Dapoer Kampoeng: Sedep Mantep, Ayam Penyet Berselimut Sambal Plus Bajigur Hangat

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 28 Mei 2015 18:29 WIB
Iga Bakar Sambal Ijo
Jakarta - Bingung mau menyantap makanan apa malam ini? Mampirlah ke rumah makan a la kampung ini. Ada ayam penyet yang gurih dengan lapisan sambal berwarna merah yang pedas, siap disantap dengan nasi hangat. Wah, enaknya!

Jika dompet sedang tak bersahabat tapi ingin mencicip makanan yang terjangkau dan enak, Anda dapat mampir ke rumah makan ini. Nama restoran-nya adalah 'Dapoer Kampoeng'. Walaupun tempatnya tidak terlalu besar akan tetapi yang menjadi ciri khas adalah live music-nya yang ada setiap hari. Selain dapat mendengar alunan musik yang indah, Anda juga dapat menyumbangkan lagu.

Bertempat di jalan Dewi Sartika Ciputat, kami tertarik untuk mencicip rasa makananya. Walaupun tak dilengkapi AC, rumah makan ini cukup nyaman untuk Anda bersantai sambil menikmati makanan enak.

Melihat deretan menunya kami cukup bingung dengan banyaknya varian makanan. Rumah makan ini menyajikan aneka makanan seperti surabi, nasi goreng, ayam penyet, iga bakar hingga aneka mie. Akhirnya, pilihan kami jatuh pada seporsi ayam penyet (Rp 17.500) dan Iga Bakar Sambal Ijo (Rp 37.500).

Ayam penyet disajikan di atas piring berwarna putih dengan isian ayam, nasi hangat dan juga lalapan. Ayam gorengnya memiliki tekstur yang garing di bagian luar dan cukup lembut di bagian dalam karena dimasak dalam minyak panas.

Daging ayam goreng diselimuti dengan ulekan sambal merah. Saat dicicip terasa paduan cabai merah, rawit, bawang merah, bawang putih dan sedikit tomat sehingga rasanya pedas dengan sedikit rasa asam segar yang berasal dari tomat. Huah!

Selain itu, bumbunya juga meresap ke dalam ayam dan teksturnya empuk. Semakin segar dan mantap saat disantap dengan lalapan segar seperti tomat, ketimun dan juga kol yang renyah.

Selain ayam, Anda juga dapat memesan iga bakar dengan paduan sambal ijo. Makanan ini cocok untuk Anda yang tidak terlalu suka pedas. Sepotong daging iga berukuran besar dibakar dengan campuran bumbu kecap yang manis gurih.

Saat dicecap terasa jejak ketumbar, bawang putih dan juga kecap yang berpadu dengan gurihnya lemak iga. Warna daging iganya juga kecoklatan dengan aksen warna mengkilap.

Untuk tekstur iganya cukup empuk, akan tetapi sayangnya iga yang disajikan lebih banyak mengandung lemak ketimbang daging. Walaupun begitu, sambal ijo yang disajikan memiliki rasa yang gurih dengan sedikit jejak minyak dan disajikan dengan irisan tomat dan juga ketimun.

Setelah puas menyantap kedua menu ini, Anda dapat mencicip Bajigur Susu (Rp 8.500). Bajigurnya disajikan dalam cangkir kecil dalam suhu yang hangat. Rasanya manis dan gurih karena dipadukan dengan gula merah, santan, jahe dan juga susu. Minuman ini sangat pas diseruput setelah mencicip makanan gurih sekaligus hangatkan badan.

Jika ingin menikmati aneka kudapan, Anda dapat memesan surabi, pisang goreng, tape bakar, hingga tempe mendoan yang bisa dinikmati jika bosan menyantap nasi. Tertarik mencoba?

Dapoer Kampoeng
Jl. Dewi Sartika (sebelum optik Melawai)
Telp: 08562011935
Buka : 10.00 - 15.00 dan buka kembali jam 16.00 - 24.00 WIB

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com