran hingga Jengkol Goreng.

Karena perut sangat lapar, kami memesan Nasi Timbel Komplet (Rp 27.500), Ayam Serundeng (Rp 17.000), Tumis Pete Jambal (Rp 17.500) dan Sayur Asem (Rp 8.500).

Sebelum semua makanan datang, terlebih dahulu kami disuguhkan dengan sambal plus lalapan. Selada dan potongan mentimun segar disajikan dengan satu piring kecil sambal terasi. Sambalnya berwarna cokelat kemerahan dengan isian cabai rawit, tomat dan terasi yang diulek kasar.

Foto: detikFood

Aroma gurih terasi membuat kami segera mencocol mentimun yang renyah dengan sambal segar. Wah, sengatan sambalnya terasa tajam dan segar!

Nasi dengan balutan daun pisang tersaji hangat dan pulen. Aroma daun pisangnya berpadu dengan aroma wangi nasi. Gepuk dagingnya digoreng hingga berwarna kecokelatan. Saat dikunyah tekstur dagingnya empuk dan sedikit basah dengan rasa gurih dan tidak terlalu manis.

Foto: detikFood

Selain itu, ada juga ikan asin bulu ayam yang gurih renyah, perkedel kentang yang lembut dengan campuran irisan daun bawang serta tahu kuning yang lembut. Semuanya sangat pas disantap dengan nasi hangat yang pulen plus taburan bawang goreng.

Sementara sayur asemnya memiliki isian yang cukup komplet. Potongan jagung muda, labu siam, kacang panjang, kacang tanah dan jagung manis. Kuahnya berwarna agak keruh kemerahan. Seruputan pertama terjejak rasa gurih, asam dengan dominan rasa manis.

Foto: detikFood

Ayam goreng plus tambahan serundeng menjadi salah satu menu andalan restoran ini. Aroma gurih sudah tercium saat ayam goreng mendarat di meja kami. Saat disuap daging ayamnya terasa empuk gurih.

Foto: detikFood

Taburan serundeng kelapa plus lengkuasnya terasa gurih kuat, apalagi bumbu kunyitnya terasa hingga bagian dalamnya. Sangat berjodoh dengan nasi dan sambal.

Foto: detikFood

Agaknya kami tak salah memesan Tumis Pete Jambal. Potongan ikan jambal yang tak terlalu asin dimasak dengan potongan tomat, irisan cabai, bawang merah dan bawang putih. Sedikit basah dengan jejak minyak.

Sajian ini enak disantap dengan nasi kuning. Rasa gurih empuk ikan jambal roti beradu dengan renyah petai. Sedapnya!

Untuk menyegarkan diri sekaligus hilangkan dahaga, Anda dapat memesan Dawegan. Es kelapa muda yang disajikan langsung dalam kelapa memiliki daging kelapa yang lembut dan rasa yang segar.

Nah, bagi Anda yang sedang berlibur di Bandung tempat ini bisa jadi pilihan. Selain puas bersantap langsung di meja, Anda juga dapat memilih aneka camilan dan oleh-oleh khas Bandung di gerobak cokelat yang berada dekat meja kasir. Yuk, mampir!

Kedai Boboko
Jl. Ir. H. Djuanda No. 254
Dago, Bandung
Telp: (022) 2500379 / 2501541
Buka: 10.00 - 22.00

(lus/odi)
Load Komentar ...