Warung Mie Aceh Jally-Jally: Nyam! Gurih Nikmat Martabak Kari Kambing Berempah Khas Aceh

- detikFood
Kamis, 07 Agu 2014 19:01 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Di sini ada mie Aceh dan hidangan berempah khas yang pedas enak. Mie Acehnya pedas, berani bumbu, martabak kari kambingnyapun gurih renyah dan mantap. Martabak telur bercampur adonan roti cane dicocol kuah kari gurih. Sedapnya!

Terletak di salah satu destinasi kuliner yakni kawasan Tebet, rumah makan ini mudah dikenali dengan ruangan semi terbuka dan area makan luar yang dipenuhi banyak pengunjung. Di bagian atas terdapat nama restoran Warung Mie Aceh Jally-Jally atau dikenal juga dengan Mie Aceh Bang Jaly.

Harus berebut tempat duduk, karena saat melihat satu kursi kosong beberapa detik langsung diisi oleh pengunjung baru. Di setiap tempat duduknya, terdapat pilihan menu yang bisa Anda pesan mulai mie Aceh, martabak, roti cane, dan nasi goreng.

Melihat ramainya rumah makan ini kami langsung memesan Mie Aceh Spesial Goreng (Rp 19.000) dan Martabak Kari Kambing (Rp 30.000). Sedikit saran, jangan datang dalam keadaan lapar karena berdasarkan pengamatan hidangan dimasak per jenis. Satu jenis hidangan yang dipesan akan keluar bersamaan dengan pengunjung lainnya.

Tapi, tampaknya cara pelayanan tersebut tak membuat para pengunjung meninggalkan tempat ini. Akhirnya satu porsi Mie Aceh Spesialpun tersaji, asap wangi kapulaga bercampur kunyit menggelitik hidung.

Mie Hokkian ditumis dengan bumbu halus berwarna kuning kemerahan. Isinya udang dan daging sapi dengan kubis. Bumbu ditumis tak terlalu kering, sedikit basah melapisi mienya yang kenyal. Terkecap bumbu jinten, kapulaga, dan kunyit yang gurih, pedas, dan hangat di mulut dan perut. Nikmat!

Udangnyapun dimasak matang sempurna, teksturnya masih kenyal dengan sentuhan rasa manis dan potongan daging kenyal lembut. Satu porsi mie Aceh ini terbukti spesial!

Rasa pedas gurihnya yang nonjok enak jika dilahap dengan acar bawang merah manis asam. Emping gurih asinpun menambah lahap setiap suapan mie.

Puas dengan mie Aceh, kamipun mencoba Martabak Kari Kambing yang tampak cukup banyak dipesan. Dilihat dari luar, martabaknya seperti hanya terbuat dari telur kocok, tapi saat disendok terdapat potongan roti cane. Ternyata ini ciri khas martabak khas Aceh.

Rasa martabak tak terlalu banyak bumbu dan menggunakan rasa gurih alami telur dan dan potongan daun bawang. Adonan roti cane di dalamnya menambah tekstur kenyal yang nikmat.

Dalam wadah terpisah, kari kambing khas rumah makan ini juga patut dicoba. Potongan daging besar dan kentang disajikan dengan kuah kuning dengan bercak minyak merah di permukaannya.

Hmmm... gurihnya santan dengan rempah kapulaga dan cengkeh terasa sedap. Kuahnya yang encer sempurna dilahap dengan daging kambing yang sangat lembut. Tak perlu dibantu dengan garpu, daging langsung lepas saat disendok. Memang jadi jodoh sempurna untuk martabak.

Rasanya tak rela meninggalkan sedikitpun bumbu di piring kami. Semuanya nikmat hingga suapan terakhir! Bagi Anda yang ingin menikmati varian menu lainnya bisa juga mencoba nasi goreng kambing dan roti cane manis sebagai dessert. Selesai mecoba makanannya, minuman es mentimun dan kopi sanger khas Aceh juga bisa jadi pelepas dahaga.


Warung Mie Aceh Jally-jally
Jl. Prof DR. Soepomo SH
Tebet, Jakarta Selatan

(fit/odi)