Mr. Bebek dan Sambal Cobek: Pedas Mantap Sambal Korek Plus Bebek Bakar yang Lembut Gurih

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 26 Feb 2015 17:31 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Ingin menyantap makanan yang renyah dengan cocolan sambal yang mantap? Mampir saja ke rumah makan ini. ​Selain ​ menyajikan bebek bakar yang lembut berbumbu juga ​ada ​gurame goreng dengan kremes​an ​renyah. Makin mantap dimakan dengan nasi hangat, nyam nyam!

Makan malam kali ini, kami ingin menyantap sajian tradisional a la rumahan dengan sambal yang pedas. Melewati daerah Bintaro sektor 9 kami mampir ke rumah makan yang letaknya berada di kawasan Nine Walk.

Walaupun di daerah ini banyak yang menyajikan sajian bebek. Pilihan kami tetap pada Mr. Bebek sambal cobek. Dengan konsep rumah makan semi terbuka tempat ini dilengkapi dengan meja-meja persegi dengan kursi kayu tanpa sandaran.

Dalam menunya, tentu saja bebek yang tetap jadi primadona. Ada bebek goreng, bakar, cabai hijau hingga bebek penyet. Selain bebek, tersedia juga sajian enak lain seperti iga, gurame, telur gimbal dan belut bisa jadi pilihannya.

Kamipun akhirnya memilih menu bebek bakar (Rp 25.000). Satu porsi bebek bakar disajikan lengkap dengan lalapan dan sambal. Bebek bagian paha yang berukuran sedang terlihat garing dengan warna kecok​e​latan. Saat daging disobek tercium aroma bakaran bebek yang gurih.

Teksturnya dagingnya empuk dengan kulit bebek yang mengkilat berwarna cokelat. Tak ada jejak bau anyir khas lemak bebek. Kulit bebek bakarpun terasa lembut dan paling pas disuap dengan nasi pulen yang hangat.

Walaupun dibakar dengan bumbu kecap yang manis gurih, bebek bakar ini paling cocok disantap dengan sambal korek yang pedas menggigit. ​B​umbu seperti bawang putih, ketumbar dan kecap meresap hingga ke bagian dalam bebek. Rasanya gurih sedap!

Cocolan sambal yang pedas menambah enak santap bebek bakar kali ini. Ada perpaduan antara bawang putih, cabai rawit merah hingga sedikit jejak minyak. Meski pedas menggigit namun sambalnya sukses membuat sepiring nasi hangat yang dipadukan dengan kremesan habis tak bersisa.

Selain bebek, makanan yang enak disantap malam ini adalah gurame goreng (Rp 45.000). Gurame digoreng hingga kering dan di balut dengan kremesan yang renyah. Ikannya memiliki ukuran yang cukup besar dan disajikan di atas piring berbentuk oval.

Wangi gurih tercium saat ikan mendarat di atas meja. Renyah garing terasa saat kami merobek bagian luar ikan. Tapi di bagian dalam ikan tekstur dagingnya terasa lembut dengan semburat rasa gurih. Nampaknya, ikan digoreng dalam minyak banyak yang panas.

Walaupun terasa sedikit jejak aroma tanah pada ikan gurame, akan tetapi ikan yang renyah gurih ini tetap nikmat disantap dengan cocolan sambal korek lengkap dengan lalapan timun dan kemangi yang segar.

Untuk melengkapi kedua menu ini, kamipun mencicip tumis genjer (Rp 10.000). Tumis genjernya terasa krenyes renyah dengan rasa gurih bumbu tauco plus semburat bawang putih dan merah yang wangi. Rasanya cukup pedas dan nikmat karena ditambahkan dengan irisan cabai. Hmm mantap!

Bagi Anda para pecinta sambal ataupun bebek, tempat ini bisa jadi salah satu tujuan. Jika Anda tak suka bebek ataupun ikan, jangan khawatir. Di sini tersedia juga nasi goreng rawit, udang goreng sambal korek hingga iga penyet yang pasti rasanya tak kalah nikmat. Dijamin kenyang dan berkeringat. Yuk, mampir!

Mr. Bebek dan Sambal Cobek
Nine Walk, Bintaro Sektor 9
Telp: (021) 3226 7727 / 081319751258
Buka: 12.00 - 23.00 WIB

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com