Nasi Pecel Mbak Ira: Sedap Mantap Nasi Pecel Empal dan Garang Asem Iga yang Gurih Hangat

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 10 Jun 2015 18:22 WIB
Foto: detikFood
Jakarta -

Malam ini paling enak menyantap semangkuk garang asem iga yang hangat dan berkuah segar. Tak hanya itu, Anda juga dapat mencicip nasi pecel khas Madiun komplet hingga tempe mendoan yang hangat plus cocolan sambal kecap. Uenak tenan!

Untuk Anda yang berkantor atau kuliah di Depok, Anda bisa mampir ke rumah makan Pecel Mbak Ira. Rumah makan ini menyajikan beragam menu khas Madiun mulai dari aneka nasi pecel komplet, nasi urap, rawon, sayur lodeh hingga aneka penyetan.

Tempatnya sederhana, dengan jejeran bangku-bangku berwarna cokelat yang memenuhi rumah makan ini. Dibagian depan terdapat gerobak kayu bercat hijau yang digunakan sebagai tempat meracik minuman dan juga makanan. Walaupun sederhana, tempatnya cukup nyaman untuk bersantap siang ataupun malam.

Karena angin malam ini cukup dingin, kami akhirnya memilih sajian yang hangat berkuah yaitu semangkuk Garang Asem Iga (Rp 37.000). Kuahnya berwarna kuning bening dengan aroma kaldu yang cukup kuat plus jejak minyak yang terlihat di pinggiran mangkuk.

Terdapat 5 buah daging iga berukuran sedang yang ada di dalam mangkuk. Garang Asem Iga ini disajikan lengkap dengan sambal berwarna oranye yang pedas. Anda dapat menambahkannya kedalam kuah garang asem yang hangat agar semakin gurih dan pedasnya mantap.

Daging iganya terasa empuk dan mudah dicopot dari tulangnya. Sedangkan rasa kuahnya, gurih berpadu dengan asam yang segar. Kuahnya yang gurih meresap hingga kedalam daging iganya. Hmm nikmat! Hal ini dikarenakan karena proses pemasakannya dilakukan secara perlahan dengan menggunakan api kecil sehingga empuk dan bumbunya meresap.

Datang kerumah makan ini tak lengkap rasanya jika tak mencicip nasi pecel yang komplet. Kami memilih nasi pecel empal (Rp 23.000) dengan lumuran saus kacang yang melimpah dan tentunya pedas.

Pecelnya terbuat dari racikan tauge, kacang panjang dan daun singkong rebus yang dilumuri dengan saus berwarna cokelat kemerahan yang kental bertekstur yang disajikan dengan pendamping seiris mentimun segar.

Bumbu pecelnya memiliki aksen rasa yang gurih, manis dan pedas karena dipadukan dengan cabai. Selain itu juga terdapat jejak aroma wangi dari perasan jeruk limo yang terdapat pada bumbu kacangnya.

Selain disajikan dengan nasi hangat, pecel komplet ini juga dilengkapi dengan serundeng kelapa yang gurih dengan semburat rasa manis. Ada juga orek tempe yang gurih dan paru goreng berwarna kehitaman yang memiliki tekstur kenyal dengan rasa gurih. Tak lupa juga nasi pecel ini disajikan dengan rempeyek udang rebon yang gurih renyah.

Belum puas menyantap jajanan kampung ini, kami juga memesan tempe mendoan (Rp 6.000) yang panas mengepul. Dua potong tempe berbentuk lembaran disajikan dengan sambal kecap. Tempenya yang gurih dibalut dengan adonan tepung dengan paduan irisan daun bawang terasa gurih nikmat. Rasanya mantap karena disajikan saat masih panas.

Tempe mendoan semakin enak disantap dengan sambal kecap yang manis pedas. Sayangnya irisan cabai rawitnya kurang mantap dan terlalu dominan rasa kecap. Nampaknya, sambal kecapnya harus ditambahkan dengan sedikit cincangan bawang putih dan juga irisan cabai rawit agar pedasnya semakin mantap.

Setelah puas bersantap dengan sajian yang hangat dan pedas, Anda dapat memesan aneka jus buah yang manis segar untuk penghilang rasa pedas. Lain kali kami akan mencicip nasi urap dan juga sayur lodeh yang tak kalah nikmat. Monggo mampir!

Nasi Pecel Mbak Ira
Jl. Margonda (KOBER)
Depok
Telp: (021) 98011093
Buka: 11.00 - 22.00

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com