Bakso Solo Mas Ono: Waduh Enake! Bakso Kenyal Plus Daging Iga yang Lembut Gurih

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 07 Jul 2015 15:21 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

Bagi Anda pecinta bakso, Anda dapat mencicip Bakso Solo yang dipadukan dengan daging iga yang lembut. Kedai bakso ini berada di kawasan Bintaro​, ​Bintaro People's Market. Bakso dan iga yang disiram kuah kaldu hangat sangat pas disantap saat​ berbuka puasa. Hangat dan nikmat!​

Bagi Anda yang bertempat tinggal atau sekedar ingin main di daerah Bintaro, dapat datang ke sini. Berada di seberang Lotte Mart, Anda ​akan​ menemukan food court bernama 'Bintaro People's Market'.

Ada banyak beragam makanan yang dapat Anda pesan di sini. Seperti Spread Nutella, Martabak Boss, Kedai Biji Kopi, Bread Pop hingga Cheese Chicken. Karena sedang ingin menyantap sajian yang hangat, akhirnya kami mem​i​lih untuk memsan bakso iga yang dijual oleh kedai Bakso Solo Mas Ono yang berada tepat disebelah kedai Martabak Boss.

Sebelum memilih tempat duduk, ​kami ​terlebih dahulu memesan dan membayar makanan di counter. Melihat deretan menunya, ternyata kedai ini menyajikan aneka bakso seperti baso bakwan komplit, bakso urat hingga bakso komplit iga. Karena penasaran dengan bakso bakwan dan iganya, akhirnya kami memesan kedua menu tersebut.

​S​emangkuk bakso iga (Rp 37.000) pun ​hangat mengepul ​mendarat di meja kami. Aroma gurih khas kaldu tercium sedap dan membuat perut kami semakin lapar. Disajikan lengkap dengan taburan bawang seledri dan juga bawang goreng semakin menambah ​harum​ bakso ini.

Berbeda dengan kuah bakso pada umumnya, kuah bakso iga ini cenderung tidak bening melainkan sedikit 'butek' dengan jejak jejak tetelan dan sumsum yang berasal dari iga. Hal ini dikarenakan, tulang sapi dan iga direbus hingga lama sehingga menghasilkan kuah kaldu yang ​keruh​ tapi memiliki rasa yang super gurih dan enak.

Warna baksonya sedikit pucat dengan tekstur yang renyah di​ ​bagian luar dan cukup lembut di​ ​bagian dalam. Kekenyalan bakso semakin lengkap saat kami menyuap daging iga yang lembut. Saat menyuap, jangan lupa sambil menyeruput kuah baksonya. Wah, dijamin ketagihan!

Dalam satu porsi bakso iga komplit ini berisi dua buah bakso halus dan dua ​potong​ daging iga yang berukuran sedang serta satu buah bakwan isi ayam yang renyah. Ditambahkan dengan mie kuning yang lembut sehingga semakin mengenyangkan. Untuk menambah rasa segar, kucurkan sedikit jeruk nipis dan tambahkan ​s​edikit sambal rawit, saus ​sambal ​dan juga beri sedikit kecap untuk menyeimbangkan rasa.

Untuk seporsi bakso bakwan Malang (Rp 25.000), hampir sama dengan bakso iga. Hanya saja bakso halus hanya ditambahkan dengan bakwan goreng yang renyah. Isiannya ada enam bakso kecil halus yang kenyal dan gurih. Teksturnya yang renyah di​ ​bagian luar dan kenyal empuk di​ ​bagian dalam. Disajikan dengan kuah gurih yang hangat sedap.

Pangsit gorengnya memiliki tekstur yang renyah, dengan isian adonan ayam yang gurih dan padat. Semakin lengkap dan nikmat disantap dengan campuran sambal dan kecap serta cuka yang menambah rasa gurih sajian bakso ini.

Jika Anda memesan bakso iga atau bakso bakwan Malang, keduanya sama-sama disajikan dengan kerupuk pangsit berwarna kecoklatan yang berukuran besar. Teksturnya renyah sedikit padat dan disajikan dipinggir mangkuk yang berisi bakso. Wah renyah dan gurih!

Walaupun harganya relatif mahal, tapi porsi yang dihidangkan juga cukup royal. Kedai bakso Mas Ono ini tidak menyediakan minuman. Anda dapat memesan minuman seperti es milo, es buah, es the hingga es soda di counter minuman yang berbeda. Dijamin puas dan kenyang! Tertarik mencoba?

Bakso Solo Mas Ono
Bintaro People's Market
Jl. MH Thamrin B7 A2 No.9
Sektor 7, Bintaro (depan Lotte Mart)
Pin BB: 5517F4EE
Buka: 14.00 – 22.30 WIB (selama ramadan)
Buka: 10.00 – 22.00 WIB

Jl. Dr. Muwardi 1B2 / 26B
Grogol, Jakarta Barat

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com