Surabi Teras: Manis Lembut Surabi Durian Keju yang Spesial Khas Bandung

- detikFood Senin, 20 Okt 2014 17:31 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

Surabi khas Bandung memang mudah didapat di berbagai daerah. Jika sedang lewat di daerah Ciputat, Anda dapat mampir ke tempat makan yang menyajikan surabi dengan konsep modern. Aneka topping bisa dipilih sendiri. Disajikan dalam keadaan hangat mengepul. Nyam!

Kini, surabi tak hanya disajikan bersama dengan saus gula merah saja. Tapi ada beragam varian rasa topping yang dijadikan sebagai pelengkap surabi. Mulai dari durian hingga aneka selai yang manis.

Berjalan-jalan di daerah Ciputat, ternyata cukup banyak tempat makan yang menawarkan aneka surabi khas Bandung. Bertempat di jalan Raya Ciputat, terdapat tempat makan yang menjajakan surabi serta aneka makanan lain dengan konsep modern.

Di bagian luar terdapat jajaran meja-meja berwarna coklat muda lengkap dengan lampu yang berwarna terang kuning. Pada bagian depan, juga terdapat dapur dengan konsep 'open kitchen' dimana para tamu dapat melihat para karyawan memasak surabi yang mereka pesan.

Biasanya tempat ini sangat ramai dikunjungi banyak orang. Akan tetapi sepertinya, kali ini kami sedang beruntung, karena tak perlu mengantri untuk mendapatkan tempat duduk. Kami memilih tempat duduk di bagian dalam yang nyaman dengan sofa berwarna coklat.

Walaupun bernama 'Surabi Teras' ternyata tempat makan ini tak hanya menyajikan aneka surabi saja. Ada beragam makanan dan minuman yang enak. Tak perlu banyak waktu, akhirnya kami memesan Surabi Durian Keju Spesial (Rp 19.000) dengan tekstur surabinya yang terasa lembut dengan permukaan yang sedikit berlubang.

Surabi yang lembut ditambah dengan saus durian yang berwarna kuning dengan tampilan yang sedikit mengkilat terasa manis dengan aroma durian yang cukup kuat. Pada bagian atasnya, surabi durian disiram dengan saus mayones manis yang teksturnya mirip seperti vla.

Buah durian memang sangat cocok untuk dipadukan dengan surabi plus parutan keju yang gurih beraroma susu. Saat di potong, surabi lembut dan saus duren terasa lumer di mulut.

Masih ingin menikmati sajian manis, kami juga memesan surabi pandan pelangi es krim (Rp 16.000). Surabi yang kami pesan memiliki aroma daun pandan yang wangi. Daging surabinya masih tetap lembut dengan perpaduan selai strawberry dan blueberry yang manis asam membuat rasa surabi semakin unik.

Lumeran es krim dengan kombinasi rasa vanilla, coklat dan strawberry juga menambah tekstur creamy dari surabi. Sayangnya, surabi pandan ini rasanya terlalu manis. Hal mungkin dikarenakan perpaduan semua toppingnya yang manis.

Untuk menyeimbangkan rasa kamipun memesan mie godog ayam (Rp 23.000) yang hangat gurih. Walaupun bernama mie godog ayam tapi jangan salah, isiannya sangat komplet. Kuah hangat dengan rasa kaldu ayam yang gurih ini berisi potongan wortel, kembang kol dan sawi hijau yang teksturnya masih renyah.

Sajian mie godog yang mulur lembut dicampurkan dengan telur yang bentuknya seperti orak-arik dalam rebusan kuah kaldu. Telur yang berpadu dengan potongan daging ayam dan jamur champignon yang lembut sangat pas dinikmati saat udara dingin.

Karena kami memesan dengan rasa pedas, mie rebuspun ditambahkan dengan irisan cabai rawit yang gendut berwarna oranye. Sluurp, hangat gurih dan pedas berpadu menjadi satu. Haah, Sedapnya!

Makan malam kali ini memang sangat komplet, diawali dengan menikmati sajian manis dari surabi yang enak dan diakhir dengan sajian mie rebus hangat kaya isi. Tertarik untuk mencoba?

Surabi Teras
Jl. Ir. H. Juanda (Ciputat Raya) No. 4B (sebelah ISCI)

Kota Tangerang Selatan

Buka: Setiap hari : 11.00- 24.00 WIB


Jl. Cinere Raya No. 9D (Samping Snappy)
Telp: (021) 24002477
Buka: Senin-Jumat: 11.00 - 24.00 WIB
Sabtu-minggu: 11.00- 01.00 WIB

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com