Gudeg Prabu: Sedep Mantep Nasi Gudeng Komplit dan Wedang Uwuh Hangat

- detikFood Kamis, 30 Okt 2014 16:39 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

Rasa legit gurih gudeg memang sering menggoda rasa kangen. Makanan khas Yogya di warung makan ini diracik komplet dengan sambal goreng krecek dan sambal rawit hjau. Santapan makin mantap!
 
Warung makan 'Gudeg Prabu' sudah menggoda selera saat pertama masuk. Ada beragam gambar menu yang ditempel di dinding. Interior anyaman bambu sederhana membawa suasana kampung yang nyaman.
 
Beberapa foto kuno tertempel di dinding. Dari tempat duduk, kami bisa melihat gentong-gentong tanah liat tersusun di dekat kasir. Ah, suasananya makin mirip rumah di kampung.
 
Selain gudeg ada menu lain yang ditawarkan. Ada beragam hidangan seperti Nasi Pecel Lele Sambel Bledek, Garang Asem, Mangut Ikan Lele, Cwan-Cwan Ikan Mas, Tahu Tempe Bacem dan lainnya.
 
Pilihan utama kami sudah pasti Nasi Gudeg Komplit (Rp 23.000). Kalau mau bisa diracik sendiri. Gudeg dengan lauk tertentu seperti ayam opor, ayam goreng, telur atau krecek saja. Tapi rasanya tak lengkap jika tidak menyantap gudeg berlauk komplet.
 
Nasi beserta lauknya disajikan di atas piring tanah liat beralaskan kertas cokelat. Lauknya berupa opor ayam kampung, sambal goreng krecek dan telur pindang kecokelatan.
 
Juga gudeg cokelat kemerahan yang disiram kuah areh kental. Nasinya selain hangat, wangi juga pulen. Sementara gudegnya nyemek dan tidak begitu manis. Justru ada sedikit rasa gurih lembut. Gudeg gaya Solo ini tak semanis gudeg Yogya.
 
Untuk sambal goreng kreceknya, rasanya dominan gurih dan tak terlalu pedas. Kenyal-kenyal kreceknya makin enak dikunyah dengan potongan tahu goreng.
 
Bumbu opornya gurih manis. Meskipun daging ayamnya empuk namun bumbunya kurang meresap. Yang menarik justru sambal rawit hijau berikut tangkainya yang disajikan di piring kecil.
 
Wah, sekali colek terasa sengatan pedasnya. Namun citarasanya pedas nikmat karena terjejak rasa terasi gurih. Apalagi saat dimakan bersama nasi gudeg. Seporsi nasi dijamin habis!
 
Lauk pelengkap, Tempe Bacem (Rp 3.000) terasa empuk lembut dengan rasa manis gurih. Cocok untuk menetralisir rasa pedas kuat dengan sambal gudeg.
 
Minuman hangat khas Jawa Tengah, Wedang Uwuh (Rp 10.000) menjadi penutup santapan. Konon wedang uwuh berkhasiat untuk mengobati masuk angin, rasa lelah dan pegal linu. Di daerah Imogiri biasa diminum sebagai minuman sehat.
 
Wedang uwuh yang berwarna jingga kemerahan disajikan panas dalam mangkuk tanah liat. Racikannya berupa secang, jahe, daun sirih dan gula batu. Aroma rempahnya wangi menggelitik hidung. Ada sedikit pedas rempah yang membuat badan terasa hangat.
 
Selain rasanya sedap enak dan bisa menumpas kangen, harga gudeg dan makanan di warung ini juga tak mahal. Mau mampir sore ini?

Gudeg Prabu
Jl. Punak No. 3 Komplek AL
Pangkalan Jati, Cinere
Depok
Telp: 021-70639114, 93502210



(msa/odi)