Rekomendasi Redaksi

Huaah.. huah.. Mie Instan Kuah Korea Paling Pedas Mengggit!

- detikFood Selasa, 16 Apr 2013 16:43 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Semangkuk mie kuah yang panas mengepul ini dijamn akan bikin keringat berlelehan. Racikan bumbu khs negeri ginseng memberi rasa pedas menyengat pada kuahnya. Prosinya yang besar, dijamin bikin perut tenang kekenyangan seusai menyantapnya.

Mie instan Korea mudah didapat di pasar swalayan besar atau toko bahan makanan Korea. Seiring dengan populernya musik dan budaya Korea, mie instan Korea jadi incaran banyak orang. Apalagi racikan bumbunya yang pedas dengan aksen bawang yang lumayan, sangat cocok di lidah orang Indonesia.

Kemasan mie instan Korea mudah dikenali. Kemasan alumniumnya yang tebal bertuliskan huruf kanji Korea. Sebagian diberi tempelan stiker bahasa Indonesia untuk komposisi bahan, nutrisi dan cara pemasakan. Dibandingkan dengan mie instan lokal, mie Korea berukuran dua kalinya, sekitar 120 gram per kemasan.

Mie Korea juga punya beragam pilihan rasa, Hot & Spicy, Kimchi, Seafood, Mushroom dan lain-lain. Karena yang paling disukai rasa Hot&Spicy maka detikfood memilih tiga jenis mie instan Korea. Ottogi Jin Ramen, Samyang Sutah ramen dan Nungshim AnsungTang Myun.

Ottogi Jin Ramen (Rp. 10.400) dengan kemasan kuning menyala, berat bersihnya 120 gram. Mienya berwarna kuning pucat. Dilengkapi dengan bumbu kladu dan potongan sayuran kering (wortel, daun bawang).

Mie berkuah kecokelatan sedikit merah ini bumbu bubuknya oranye pucat. Rasanya tidak terlalu asin juga tidak pedas menyengat tanpa jejak minyak sedikitpun Cukup pedas buat mereka yang tidak suka rasa pedas. Mienya empuk kenyal, mudah patah saat dikunyah. Aroma gurih kaldunya tercium sangat kuat menggoda!

Kemasan Samyang Sutah Ramen (Rp.10.400) terlihat paling gagah dengan warna merah marun keemasan dan tulisan hitam. Mie kering yang keriting kecil berwarna kuning pucat ini disertai dua bungkus bumbu, bumbu kaldu dalam kemasan merah dan sayuran kering berwarna hijau.

Dibandingkan dengan Ottogi Jin Ramen, kuahnya lebih keruh, cokelat sedikit oranye dengan jejak minyak di permukaan kaldu. Saat masak, mienya lebih empuk dengan kuah yang punya rasa asin dan pedas yang kuat. Makin lama makin terasa tonjokan pedasnya.

Mie instan Nungshim AnsungTangMyun (Rp. 9.800) ini memang namanya agak sulit diingat. Kemasan berwarna oranye kecokelatan ini berisi mie seberat 125 gram yang. Dilengkapi dengan satu bungkus bumbu kaldu. Uniknya saat direbus ada beberapa serpihan kecil wakame dalam kaldunya.

Mienya sedikit lebih besar dibandingkan dengan dua jenis mie yang lain. Kenyal agak liat. Sementara kuahnya oranye sedikit kemerahan. Tak terjejak rasa pedas yang lamat-lamat dan gurih kaldu yang tak terasa kuat. Cita rasanya lebih ringan dibandingkan kedua mie instan yang lain. Mie ini juga dilengkapi stiker informasi dalam bahasa Inggris.

Jika mengikuti citarasa asli Korea, maka detikfood memilih Samyang Sutah Ramen yang paling cocok dan enak Kuahnya pedas menyengat dengan jejak tipis minyak. Juga ada rasa gurih kaldu yang enak. Irisan wortel dan daun bawang yang memanjang tipis melengkapi kelezatan mie ini. Apalagi jika ditambah telur dan sawi!

Soal rasa tentu kembali pada selera. Taka da salahnya sekali-sekali mencicipi mie instan dari negara lain. Namun, perlu diperhatikan, tidak semua kemasannya diberi tempelan informasi dalam bahasa Inggris juga diberi label halal. Karenanya perlu kecermatan dalam memilih.




(flo/odi)
Load Komentar ...